Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tujuh Cara Tetap Objektif Saat Menilai Karyawan

Pemimpin harus memeriksa bias saat menilai karyawan, untuk mengevaluasi anggota tim secara inklusif.
Poin penting dalam melatih jiwa kepemimpinan/ilustrasi
Poin penting dalam melatih jiwa kepemimpinan/ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Saat menilai kinerja seseorang yang berada di bawah tim atau divisi, tidak sedikit atasan yang masih melihat dari sisi subjektif dan memberikan penilaian yang bias. Padahal, karyawan tersebut mungkin sudah bekerja dengan baik dan memiliki banyak inisiatif.

Namun terkadang, inisiatif dan berbagai pencapaian yang telah dilakukan oleh karyawan tersebut diabaikan oleh atasan. Sebaliknya, saat karyawan melakukan satu kesalahan, langsung dianggap tidak mampu bekerja dengan baik.

Dalam kondisi seperti ini, maka penilaian yang diberikan seorang pimpinan tersebut akan terkesan bias dan subjektif. Padahal, sebagai seorang pemimpin Anda perlu memeriksa bias bawah sadar saat bekerja untuk mengevaluasi anggota tim secara inklusif.

Berikut tujuh cara untuk memeriksa bias Anda saat mengevaluasi tim dan untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan pandangan yang paling seimbang dari kinerja mereka, seperti dikutip dari Entrepreneur:

1. Temukan ruang dan waktu yang tenang saat menilai kinerja anggota tim

Bias akan muncul saat kita melakukan banyak tugas atau dalam situasi stres. Sediakan waktu dan ruang khusus untuk menilai anggota tim. Blokir kalender Anda, keluar dari email Anda dan matikan ponsel Anda. Sebagai pemimpin, kita sering melupakan semua hal yang telah dicapai anggota tim kita. Luangkan waktu untuk menelusuri tujuan yang telah ditetapkan, email dan catatan yang Anda miliki. Bersikaplah berdasarkan fakta saat meninjau pengalaman, proyek, dan inisiatif yang mereka ambil saat meninjau kinerja mereka.

2. Periksa kembali bias yang mungkin telah terbentuk

Anda yakin bahwa anggota tim Anda adalah seorang superstar dan harus segera dipromosikan atau mereka tidak pernah datang dengan solusi untuk masalah dan mengharapkan Anda untuk memperbaiki semuanya.

Periksa juga apakah mereka tidak pernah memenuhi tenggat waktu tepat waktu atau mereka selalu melebihi ekspektasi dan melampaui harapan secara konsisten. Tanyakan kembali cerita yang Anda ceritakan tentang kinerja mereka.

Adakah yang bisa menjadi luar biasa sepanjang waktu? Adakah yang bisa menjadi jahat sepanjang waktu? Bersikaplah seimbang dan adil. Tempatkan diri Anda saat Anda menggunakan kata-kata yang tidak jelas untuk menggambarkan pekerjaan mereka. Lihatlah semua fakta selama Anda bekerja sama.

3. Tanyakan tim Anda untuk penilaian diri mereka

Anda harus meminta anggota tim Anda untuk melakukan penilaian mandiri atas kinerja mereka sendiri hingga saat ini. Ini adalah bagian penting dalam mengevaluasi bakat secara inklusif. Anda mungkin menemukan bahwa Anda memiliki pandangan kinerja yang sama, atau Anda memiliki pandangan yang sangat berbeda.

Pastikan Anda juga meminta anggota tim untuk memberikan contoh berbasis bukti yang terkait dengan hasil yang mereka capai. Sangat penting untuk mendapatkan masukan ini saat Anda juga mengikuti rapat tim kepemimpinan untuk mengevaluasi bakat secara keseluruhan.

4. Tanyakan kepada rekan kerja mengenai kinerja anggota tim Anda

Penting untuk menanyakan kepada rekan kerja lain bagaimana kinerja tim Anda. Jika organisasi Anda memberikan kesempatan kepada tim Anda untuk mendapatkan umpan balik, ini mungkin saat yang tepat untuk memanfaatkannya.

Jika tidak, Anda dapat mengajukan pertanyaan standar yang dapat ditanyakan kepada semua individu, baik melalui email atau video. Pastikan Anda mendokumentasikan fakta tentang kinerja mereka. Ingatlah untuk menyeimbangkan umpan balik yang sangat negatif yang mungkin Anda terima tentang anggota tim Anda dan fokuslah pada contoh berbasis bukti.

5. Sebutkan bias dengan yakin dan rasa hormat saat mendiskusikan bakat bersama pemimpin lain

"Itu pernyataan yang sangat bias, dan saya tidak yakin mengapa Anda baru saja mengatakan," bukanlah reaksi yang membantu. Ini merusak keamanan psikologis untuk terus melakukan percakapan yang jujur dan berani sebagai tim kepemimpinan saat mengevaluasi bakat.

Saat Anda mendengar bahasa seperti "Dia canggung secara sosial" dan "Dia tampaknya tidak berdedikasi sejak dia menjadi seorang ibu", pastikan untuk menyebutkan bias ini dengan percaya diri dan rasa hormat.

Gunakan bahasa seperti "Bantu saya memahami itu" atau "Ceritakan lebih banyak tentang maksud Anda". Latih dengan pertanyaan terbuka, mintalah contoh spesifik dan bantu pemimpin lain mengungkap dan melihat bias yang mungkin mereka miliki saat mengevaluasi anggota tim.

6. Bersikaplah terbuka dan reseptif ketika para pemimpin lain mengungkapkan bias Anda

Bahkan jika kita telah melakukan pekerjaan itu, kita mungkin masih memiliki bias yang tidak kita sadari saat berdiskusi. Sudah menjadi sifat manusiawi bagi banyak dari kita untuk bersikap defensif saat seseorang menunjukkan kesalahan yang telah kita buat. Ketika Anda mengatakan bahwa seseorang di tim Anda selalu terlambat untuk tenggat waktu, dan orang lain mempertanyakan atau menentang contoh Anda, tarik napas dalam-dalam.

7. Berikan umpan balik tepat waktu yang didasarkan pada fakta dan kinerja kepada anggota tim

Setelah sesi kalibrasi bakat, luangkan waktu untuk mencerna diskusi yang terjadi dan keputusan yang telah dibuat. Apakah anggota tim ini siap untuk promosi? Apakah mereka perlu mengikuti kursus analitik untuk memperkuat keterampilan kuantitatif mereka? Apakah ada peluang yang teridentifikasi, yaitu rotasi berikutnya dalam penjualan?

Tidak menerima masukan yang tepat waktu, berkualitas, dan dapat ditindaklanjuti dari waktu ke waktu dapat berdampak buruk pada karir seseorang. Jadilah pelatih terbaik untuk membantu anggota tim Anda terus fokus pada kekuatan mereka dan menangani area peluang mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper