Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Belajar Jadi Influencer atau Content Creator Kini Bisa Lewat Akademi

Asian Blogger Academy menjadi akademi pertama di Asia Tenggara yang memfokuskan diri pada dunia media digital dan influencer.
Logo youtube/Akbar Evandio
Logo youtube/Akbar Evandio

Bisnis.com, JAKARTA – Bagi generasi muda yang ingin mengembangkan karir dan kreativitas di dunia digital sebagai seorang influencer, blogger, maupun content creator, kini tak perlu bingung harus belajar dari mana. Sebab, sudah dapat dipelajari secara akademis.

Salah satunya melalui Asian Blogger Academy (ABA). Akademi pertama di Asia Tenggara yang memfokuskan diri pada dunia media digital dan influencer ini akan mengajarkan ilmu pengetahuan seputar blogging, influencing, dan penciptaan konten yang dapat membantu siapapun yang ingin terjun ke dunia digital.

Mulai dari fotografi, videografi, kreasi konten, storytelling, digital marketing, menciptakan engagement/loyalitas, diversifikasi konten di berbagai sosial media, personal branding, hingga etika. 

Konsep ABA sendiri terlahir dari #Markamarie, perusahaan Indonesia yang memposisikan diri sebagai salah satu akselerator industri kreatif di Asia Tenggara.

Markamarie yang baru saja membuka cabang di Malaysia ini, berhasil bekerja sama dengan salah satu universitas di Malaysia yaitu Universiti Teknologi MARA (UiTM).  Semua ini terjadi di saat pandemi terjadi.

Franka Soeria co-founder #Markamarie Global mengatakan, awalnya penyelenggaraan ABA ini akan dilakukan secara offline. Artinya semua pengajaran akan dilakukan dalam kelas di Universiti Teknologi Mara.

Bahkan mereka sudah siap untuk launching pada Februari. Namun, akibat adanya pandemi Covid-19, diputuskan bahwa ABA sepenuhnya dijalankan secara online. 

“Kami rasa saat ini online adalah jalan terbaik, dan edukasi yang kami tawarkan juga sangat relevan, kami membantu siapapun yang ingin go digital dengan cara mudah dan terjangkau,” jelasnya.

Ruslan Abdul Rahim, Dekan Fakultas Art & Design UiTM, Malaysia mengatakan ABA merupakan inovasi dan menjadi jawaban bagi dunia baru yang kini menuntut siapapun untuk go digital.

“UiTM sangat senang bisa menjadi HUB kerja sama skala Asia ini, karena akademi ini menjadi salah satu inovasi baru dan bisa membantu banyak orang di masa yang challenging ini,” tuturnya.

Datin Ras Ali, Executive Chairman Markamarie Malaysia, mengatakan ABA akan menyajikan pendidikan secara ala carte dan paket komplit. Para mahasiswa bisa memilih bidang apa yang mereka perlukan.

“Apabila mereka ingin mempelajari semuanya pun, ada pilihannya. Bukan hanya fashion dan beauty, tapi juga food, lifestyle hingga personal brand. Para pengajarnya terdiri dari akademisi dan praktisi. Kami juga memiliki influencer sebagai mentor,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper