Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perjuangan CEO Alpha-H Lahirkan Produk Perawatan Wajah Populer

Michelle Doherty sempat mengalami permasalahan kulit hingga kepercayaan dirinya. Namun, kondisi tersebut menjadi jalan rejeki baginya.
Pendiri dan bos bisnis perawatan kulit Alpha-H, Michelle Doherty.
Pendiri dan bos bisnis perawatan kulit Alpha-H, Michelle Doherty.

Bisnis.com, JAKARTA - Pendiri dan bos bisnis perawatan kulit Alpha-H, Michelle Doherty mengatakan bahwa selama hampir 14 tahun berjuang melawan jerawat kronis, dia sudah mencoba segala upaya untuk menyembuhkannya.

Selain obat dengan resep dokter, dia juga menggunakan metanol, tea tree oil, dan bahkan menempelkan pasta gigi di titik yang berjerawat.

Namun, tidak ada yang berhasil, dan beberapa perawatan dengan produk lebih keras hanya memperburuk masalah dan kepercayaan dirinya, karena perjuangan Doherty melawan jerawat berlanjut dari saat dia berusia 14 hingga hampir 28 tahun.

"Saya [bahkan] minum antibiotik selama 11 tahun. Dan saya juga mengkonsumsi tablet kontrasepsi untuk mengatasi fungsi hormonal," kata wanita kelahiran Selandia Baru berusia 57 tahun itu, seperti dikutip melalui BBC, Senin (29/6/2020).

Kondisi ini sangat menyedihkan bagi dirinya ketika masih muda, apalagi setelah meninggalkan sekolah di Auckland ketika dia berusia 15 tahun, Doherty memulai karir sebagai penjual kosmetik.

Ketika dia berusia 27 tahun, Doherty mengatakan dia akhirnya menemukan bahan kosmetik yang dapat meringankan jerawatnya, dan membuat kulitnya terlihat lebih baik, yakni asam glikolat.

Berasal dari tebu, asam glikolat digunakan sebagai exfoliator untuk mengangkat sel-sel mati dari permukaan kulit.

Bahan itu sekarang digunakan oleh merek kosmetik besar maupun kecil di seluruh dunia, dan ditemukan dalam ribuan produk. Namun, pada awal 1990-an penggunaannya sangat terbatas.

Tetapi setelah mencoba beberapa produk yang mengandung asam glikolat, dan melihat langsung efek positifnya, Doherty terinspirasi untuk mencoba menciptakan merek perawatan kulitnya sendiri dengan bahan dasar asam glikolat.

Selama empat tahun, dia dan suaminya mengabdikan diri untuk pengembangan produk, dan menabung. Pada tahun 1995, ketika Doherty berusia 32, mereka pindah ke Gold Coast, Australia dan meluncurkan Alpha-H.

"Produknya diberi nama Alpha-H karena asam glikolat adalah salah satu dari kelompok asam hidroksi alfa," seperti dikutip melalui BBC.

Setelah memulai bisnis dari garasi, perusahaan hari ini telah melaporkan pendapatan tahunan sebesar 7,7 juta dolar Australia atau senilai US$5,3 juta.

Penyanyi dan aktor Australia Kylie Minogue diketahui sebagai penggemar Alpha-H, dan perusahaan itu membuat 10.000 botol produk terlaris Liquid Gold setiap hari untuk memenuhi permintaan global. Hingga kini, semua produksi masih dilakukan sendiri di Australia.

"Apa yang ingin kami lakukan adalah membawa produk sekelas salon kepada pelanggan tanpa perlu datang ke salon untuk bertemu dengan profesional kecantikan yang tidak bisa berempati dengan orang-orang dengan memiliki kondisi kulit yang serius," kata Doherty.

Dia mengatakan kulitnya tidak terlihat seperti wanita berusia 57 tahun, meskipun faktanya dia sekarang sedang menerima perawatan kanker.

"Saya menjalani perawatan laser untuk tumor otak, dan kemoterapi untuk tumor lain, dan kulit saya masih bercahaya," katanya.

Akibat dari masalah kesehatannya, tahun lalu dia menjual saham dalam bisnis tersebut, untuk pertama kalinya, ke perusahaan investasi global Riverside.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper