Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

10 Keterampilan yang Perlu Dikembangkan Sebelum Memulai Bisnis Baru

Setiap keterampilan Anda miliki bisa menjadi bekal untuk membangun bisnis baru. Namun, keterampilan yang dimiliki harus terus dikembangkan.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 26 Mei 2020  |  20:14 WIB
Ilustrasi - Gettingbalance
Ilustrasi - Gettingbalance

Bisnis.com, JAKARTA - Memulai bisnis akan sulit, jika persiapannya tidak dilakukan dengan matang dan Anda tidak memiliki identifikasi yang tepat untuk pasar.

Demikian pula, jika Anda turun ke lapangan tanpa menguasai beberapa keterampilan terlebih dahulu, Anda mungkin akan kesulitan untuk menemukan kesuksesan. Dilansir melalui Entrepreneur, berikut adalah beberapa keterampilan paling penting yang harus diketahui pengusaha:

1. Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah salah satu program terpenting untuk bisnis saat ini. Program ini jauh lebih dari sekadar perangkat lunak lembar bentang, meskipun keberadaannya juga sangat membantu pekerjaan. Menguasai Excel dapat membantu Anda dengan analisis data, perencanaan keuangan, dan banyak lagi hal-hal yang penting untuk menjalankan bisnis berbasis data dan berorientasi solusi.

2. Berbicara di depan umum

Pengusaha harus dapat menjual produk atau layanan mereka kepada orang lain. Ketika Anda memberikan penawaran kepada investor, karyawan, atau pelanggan potensial, kemahiran berbicara di depan umum akan menjadi aset yang signifikan. Dengan keterampilan ini, Anda akan cenderung menginspirasi orang untuk melihat visi Anda dan bergabung dengan perusahaan Anda.

3. Mengembangkan rencana bisnis

Secara alami, setiap pengusaha membutuhkan rencana bisnis. Proses penulisan rencana bisnis juga penting, ini adalah perjalanan, dan merupakan pengalaman yang berbeda untuk setiap pengusaha.

Anda akan belajar keterampilan baru yang akan bermanfaat bagi kehidupan pribadi dan profesional Anda dan akan membuat Anda menjadi pemilik bisnis yang lebih baik di masa depan. Saat ini ada berbagai macam kursus perencanaan bisnis yang tersedia baik secara offline maupun online.

4. Data science

Data menjadi daya dorong utama bagi bisnis. Sebagai seorang wirausaha, jika Anda berhasil memodelkan dan memahami data, Anda sudah selangkah lebih maju. Dengan menguasai keterampilan ini, Anda tidak hanya akan menghemat uang dengan tidak harus menyewa analis, tetapi Anda juga akan memiliki keterampilan untuk membuat keputusan bisnis yang tepat.

5. Pemasaran berbasis Facebook (Facebook Marketing)

Facebook adalah platform periklanan terbesar kedua di planet ini, yang berarti itu adalah alat utama bagi setiap pengusaha untuk memulai bisnis. Dalam kursus yang tersedia di berbagai platform, Anda akan belajar bagaimana menjangkau dan terlibat dengan audiens baru di Facebook. Memulai dengan menjalankan strategi pemasaran Facebook dapat bermanfaat bagi bisnis Anda.

6. Optimasi mesin pencari (Search Engine Optimization)

Jika Anda tidak memiliki banyak modal untuk bekerja ketika Anda baru memulai, iklan berbayar mungkin bukan pilihan utama. Optimisasi mesin pencari (SEO), seringkali tersedia gratis dan hanya membutuhkan pemahaman teknis tentang bagaimana membuat konten menonjol secara online. Sejumlah kursus akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara memunculkan halaman web Anda di bagian atas halaman pencarian Google.

7. Copywriting

Keterampilan copywriting yang hebat akan menjual produk. Anda dapat mengalihdayakan konten pemasaran dan penjualan Anda ke pihak ketiga, atau Anda dapat mengatasinya sendiri. Beberapa panduan akan mengajarkan Anda cara menulis iklan yang menjual sehingga Anda dapat berhemat dan menghasilkan lebih banyak uang pada saat yang sama.

8. Quickbooks

QuickBooks adalah perangkat lunak akuntansi teratas di pasar. Ketika Anda dapat menggunakan QuickBooks secara efektif, Anda dapat menangani semua kebutuhan keuangan dan pembukuan bisnis Anda, sehingga menghemat uang pada layanan akuntansi. Program ini juga akan membantu Anda melacak inventaris, pembayaran vendor, faktur, dan banyak lagi.

9. Keterampilan Generalis

Pengusaha terbaik tidak pernah berhenti belajar. Berangkat dari pemikiran itu, Anda dapat mengunjungi Big Think Edge. Perpustakaan ini dipenuhi dengan kuliah dari para profesor Ivy League dan para pakar terkenal dunia seperti Elon Musk dan Malcolm Gladwell, yang membahas beberapa topik terpenting saat ini.

10. Manajemen proyek

Manajemen proyek adalah tentang menemukan cara yang paling efisien dan paling tidak boros dalam melakukan sesuatu. Bagi wirausahawan yang mungkin kekurangan uang setelah memulai usaha, keterampilan ini sangat penting. Ada beberapa metodologi manajemen proyek teratas yang dapat dipelajari seperti Scrum, Agile dan PMP.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm strategi bisnis
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top