Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelaku Usaha Waralaba, Ini Tips Tetap Bertahan di Tengah Pandemi Corona

Kalau bisa dibuatkan SOP khusus menghadapi bencana pandemik Covid-19 ini sebagai petunjuk untuk seluruh jaringan waralaba, untuk keamanan karyawan dan pelanggan
Aneka Franchise./Ilustrasi
Aneka Franchise./Ilustrasi

Pelanggan dan Marketing

Jika pelaku usaha masih membuka gerai atau outlet, harus memastikan keselamatan pelanggan dengan standar gerai yang bersih dan aman.  Contohnya dengan pengecekan suhu terhadap pelanggan yang akan masuk, menyiapkan hand sanitizer di seluruh jaringan waralabanya dan jika ada area cuci tangan pastikan bersih dan berfungsi.

“Kalau bisa dibuatkan SOP khusus menghadapi bencana pandemik Covid-19 ini sebagai petunjuk untuk seluruh jaringan waralaba, untuk keamanan karyawan dan pelanggan,” ujarnya.

Langkah selanjutnya adalah melakukan program “Marketing In Crisis” yaitu program penjualan menarik yang dapat meningkatkan penjualan dan cashflow walaupun profitnya “tipis-tipis” dengan pembatasan waktu tertentu.

Pelaku usaha juga bisa menyampaikan program marketing yang simpatik akan bencana wabah Covid-19, misalnya dengan mengeluarkan program khusus delivery yang memudahkan pelanggan yang bekerja, sekolah dan beribadah di rumah dapat terlayani dengan baik.

“Aktifitas program “Marketing In Crisis” ini bisa disampaikan melalui sarana digital seperti website, sosial media, media digital, aplikasi chating, poster dan spanduk di masing-masing gerai dengan konten marketing yang simpatik,” tuturnya.

Kontrol dan meeting penjualan secara harian, baik langsung atau melalui sarana komunikasi lainnya juga dapat dilakukan untuk memastikan pendapatan perusahaan sesuai dengan rencana, lakukan perbaikan program marketing secara cepat jika diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Sebelumnya
Keuangan
Halaman Selanjutnya
Aspek SDM
Penulis : Dewi Andriani

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper