Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Menjadi Pengusaha dengan Daya Tahan Tinggi

Ketidakpastian selalu menjadi tantangan terbesar bagi wirausaha. Daya tahan menjadi penting bagi wirausaha untuk tetap bertahan.
Ilustrasi entrepreneur
Ilustrasi entrepreneur

Bisnis.com, JAKARTA -- Menjadi seorang pengusaha yang sukses, bukanlah pekerjaan yang muncul dari satu ide, satu orang, dan dalam satu waktu.

Namun, terkadang, terutama di waktu yang tidak pasti, bahkan wirausahawan terbaik kerap lupa bahwa mereka tidak perlu mencoba mencari tahu dan memperbaiki setiap masalah sendirian.

Dalam wawancara dengan lebih dari 200 pengusaha sukses untuk buku pertama Larry Robertson, A Deliberate Pause: Entrepreneurship and its Moment in Human Progress, ada lima elemen menonjol tentang wirausahawan sukses dan apa yang membuat mereka memiliki daya tahan tinggi.

Seperti dikutip dari Inc.com, anggaplah elemen di bawah ini sebagai check list untuk kewirausahaan Anda di masa yang tidak pasti ini:

1. Pengenalan Pola Bisnis

Menjadi pengusaha itu sulit dan memakan banyak waktu. Itulah mengapa salah satu cara terbaik untuk menjadikan pengenalan pola sebagai keunggulan kompetitif yang adalah menjadikannya praktik budaya di tim Anda. Ini bisa jadi tugas sulit, setidaknya pada masa-masa awal, bagi banyak pengusaha.

Selain memberdayakan orang lain untuk memunculkan ide-ide briliannya, pengenalan pola juga dapat memicu pengakuan tentang hal buruk maupun baik yang ditemui. Namun secara keseluruhan, praktik mengenal pola adalah salah satu keterampilan termudah dan terpenting yang dapat dilakukan oleh tim yang sukses.

2. Mengambil Tindakan

Berani mengambil tindakan sangat penting, dan sikap wirausahawan itu sendiri yang memungkinkan atau menghalangi mereka mengambil tindakan. Apakah Anda bertindak sebagai katalisator dengan cara ini? Evaluasi cara Anda memberi insentif kepada tim Anda untuk mengambil tindakan.

Kita berbicara tentang aksi baru di sini, tidak hanya mengikuti perintah. Tentu saja Anda ingin tindakan apa pun memiliki premis dan rencana di belakangnya, tetapi yang pasti keberanian dalam mengambil tindakan adalah hal yang paling penting.

3. Memberi Kesempatan Agar Orang Lain Turut Berpartisipasi

Mendorong orang lain untuk lebih aktif adalah tentang memberi mereka ruang, insentif, dan kekuatan untuk benar-benar memimpin dengan ide-ide mereka sendiri, diambil dari pola yang mereka lihat, dan melalui tindakan mereka sendiri, seringkali tindakan independen. Dibutuhkan banyak orang yang berani, bukan satu atau dua tokoh heroik, untuk menavigasi kegiatan usaha di wilayah ambigu dan memberikan kesuksesan kewirausahaan berulang kali.

4. Penciptaan dan Transfer Nilai

Tidak peduli apa industri atau usaha Anda, Anda harus menciptakan nilai. Pengusaha terbaik tahu bahwa untuk mencapai tujuan itu secara terus-menerus, mereka tidak dapat menciptakan nilai atau menyimpan sebagian besar keuntungan untuk diri mereka sendiri. Mereka harus mentransfer nilai dan kemampuan untuk menciptakan nilai yang lebih besar kepada banyak orang.

5. Ambisi

Waktu yang tidak pasti dapat membatalkan rencana terbaik. Namun kewirausahaan harus mampu menghadapinya, tidak peduli berapa banyak hal yang terus berubah.

Apa yang benar-benar mendorong ambisi Anda? Jika Anda tidak dapat menjawabnya secara konsisten, Anda tidak hanya akan kesulitan untuk memanfaatkan peluang yang berharga.

Ketidakpastian yang selalu menjadi tantangan terbesar bagi wirausaha akan sangat mempengaruhi usaha Anda.

Untuk menjadi seorang wirausaha dengan daya tahan tinggi, perhatikan pola bisnis, berani ambil tindakan, ciptakan nilai dari produk Anda dan pastikan semuanya berjalan dengan tujuan bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper