Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mengintip Bisnis Avian, Raja Cat Berusia 41 Tahun di Tengah Pandemi

Penjualan cat tidak hanya berfokus padda menyediakan produk saja. Bisnis cat Avian juga selalu berusaha memenuhi kebutuhan konsumen selama pandemi Corona (Covid-19).
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 04 Juli 2020  |  21:32 WIB
Presiden Komisaris PT Avia Avian Hermanto Tanoko. - Instagram
Presiden Komisaris PT Avia Avian Hermanto Tanoko. - Instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi virus corona (Covid-19) ternyata tak selalu berdampak negatif bagi performa sejumlah bisnis, sebab ada sebagian bisnis yang mencatatkan pertumbuhan penjualan.

Adapun perusahaan yang mencatatkan penjualan bertumbuh pada pandemi corona adalah perusahaan cat yang dikenal dengan merek Avian. Mengubah strategi bisnis menjadi penting selama pandemi Corona.

"Dengan rencana bisnis yang terus disesuaikan setiap bulan, pertumbuhan bisnis Avian masih sama year to date seperti pada 2019," kata Presiden Komisaris PT Avia Avian Hermanto Tanoko dalam acara perilisan Harian DI's Way besutan Dahlan Iskan, Sabtu (4/7/2020).

Hermanto tak memperinci berapa besaran pertumbuhan yang dicapai Avian, namun di tengah tantangan pandemi, dia mengatakan perusahaan telah mengubah orientasi dengan berlandas pada visi "Stop Selling, Start Helping".

Dengan orientasi ini, Hermanto menjelaskan bahwa perusahaan bakal fokus menyediakan produk dan layanan yang dapat membantu dan memenuhi kebutuhan konsumen selama pandemi. Tak hanya berorientasi pada nilai penjualan semata.

Bisnis Avian sendiri tak hadir dalam sekejap. Kala ditanyai mengenai sejarah perusahaan produsen cat ini, Hermanto mengatakan bahwa Avian hadir pertama kali dari sebuah cat toko di Malang yang dikelola oleh sang ayah, Soetikno Tanoko. Toko tersebut merupakan cikal bakal dari PT Avia Avian yang kini telah berusia 41 tahun.

Selain mengelola bisnis turunan sang ayah, Hermanto ternyata juga berjibaku di lini bisnis lain, mulai dari properti sampai produksi makanan dan minuman. Gurita bisnis itu antara lain hotel berbintang lima Vasa dan Tanobel Food yang menaungi beberapa produk consumer goods.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips bisnis cat
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top