Mau Buka Usaha Kopi Janji Jiwa? Segini Investasi dan Keuntungannya

Billy menargetkan tahun ini jumlah gerai yang akan dibuka bisa lebih dari 1.000 gerai bahkan bisa melebarkan sayapnya hingga ke mancanegara, khususnya di Asean
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 08 Februari 2020  |  10:06 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Popularitas Janji Jiwa sebagai brand kopi kekinian yang paling banyak dicari oleh masyarakat, sudah tak lagi diragukan.

Tahun lalu saja, brand kopi yang dikembangkan oleh Billy Kurniawan ini berhasil membuka gerai hingga 700 outlet, sejak kali pertama didirikan pada pertengahan 2018.

Pesatnya pertumbuhan bisnis kopi ini tidak lepas dari sistem kemitraan yang dikembangkan oleh sang owner. Billy sendiri menargetkan tahun ini jumlah gerai yang akan dibuka bisa lebih dari 1.000 gerai bahkan bisa melebarkan sayapnya hingga ke mancanegara, khususnya di Asean, yang juga akan dibuka melalui sistem kemitraan.

Dari jumlah tersebut, sekitar 75 persen dikembangkan oleh mitra sedangkan 25 persen lainnya dibuka oleh pihak manajemen.

Adapun nilai investasi yang dibutuhkan oleh calon mitra yang ingin membuka usaha Janji Jiwa adalah sebesar Rp85 juta berupa lisensi dan peralatan dengan total keseluruhan rata-rata sekitar Rp150 juta hingga Rp200 juta, termasuk sewa tempat, karyawan, dan lainnya.

“Rata-rata untuk balik modalnya sekitar 10 hingga 12 bulan, tetapi kalau lokasinya bagus dan ramai, itu bisa lebih cepat yaitu 6 bulan sampai 8 bulan sudah balik modal,” ujarnya

Billy mengatakan bahwa pihak manajemen akan memberikan support yang besar terhadap para mitra sesuai dengan standard operasional yang akan dijalankan.

Selain itu, pihak manajemen akan terus berinovasi mengeluarkan produk-produk terbaru dan mengembangkan sistem marketing yang kuat sehingga brand Janji Jiwa semakin melekat di hati masyarakat, yang pada akhirnya akan memberi keuntungan kepada para mitra.

Dengan brand Janji Jiwa yang semakin besar, saat ini rata-rata penjualan di setiap gerai sekitar 6.000 hingga 7.000 gelas per bulan atau secara keseluruhan mencapai 5 juta gelas per bulan. Angka ini melonjak pesat dibandingkan saat pertama kali Billy membuka gerai Janji Jiwa di ITC Kuningan pada pertengahan 2018, dengan rata-rata penjualan 600 gelas per bulan.

“Saya sendiri juga tidak pernah menyangka bisa sebesar ini, karena memang bisnis ini dijalankan dengan hati dan sesuai passion saya. Ini juga tidak lepas dari strategi yang kami jalankan, brand story yang dikembangkan, produk yang langsung berasal dari petani, dan tentunya kerja sama dari setiap mitra.”

Peluang Bisnis Kemitraan Gerai Kopi Janji Jiwa
Investasi Lisensi dan Peralatan : Rp85 juta
Total Investasi Keseluruhan (lisensi, sewa tempat, karyawan, dsb) : Rp150 juta - Rp200 juta

Proyeksi break even point  antara 6-8 bulan dan 1--23 bulan rerata penjualan setiap gerai : 6.000 sampai 7.000 gelas per bulan.

Dengan perkiraan penjualan 6.000 hingga 7.000 gelas per bulan dengan rata-rata per gelas dijual Rp20.000 saja, maka omset per bulan bisa mencapai Rp140 jutaan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
peluang bisnis

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top