Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Langkah Penting Saat Memulai Usaha Pada Tahun 2020

Hari terakhir di tahun 2019 ini waktunya Anda memberikan kesempatan pada diri Anda untuk introspeksi diri mengenai apa yang akan Anda kerjakan di tahun berikutnya.
Pebisnis pemula/syruptrap.ca
Pebisnis pemula/syruptrap.ca

Bisnis.com, JAKARTA – Hari terakhir di tahun 2019 ini waktunya Anda memberikan kesempatan pada diri Anda untuk introspeksi diri mengenai apa yang akan Anda kerjakan di tahun berikutnya.

Mungkin Anda sedang mempertimbangkan untuk mengundurkan diri dari perusahaan yang sudah memperkerjakan Anda bertahun-tahun dan memulai usaha baru.

Namun sebelum keputusan tersebut Anda ambil, ada baiknya mengikuti beberapa tips untuk menjadi pengusaha sukses di tahun 2020 dikutip dari Business Insider, yakni sebagai berikut:

1. Jadilah proaktif

Pertimbangan yang paling memberatkan ketika seseorang menjadi pengusaha setelah menjadi karyawan adalah menghadapi ketidakpastian dalam mengejar peluang baru.

Bagaimanapun, Anda harus keluar dari zona nyaman dengan mengejar pekerjaan yang lebih memuaskan batin Anda dibanding terperangkap dengan pekerjaan yang sama sekali tidak Anda sukai.

Jika Anda ingin menjadi pebisnis, Anda tidak bisa menunggu orang lain untuk memulai bisnis untuk Anda. Sehingga sangat penting untuk berinisiatif sendiri dan bekerja dengan cermat dalam mengemabangkan sebuah bisnis.

2. Kembangkan network

Sesaat setelah Anda memutuskan untuk mengeskplor dunia bisnis, salah satu insting yang perlu Anda lakukan adalah membuka kontak dan menghubungi orang yang Anda kenal untuk memberitahukan pembaharuan terkini dari status Anda sebagai pengusaha saat ini.

Seringkali networking seperti ini dianggap sebagai ajang menjual barang dan jasa kepada orang-orang terdekat sehingga nantinya informasi akan tersebar dari mulut ke mulut.

Begitupun, Anda memerlukan mentor sehingga juga disarankan untuk meminta nasihat kepada pebisnis lain yang lebih senior untuk meminta nasihat atau bantuan.

3. Pamerkan visi dan misi dari usaha Anda

Visi dan misi adalah hal yang penting dalam membangun usaha, maka dari itu selain mempersiapkan produk apa yang akan Anda jual, memiliki visi dan misi yang jelas dalam mengembangkan usaha juga sangat penting.

Jika Anda masih ragu dengan visi dan misi usaha Anda, cobalah untuk mengingat apa yang ditawarkan oleh perusahaan yang merekrut Anda sebelumnya. Lalu lihatlah apakah kesempatan bisa terbuka dengan mengandalkan visi dan misi yang ditetapkan pada perusahaan Anda sebelumnya.

Kalau Anda masih tidak tahu mengenai nilai-nilai tersebut, dan bagaimana hubungannya dengan kehidupan profesional, saatnya Anda untuk lebih introspeksi diri apakah Anda cocok menjadi pengusaha atau hanya sekedar menjadi pegawai saja?

Sulit menentukan apakah 2020 adalah tahun yang tepat untuk memulai bisnis. Namun, ketika menutup tahun 2019 seperti hari ini, ada baiknya Anda memikirkan apa yang sangat Anda inginkan untuk Anda kerjakan dan keluarlah dari zona nyaman tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper