Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Unik! Kolaborasi Empat Brand dengan Sosro dari Kue Hingga Sepatu

Kerja sama brand lokal, makanan, minuman, pakaian dan aksesoris bertujuan menggali potensi dan mendorong brand ikonik Indonesia.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 13 Agustus 2020  |  15:48 WIB
SAGE Footwear kolaborasi dengan teh botol. - istimewa
SAGE Footwear kolaborasi dengan teh botol. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Sinar Sosro sebagai pemilik brand Tehbotol Sosro menggandeng dan berkolaborasi dengan empat brand lokal Tanah Air untuk menghasilkan produk-produk unik yang kreatif dengan tetap mengedepankan otentisitas dari masing-masing brand tersebut.

Empat brand lokal yang terlibat dalam semangat kolaborasi yang tercetus pada gerakan #LocalsUnites tersebut yaitu SAGE Footwear, Kokumi, Bro.do x Mr.S, dan Bake.ground. Tak hanya terbatas pada empat brand tersebut, Tehbotol Sosro juga siap berkolaborasi dengan brand-brand lokal lainnya.

Kolaborator yang pertama adalah SAGE Footwear. Pendiri brand lokal SAGE Hamzah Dwi Putra mengatakan dalam kerja sama ini, pihaknya memanfaatkan pewarnaan sepatu menggunakan ampas daun teh.

Hal ini sejalan dengan misi SAGE Footwear yang selalu mengedepankan sustainability. Artinya, selain menyiapkan desain sepatu yang disukai konsumen muda, pihaknya juga membuat sepatu dari bahan-bahan yang ramah lingkungan.

“Kami menggunakan recycled cotton untuk menekankan aspek sustainability dan menggunakan ampas teh dari Tehbotol Sosro untuk pewarna. Sepatu Limited Edition kolaborasi SAGE Footwear x Tehbotol Sosro ini merepresentasikan nilai-nilai yang dipercaya SAGE Footwear dan atribut otentik Tehbotol Sosro yang khas,” tuturnya.

Berikut empat brand yang berkolaborasi dengan Tehbotol Sosro:

Sepatu Limited Edition SAGE Footwear x Tehbotol Sosro sebanyak 75 pasang habis terjual dalam 5 menit saat SAGE Footwear mengumumkannya melalui Instagram pada 21/7 lalu. Saat ini SAGE Footwear tengah menyiapkan 1000 pasang sepatu edisi khusus bersama Tehbotol Sosro yang dapat dipesan masyarakat pada akhir Agustus 2020.

Kolaborator kedua adalah brand sepatu lokal Bro.do. Brand sepatu ini menyiapkan 75 pasang sneakers Limited Edition yang dilukis hand painted secara eksklusif untuk #LocalsUnite oleh Mr. S. Tidak berhenti hanya di situ, Bro.do juga menyiapkan 1000 pasang sepatu edisi khusus yang dapat dipesan masyarakat pada September 2020. Kedua batch edisi khusus tersebut memuat atribut khas Tehbotol Sosro.

“Bro.do dan Tehbotol Sosro memiliki semangat yang sama untuk merangkul komunitas-komunitas brand lokal Indonesia dan memberdayakan UKM, dengan menyediakan kesempatan untuk maju bersama. Kami memetik semangat berbagi dan membangun merek yang disampaikan Tehbotol Sosro melalui #LocalsUnite,” ungkap Head of Marketing & Partnership dari Bro.do, Tony Prima.

bake.ground dan Kokumi

Berbeda dengan SAGE maupun Bro.do, kolaborator Tehbotol Sosro #LocalsUnite berikutnya adalah usaha kue rumahan Bake.ground yang didirikan oleh kakak beradik Felicia dan Valeska.

Bake.ground menawarkan kue-kue yang menyajikan berbagai tekstur di dalamnya yang saling berpadu dalam sekali gigitan, dari lembut sampai dengan crunchy. Bake.ground juga gemar bereksperimen menggunakan produk-produk ikonik yang disukai masyarakat.

Felicia mengatakan, kolaborasi Bake.ground dengan Tehbotol Sosro ini menunjukkan pentingnya perhatian pada hal-hal detil, sejak kue dalam perencanaan hingga sampai di tangan konsumen untuk dinikmati.

Diskusi antara Bake.ground dan Tehbotol Sosro pun berlangsung di setiap tahap produksi. Dimulai sejak membahas pengembangan produk kue yang akan dibuat, uji coba kue hingga kue mendapatkan tekstur, rasa, dan warna yang pas, dekorasi dan penampilannya, packaging dan harga, serta komunikasi dan pemasaran termasuk rencana media sosial,” ungkap Felicia.

Kolaborator keempat adalah Kokumi, minuman boba yang didirikan pada tahun 2018 oleh Jacqueline Karina bersama Ester Teja Sukmana. Project Kokumi dengan gerakan #LocalsUnite adalah minuman edisi khusus bernama Sunrise Tehbotol Sosro dan Okinawa Tehbotol Sosro.

“Kami belajar dari pengalaman Tehbotol Sosro lebih dari 51 tahun tentang pentingnya menciptakan produk dengan bahan-bahan berkualitas terbaik. Sebagai brand yang digemari anak muda, Kokumi mendapatkan kesempatan berbagi wawasan bersama Tehbotol Sosro tentang minuman trendy yang sangat disukai oleh para milenial. Bisnis ini banyak tantangannya, namun sebagai mentor Tehbotol Sosro selalu menekankan pentingnya Kokumi menghadapi tantangan dengan ketekunan, ketahanan, dan komitmen,” jelas CEO Kokumi Jacqueline Karina.

Kokumi telah merilis minuman edisi spesial Tehbotol Sosro dan mendapat respon yang sangat baik dari penggemar minuman boba.

Chief Marketing Officer PT. Sinar Sosro Sabrina Kharisanti mengatakan bahwa gerakan #LocalsUnite ini ditujukan untuk membantu brand-brand lokal menggali potensi yang mereka miliki sekaligus membangun ekosistem bagi brand lokal.

“Saat ini, kami memfokuskan kerja sama dengan brand lokal di tiga bidang utama yaitu makanan dan minuman, pakaian dan aksesoris, serta seni. Harapan kami melalui gerakan ini ialah dapat menggali potensi dan mendorong brand lokal untuk menjadi brand ikonik Indonesia selanjutnya,” tuturnya.

Dia juga mengundang para pencipta, pembuat, inovator, maupun wirausahawan yang ingin mengajukan ide-ide kolaborasi dengan Tehbotol Sosro dan menciptakan produk yang setara atau lebih tinggi dengan standar global dapat bergabung melalui gerakan #LocalsUnite.

“Proposal, ide, dan pertanyaan dapat diunggah ke www.localsunite.co.id. #LocalsUnite akan terus berpartisipasi aktif untuk mendukung brand-brand lokal menjadi brand ikonik Indonesia di masa depan,” tutupnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri makanan dan minuman botol kolaborasi
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top