Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Peluang Bisnis Camilan yang Makin Gurih di Tengah Pandemi Corona

Di tengah pandemi virus corona, masyarakat membeli camilan melalui platform penjualan online, baik media sosial maupun e-commerce.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 07 Juli 2020  |  19:07 WIB
Fitria Hadiah, pemilik usaha Juara Snack mengaku melakukan penjualan secara online. Sejak pandemi penjualan camilannya meningkat signifikan. - istimewa
Fitria Hadiah, pemilik usaha Juara Snack mengaku melakukan penjualan secara online. Sejak pandemi penjualan camilannya meningkat signifikan. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Dalam situasi pandemi Covid-19, banyak usaha yang terpukul. Meski demikian, tidak sedikit yang justru mendapatkan berkah di tengah situasi yang tidak menentu ini, salah satunya bisnis camilan seperti yang dialami Fitria Hadiah pemilik usaha Juara Snack.

Selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB), minat masyarakat terhadap produk yang membantu dan menemaninya saat beraktivitas dan menikmati waktu di rumah ikut meningkat. Camilan menjadi salah satu yang banyak dicari masyarakat.

Sebagian besar, masyarakat membeli melalui platform penjualan online, baik media sosial maupun e-commerce. Fitria mengatakan penjualan melalui platform e-commerce meningkat sangat signifikan, terutama di Lazada karena adanya berbagai promo.

“Berkat adanya Lazada Birthday promo dan promo Ramadhan, pesanan meningkat dari 100-200 pesanan harian hingga menjadi 1.000 pesanan harian. Kami sempat kewalahan, bahkan membatasi pesanan untuk sementara agar dapat memenuhi pesanan yang masuk,” ujarnya, dalam keterangan pers yang diterima Bisnis, Selasa (7/7/2020).

Fitria bahkan sempat kewalahan dengan adanya peningkatan pesanan tersebut sehingga pesanan terpaksa harus dibatasi. Selain itu, dia juga menambah 15 hingga 20 orang tenaga kerja dari jumlah karyawan sebelumnya, lima karyawan tetap dan lima karyawan lepasan. “Jadi selain memenuhi permintaan pelanggan yang meningkat, Alhamdulillah saya juga dapat memberikan pekerjaan bagi yang membutuhkannya,”tuturnya.

Fitria menuturkan bahwa keputusannya untuk berjualan melalui platform jual beli online seperti Lazada sangat tepat sebab dia merasa sangat terbantu untuk mengembangkan usaha dan memperluas pasar, terutama di masa yang penuh tantangan seperti sekarang ini.

Apalagi, pencarian produk makanan ringan di platform penjualan online seperti Lazada pun mengalami peningkatan, dan berdampak cukup besar bagi UMKM yang menjual camilan seperti Juara Snack.  

Fitria pun mengungkapkan bahwa saat ini Juara Snack telah mencapai Level 7 untuk kategori sellers, yang umumnya dicapai oleh sellers lain yang menjual gadget atau brand-brand besar lainnya.

Dengan antar muka (interface) yang lebih mudah dan disesuaikan melalui fitur customization bagi para sellers, Fitria pun semakin bersemangat untuk mencari strategi baru dan mengubah tampilan tokonya agar konsumen semakin tertarik untuk belanja di Juara Snack.

Dia mengakui, tim customer service Lazada sangat aktif memantau perkembangan bisnis Juara Snack. Fitria kerap dihubungi dan diingatkan untuk menambah produk dan mempercantik tampilan tokonya.

Sementara itu, Haikal Bekti Anggoro, SVP Traffic Operations & Sellers Engagement mengatakan bahwa Lazada terus berkomitmen memberikan pengalaman belanja yang terbaik bagi para customers maupun sellers.

Untuk memberikan kemudahan bagi para pelaku UMKM dalam melakukan kegiatan jual-beli, pihaknya juga menyediakan Lazada Service Marketplace yang membantu para sellers mengoptimalkan bisnisnya di Lazada. Diantaranya berupa dukungan jasa fotografi untuk produk, mendekorasi toko, berbagai promo menarik, influencer untuk Lazlive, serta dukungan penuh dari tim customer service Lazada.

“Kami percaya bahwa dengan bergabung di platform Lazada, akan semakin banyak UMKM Indonesia yang dapat tumbuh dan berkembang pesat melalui penjualan online, seperti Juara Snack,” ujarnya.

Selain itu, salah satu cara bagi para pelaku UMKM untuk dapat terus mengembangkan usahanya di Lazada adalah dengan mengikuti berbagai campaign yang diadakan seperti #LazadaMidYear Super Sale yang akan berlangsung dari tanggal 7 sampai 9 Juli 2020.

Mulai dari berbagai produk fashion, gadget dan elektronik, kebutuhan sehari-hari, produk otomotif serta berbagai produk original berkualitas dari brand-brand favorit akan banting harga mulai dari di bawah Rp10.000 saja.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan lazada cemilan
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top