Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Bisnis Manfaatkan Popularitas TikTok

Konsiten menjadi kata kunci yang sangat penting untuk meningkatkan popularitas bagi pengguna TikTok.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 25 Juni 2020  |  14:34 WIB
Logo TikTok ditampilkan di TikTok Creator's Lab 2019 yang digelar Bytedance Ltd. di Tokyo, Jepang, Sabtu (16/2/2019). - Bloomberg/Shiho Fukada
Logo TikTok ditampilkan di TikTok Creator's Lab 2019 yang digelar Bytedance Ltd. di Tokyo, Jepang, Sabtu (16/2/2019). - Bloomberg/Shiho Fukada

Bisnis.com, JAKARTA -- Jika Anda ingin bisnis Anda tumbuh dan makmur saat membuka kembali kegiatan bisnis dan menyambut kenormalan baru, TikTok dapat menjadi langkah awal yang baik.

Platform berbagi video yang sempat menjadi bahan olok-olok di ranah internet kini justru bangkit dengan kekuatan yang tidak terbayangkan sebelumnya dan menjadi salah satu perusahaan media sosial terkemuka di dunia,

Dilansir melalui Entrepreneur pada Kamis (25/6/2020), platform ini juga dianggap paling ramah bisnis bagi pengusaha yang tahu cara menggunakannya.

TikTok didesain khusus untuk membangun branding atau merek pribadi dan saat ini ada banyak pengusaha yang sudah memanfaatkan fitur tersebut.

Sebagai contoh, dalam waktu tiga setengah bulan, seorang koki yang aktif di TikTok, Nadia Caterina Munno, atau yang lebih dikenal sebagai The Pasta Queen, telah mengumpulkan lebih dari seperempat juta pengikut loyal, dan semuanya haus akan konten baru.

Di era internet, penonton menginginkan informasi yang setara atau lebih dengan imbalan waktu yang dihabiskan untuk menonton video tersebut. Berkomunikasi dengan dunia TikTok yang lebih besar juga penting di platform ini.

Konten TikTok yang berhasil dapat menghasilkan ribuan komentar dan pesan langsung (direct message) setiap hari.

Pengusaha yang sinis dengan popularitas TikTok mungkin mengatakan bahwa peningkatan pesat dari The Pasta Queen dan ketenaran internet yang baru ditemukannya hanyalah masalah keberuntungan.

Mereka mungkin berpendapat bahwa dia hanya di tempat yang tepat pada waktu yang tepat, dan bahwa kesuksesannya akan sulit, atau bahkan tidak mudah untuk ditiru.

Para pengusaha itu justru melewatkan formula TikTok, yang dapat diadaptasi oleh pengusaha yang pintar dalam menyesuaikan konten dengan produk mereka sendiri.

Para wirausahawan itu mungkin tidak memiliki keterampilan memasak atau resep yang unik, tetapi mereka masih dapat belajar dari orang lain yang telah menemukan kesuksesan di platform dan membentuk strategi yang sama untuk merek mereka.

Berikut adalah beberapa trik kesuksesan The Pasta Queen melalui TikTok:

1. Mengunggah konten secara teratur

Jika Anda memposting setidaknya sekali sehari, algoritma TikTok mulai mendukung Anda sebagai seorang creator dan Anda memiliki kemungkinan lebih besar untuk muncul di halaman “For You”.

2. Tidak Perlu Khawatir Tentang Niche Bisnis Anda

Analisis berlebihan terhadap niche bisnis Anda dapat menghambat distribusi konten. Munno mengatakan untuk menjadi diri sendiri dan biarkan karakter itu bersinar.

3. Berinteraksi dengan Followers

Menjalin interaksi dengan para pengikut konten Anda dapat membantu membangun fondasi penggemar yang loyal, sebuah langkah awal yang penting untuk Anda lakukan.

4. Melakukan Siaran Langsung Setidaknya Sekali dalam Sepekan

Dengan melakukan tayangan langsung, meskipun jumlah pengikut Anda sedikit, konten Anda dapat muncul di halaman "For You."

5. Curi Perhatian Pengguna dengan Waktu Singkat

Anda harus menarik perhatian seseorang dari awal dan menjadikannya fans loyal dalam waktu setengah detik. Orang-orang hampir secara otomatis menggulir layar telepon pintar mereka sepanjang waktu, tetapi jika mereka segera melihat sesuatu yang menarik atau mengejutkan, mereka cenderung bertahan untuk melihat konten tersebut hingga selesai.

6. Buat Konten How-To

Konten-konten informatif dan mendidik audiens memiliki daya tarik yang lebih tinggi dan berpotensi meningkatkan interaksi secara signifikan.

7. Pelajar Sistem Analitk Media Sosial

Anda harus sering meninjau analisis postingan Anda untuk melihat konten seperti apa yang berhasil atau apa yang dapat disesuaikan. Ini juga membantu Anda memahami audiens Anda lebih baik untuk memenuhi konten yang sesuai.

8. Perhatikan Durasi Konten

Menurut Munno, konten yang dia buat dengan durasi 20-30 detik selalu mendapatkan jumlah tontonan dan interaksi tinggi.

“Tidak ada salahnya mengangkat topik yang diterima secara universal, seperti makanan. Saya melihat pengacara memberikan tips untuk kesadaran masyarakat, tur rumah contoh oleh agen penjual, dan para akuntan memberikan tip tentang pajak. Anda bisa melakukan apa saja, asalkan berdurasi pendek dan mudah dicerna," ungkapnya.

9. Ingat, Ini Adalah Bisnis Bukan Hobi

Meraih popularitas dalam semalam tidak mudah, dan bisa memiliki sisi gelap bagi yang tidak siap. Pengusaha dan individu yang tiba-tiba menjadi viral dapat merasa sedikit kewalahan, tetapi mereka harus tetap profesional dan belajar untuk memperlakukan peluang dengan penghargaan yang pantas.

Pengguna TikTok yang sukses paling terkenal adalah mereka yang menganggap serius platform ini dan memahami potensi sesungguhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona TikTok Resep masakan
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top