Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

7 Cara Menghasilkan Uang Selama Pandemi

Ada banyak waktu luang selama pandemi. Daripada bermain medsos dan nonton drama serial, maka gunakan jempol untuk mencari keuntungan.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 05 Oktober 2020  |  12:47 WIB
Ilustrasi - Manajemen waktu - Istimewa
Ilustrasi - Manajemen waktu - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Kita semua tahu bahwa beberapa bulan terakhir ini sangat menyedihkan.

Meskipun Anda tidak pernah mengalami kehilangan tragis pada orang yang Anda cintai atau bisnis Anda, kondisi ekonomi saat ini mungkin masih memengaruhi keuangan Anda.

Akibatnya, beberapa Anda mungkin kesulitan mencari sumber penghasilan baru.

Jika Anda mencari sumber pendapatan agar Anda bertahan sampai keadaan membaik, Anda beruntung. Ada banyak cara untuk menghasilkan uang selama pandemi saat ini.

Jika Anda salah satu dari orang-orang beruntung yang keluar dari situasi ini tanpa cedera, Anda dapat menggunakan uang ekstra untuk membayar hutang atau memasukkan sedikit ke dalam rekening tabungan darurat.

Berikut cara Anda dapat menghasilkan uang ekstra untuk membantu melewati tahun 2020, seperti dikutip melalui Entrepreneur, Senin (5/10/2020).

1. Memanfaatkan bisnis yang didorong oleh iklim saat ini.

Selama awal pandemi, pemilik bisnis yang cerdas beradaptasi dan memutar otak untuk memenuhi permintaan pelanggan baru. Contohnya adalah tempat pembuatan bir dan penyulingan yang menjual pembersih tangan atau produsen pakaian yang memproduksi masker.

Sayangnya, keadaan berubah dengan cepat. Contoh kasus: Ada banyak penyulingan yang sekarang terjebak dengan inventaris pembersih tangan yang tidak terjual. Dan, pasar masker menjadi sangat kompetitif.

Namun, masih ada bisnis laris yang bisa Anda luncurkan. Ini termasuk:

- Layanan kebersihan

- E-Learning

- Hiburan

- Kefarmasian dan alat kesehatan.

- Layanan kesehatan virtual

- Logistik

- Teknologi nirkontak (contactless)

- Layanan keuangan digital

2. Jual beberapa barang yang sudah tidak dibutuhkan.

Menghabiskan waktu di rumah lebih lama dari biasanya membuat beberapa kita tersadar betapa tempat tinggal atau ruang kerja dipenuhi oleh barang-barang yang tidak lagi dibutuhkan.

Simpan barang penting atau yang dapat membantu hidup Anda dan bertahan dalam jangka panjang. Gaya hidup minimalis - yang sedang populer belakangan ini - tidak ada salahnya untuk diaplikasikan di tengah kondisi yang tidak menentu. Di sisi lain, menjual barang yang sudah tidak dibutuhkan dapat memberikan Anda tambahan uang.

3. Cari kerja paruh waktu.

Apakah ini cara paling glamor untuk menghasilkan uang? Tidak juga. Namun, jika Anda perlu menghasilkan uang tambahan, opsi ini layak dipertimbangkan.

Baik itu bekerja toko grosir lokal atau toko jaringan nasional, toko-toko ini masih membutuhkan orang untuk mengisi raknya dengan barang.

Anda bahkan dapat bekerja di balik register atau mengirimkan barang ke pelanggan.

Terlepas dari apa tanggung jawab Anda, pekerjaan paruh waktu fleksibel dan merupakan cara yang terjamin untuk menghasilkan uang dalam beberapa pekan ke depan.

4. Tawarkan layanan pengasuhan anak.

Para orang tua sedang dalam kesulitan sekarang. Mereka harus bekerja, tetapi anak-anak mereka mungkin masih ada di rumah. Di situlah Anda bisa masuk dan menyelamatkan hari dengan menyediakan layanan penitipan anak. Anda memiliki beberapa opsi berbeda untuk melakukannya.

Pertama Anda akan mengubah rumah Anda menjadi tempat penitipan anak. Jika Anda memutuskan untuk melakukan ini, pastikan Anda mendapatkan asuransi dan persyaratan perizinan yang tepat. Namun, jika Anda hanya mengawasi beberapa anak, Anda mungkin dapat melewati ini.

Pilihan kedua Anda adalah pergi ke rumah orang lain. Misalnya, Anda bisa mengawasi dan membimbing anak-anak saat orang tua mereka bekerja di ruangan lain selama work from home.

5. Menjalankan tugas untuk orang lain.

Beberapa orang mungkin sudah merasa takut keluar dari rumah akhir-akhir ini. Kamu tahu. Lebih baik aman daripada menyesal.

Tapi, kita tetap membutuhkan barang-barang penting seperti makanan. Saat itulah individu yang pandai dapat meraup untung. Ini adalah ide yang bagus jika kesibukan Anda sebagai pengemudi ride-sharing app menurun drastis.

Anda bisa mengantarkan pizza atau bergabung dengan jasa layanan. Anda bahkan dapat menawarkan layanan seperti mengambil dan mengantarkan dry cleaning atau menjadi pembelanja pribadi seseorang. Jika dilakukan dengan benar, Anda dapat dengan mudah menghasilkan beberapa juta Rupiah setiap bulan. 

6. Optimalkan pengeluaran rutin Anda.

Anda mungkin memiliki waktu ekstra di tangan Anda hari ini. Alih-alih memutar-mutar jempol atau menonton serial TV, gunakan ini untuk keuntungan Anda.

Dalam kasus ini, kita mengacu pada mengatur kembali anggaran Anda. Meskipun ini bukan cara untuk menghasilkan uang, ini adalah penghasilan pasif. Bagaimanapun, Anda dapat melihat di mana Anda membuang-buang uang hasil jerih payah Anda. Jika Anda melakukannya, Anda dapat membatalkan langganan atau keanggotaan yang saat ini tidak diperlukan.

7. Investasi dengan bijak.

Anda mungkin ragu untuk mempertimbangkan ini. Pada kenyataannya pasar saham bergejolak. Tapi, Anda masih bisa berinvestasi dengan aman: Obligasi, misalnya, memberi Anda bantalan terhadap saham.

Mereka juga dapat memberikan aliran pendapatan tambahan. Hal yang sama berlaku untuk reksa dana. Saat ini, disarankan agar Anda menghindari obligasi jangka panjang untuk mengurangi risiko kehilangan uang akibat inflasi.

Anda juga masih bisa berinvestasi di saham. Secara khusus, saham konservatif yang membayar dividen yang dapat diandalkan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kiat manajemen tips keuangan Virus Corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top