Tips Membuat Domain Website agar Lebih Menarik Secara Bisnis

Di era teknologi saat ini, pemakaian website untuk promosi perusahaan adalah hal yang paling mutlak dimiliki oleh jenis bisnis apapun.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 18 Februari 2020  |  12:56 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Di era teknologi saat ini, pemakaian website untuk promosi perusahaan adalah hal yang paling mutlak dimiliki oleh jenis bisnis apapun.

Banyak perusahaan besar maupun kecil memakai domain sesuai nama bisnis dan perusahaan mereka lebih dikenal luas.

Memilih nama domain untuk bisnis Anda pada dasarnya, rumah digital Anda sangat mirip dengan membeli rumah fisik. Anda harus menemukan pasangan yang cocok dan harus tersedia.

Meskipun Anda mungkin berpikir Anda sudah memilih nama yang sempurna, tapi Anda harus menjadi kreatif. Apalagi, pada kuartal ketiga 2019, sudah ada hampir 360 juta nama domain terdaftar.

Mengapa nama domain sangat penting? Sederhananya, itu adalah jantung dari identitas online Anda. Dan sementara nama domain dapat diubah kapan saja, hal itu dapat berdampak negatif pada merek dan SEO Anda. Pilih nama terbaik dari awal dan patuhi.

Untuk membantu Anda memahami seluk beluk pembelian dan pemeliharaan nama domain, kami telah menyusun daftar enam kiat untuk membantu Anda membuat nama domain yang catchy.

1. Memilih nama domain terbaik

Memilih nama domain yang unik adalah bagian penting dari strategi pemasaran online Anda. Nama domain harus unik dan mudah diingat sehingga pelanggan dan prospek Anda dapat dengan mudah menemukan Anda online.

Nama domain Anda harus mencerminkan produk atau layanan inti Anda. Karena banyak nama yang jelas sudah diambil, penting untuk memastikan nama Anda menonjol.

2. Merek dagang nama domain Anda

Jika domain Anda sama dengan nama merek Anda, beri merek dagang untuk melindungi bisnis Anda. Merek dagang memberikan jalan hukum jika seseorang atau bisnis melanggar merek Anda.

3. Mengubah nama domain Anda

Jika bisnis Anda melalui rebranding atau jika Anda ingin memanfaatkan peluang SEO, perubahan nama domain dapat bermanfaat. Anda dapat mengubah nama domain kapan pun Anda suka, dan sebagian besar pendaftar menawarkan proses untuk bermigrasi dari satu nama domain ke yang lain.

4. Memperbarui domain Anda

Jangan lupa untuk memperbarui domain Anda. Nama domain disewa daripada dibeli. Semakin banyak nama domain yang dimiliki oleh pendaftar, semakin besar biaya operasinya. ICANN, badan pengatur nama domain internasional, ingin memastikan bahwa bisnis dapat mengakomodasi inflasi ini seiring waktu.

Sebagian besar pendaftar menawarkan pembaruan tahunan otomatis untuk domain. Perpanjangan otomatis memastikan Anda tidak kehilangan nama domain pilihan Anda dan tidak perlu khawatir untuk memperbaruinya setiap tahun.

5. Mengarahkan lalu lintas ke media sosial

Pengalihan otomatis membawa pengguna dari satu URL ke URL lainnya. Pengalihan 301 biasanya digunakan untuk memastikan pengguna berakhir di tempat yang tepat. Taktik pengalihan ini dapat digunakan oleh bisnis yang telah membeli nama domain tetapi tidak memiliki situs web yang disiapkan. Dalam hal ini, mereka dapat mengarahkan domain mereka ke halaman media sosial.

Meskipun strategi ini merupakan solusi yang baik bagi perusahaan yang belum memiliki situs web untuk menggunakan domain mereka, mengalihkan ke media sosial bukanlah solusi jangka panjang. Memiliki situs web sendiri meningkatkan kredibilitas merek Anda dan memungkinkan kontrol yang lebih besar atas konten Anda. Pengaturan satu harus menjadi prioritas.

6. Pendaftaran pribadi

Informasi yang tercantum pada nama domain Anda harus tersedia untuk umum sesuai perjanjian pendaftar Anda. Menggunakan informasi palsu melanggar perjanjian pendaftaran dan dapat menyebabkan penghentian pendaftaran domain Anda.

Pastikan informasi pribadi Anda tetap rahasia dengan membeli pendaftaran pribadi, yang menyediakan semua manfaat pendaftaran domain tanpa memaparkan informasi pribadi Anda. Ketika Anda membeli layanan pendaftaran domain pribadi, direktori WHOIS akan mencantumkan nama pendaftar, alamat pos, dan nomor telepon Anda, dan tetap memberikan manfaat penuh pendaftaran (

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
website

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top