Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelaku Usaha Waralaba, Ini Tips Tetap Bertahan di Tengah Pandemi Corona

lakukan perhitungan proyeksi pendapatan dari berbagai sumber seperti franchise fee, royalty fee, bahan baku dan lain-lain. Hitung dengan cermat dan melihat tren penurunan omset yang terjadi dari jaringan outlet mitra dan own outlet.
Franchise
Franchise

Keuangan

Dari sisi aspek keuangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan posisi saldo saat ini dan dana cadangan operasional yang dimiliki aman hingga tiga bulan ke depan mulai Maret hingga Mei 2020 mendatang.

“Lalu lakukanlah perhitungan berapa biaya total pengeluaran operasional yang rutin, baik yang sifatnya tetap atau variable. Sebagai catatan bulan Mei nanti akan ada dana keluar untuk THR karyawan,” jelasnya.

Selanjutnya lakukan perhitungan proyeksi pendapatan dari berbagai sumber seperti franchise fee, royalty fee, bahan baku dan lain-lain. Hitung dengan cermat dan melihat tren penurunan omset yang terjadi dari jaringan outlet mitra dan own outlet.

Hal yang tidak kalah penting adalah memperhitungkan pengeluaran secara bijak dengan mendahulukan biaya-biaya yang penting, sedangkan pengeluaran yang sifatnya tidak mendesak bisa ditangguhkan untuk sementara.

“Yang tidak kalah penting dari aspek keuangan ini adalah kontrol biaya bahan baku karena di saat terjadi krisis, biaya bahan baku cenderung akan mengalami kenaikan yang sangat signifikan sehingga perlu diperhatikan pasokan bahan baku aman dikirim ke jaringan bisnis anda,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper