8 Film yang Wajib ditonton Para Calon Pengusaha

Untuk menjadi calon pengusaha, maka Anda bisa mencari berbagai referensi dari orang sekitar, berselancar di dunia maya hingga belajar dari film. Ada banyak film yang memberikan inspirasi dan semangat saat memulai usaha.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 19 Februari 2020  |  18:38 WIB
8 Film yang Wajib ditonton Para Calon Pengusaha
Burt's Buzz. - Variety

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika ingin memulai sebuah usaha terkadang kita dihadapi dengan kebingungan terkait ekspektasi terhadap peluang dan risiko. Belum lagi orang-orang yang kurang berpengalaman merasa memiliki tantangan yang sulit untuk dipetakan.

Untuk mencari referensi tentang dunia usaha, banyak film-film yang mengangkat cerita para pengusaha dan semangat perintis yang mereka wujudkan. Film-film ini dapat memberi semangat, menggembirakan dan, tentu saja, menghibur kita.

Untuk semua pengusaha bercita-cita tinggi di luar sana yang mencari inspirasi, entrepreneur.com merangkum 8 judul film yang bercerita tentang pengalaman kewirausahaan.

1. Burt’s Buzz (2013)
Burt's Buzz merupakan sebuah karya dokumenter penghormatan kepada Shavitz, pria di balik produk Burt's Bees.

Film dokumenter yang lucu, otentik, dan memikat ini bercerita tentang Burt Shavitz, seorang peternak lebah yang tertutup, yang kemudian menjadi salah satu produsen merek paling terkenal di dunia.

2. Office Space (1999)
Film ini berbicara tentang tantangan, kekecewaan, dan absurditas kehidupan kantor di sebuah perusahaan. Office Space menyindir gaya hidup monoton yang menghancurkan jiwa pekerja modern, tetapi juga mengingatkan kita bahwa pilihan hidup ada di tangan kita masing-masing.

3. Erin Brockovich (2000)
Erin Brockovich merupakan wujud pemberdayaan perempuan dan menggarisbawahi pentingnya menjadi mandiri dan tidak takut untuk membela apa yang kita yakini.

Cerita yang diangkat dari kisah nyata ini juga bisa menjadi inspirasi besar bagi pengusaha perempuan yang menghadapi dunia korporat yang didominasi pria.

4. The Godfather (1972)
The Godfather adalah kisah tentang bisnis keluarga kecil yang tumbuh menjadi organisasi besar dan kuat di New York, pada saat sama melawan oposisi.

Film ini menawarkan wawasan tentang apa yang diperlukan untuk menjadi salah satu bisnis keluarga paling berpengaruh dan dinamis di AS dan akan membuat kita berpikir tentang strategi kompetitif, aliansi, merger, dan diversifikasi bisnis.

5. Joy (2015)
Film ini menceritakan tentang suka dan duka yang dihadapi Joy Mangano dengan bisnis barunya. Karya ini juga menunjukkan bagaimana kepercayaan pada diri sendiri, produk, dan bisnis adalah kunci jika ingin bertahan dan sukses.

6. The Pursuit of Happyness (2006)
Film inspirasional ini didasarkan pada kisah nyata Chris Gardner, orang tua tunggal yang juga merupakan tunawisma. Dia bekerja magang tanpa dibayar sebagai pialang saham.

The Pursuit of Happyness menunjukkan bagaimana etika kerja yang digabungkan dengan keyakinan dan kemauan untuk melakukan apa pun demi mencapai keinginan akan terbayar dengan kesuksesan.

7. Becoming Warren Buffett (2017)
Film dokumenter ini menceritakan evolusi Buffett menjadi salah satu pria terkaya dan paling dihormati di dunia.

Film ini membawa kita pada perjalanan investor legendaris yang dimulai sebagai seorang anak laki-laki asal Nebraska yang ambisius, terobsesi dengan angka dan akhirnya menjadi salah satu pria terkaya dan paling dihormati di dunia.

8. The Big Short (2015)
The Big Short bercerita tentang sekelompok manajer dana dan investor Wall Street yang memperkirakan bahwa mereka mampu mengambil untung dari jatuhnya pasar perumahan di Amerika Serikat.

Film ini penuh dengan pelajaran penting bagi pengusaha dan siapa saja yang telah menginvestasikan uang di pasar saham: pahami apa yang diinvestasikan, ikuti intuisi dan jangan pernah menerima saran orang lain tanpa sepenuhnya memahami apa yang sedang dihadapi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pengusaha

Editor : Novita Sari Simamora
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top