Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Manfaat Terlibat Tangani Keuangan Perusahaan

Saat Anda terlibat menangani keuangan, maka Anda bisa mengatasi pengeluaran yang berlebihan.
Tips Keuangan. /Bisnis.com
Tips Keuangan. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Sebagai seorang pengusaha, Anda memulai bisnis baru dengan harapan dan impian. Anda memelihara bisnis yang dirintis dengan target sukses, tujuan yang luhur dan Anda melakukan segala yang dapat dilakukan untuk mencapainya.

Tapi tahukah Anda tentang nilai bisnis Anda? Karena bisnis adalah tentang angka. Lebih tepatnya, apakah Anda sudah mempertimbangkan apa yang terjadi ketika Anda membuat keputusan bisnis tanpa mengetahui bagaimana hal itu akan berdampak pada keuntungan Anda?

Jangan berbisnis tanpa pengetahuan apapun terkait perencanaan bisnis dan kondisi industri. Anda perlu memahami bagaimana keputusan Anda memengaruhi profitabilitas bisnis Anda.

Alasan pengusaha masuk ke dunia bisnis adalah untuk menghasilkan uang, jadi jika Anda tidak memonitor uang yang Anda hasilkan, atau bahkan tahu apakah bisnis Anda menghasilkan keuntungan, itu mengalahkan tujuan berbisnis.

Berikut empat alasan mengapa Anda perlu membiasakan diri dengan keuangan perusahaan, seperti dikutip melalui Entrepreneur, Rabu (7/10/2020).

1. Anda dapat membuat rencana keuangan.

Memiliki rencana keuangan penting sebagai arahan bisnis Anda. Anda dapat menetapkan tujuan seperti target pendapatan dan memantau kemajuan Anda terhadap tujuan tersebut sepanjang tahun. Anda juga dapat menetapkan sasaran margin keuntungan untuk memastikan profitabilitas bisnis Anda. Perencanaan dilakukan untuk memastikan biaya dalam bisnis tidak terlalu membengkak sehingga Anda tidak menghasilkan keuntungan apa pun.

2. Anda dapat mengidentifikasi masalah sebelum menjadi masalah yang lebih besar.

Ketika Anda memantau bisnis Anda sepanjang tahun, Anda dapat melihat pembentukan masalah yang berpotensi menjadi masalah yang lebih besar dan menghabiskan banyak uang.

Namun, karena Anda memantau keuangan bisnis dan paham dengan kondisinya, Anda dapat melihat masalah ini sebelum menyedot anggaran lebih besar dan membuat penyesuaian. Perencanaan dan identifikasi masalah yang tepat dapat menghemat banyak uang karena Anda mencegah terjadinya kerugian finansial.

3. Anda dapat memahami bagaimana setiap keputusan yang dibuat sebagai pemilik bisnis memengaruhi keuntungan Anda.

Karena Anda memahami kondisi keuangan bisnis Anda, Anda akan memiliki pemahaman yang kuat tentang bagaimana keputusan bisnis akan mempengaruhi profitabilitas Anda. Anda dapat membuat keputusan bisnis dengan denga percaya diri dan mengetahui bahwa keputusan ini akan meningkatkan garis laba dalam bisnis Anda.

4. Anda bisa bertahan dalam bisnis untuk jangka panjang.

Salah satu alasan utama bisnis tutup adalah karena kurangnya profitabilitas. Jangan biarkan itu menjadi masalah yang harus Anda hadapi.

Ketika Anda adalah CEO untuk bisnis yang baru Anda rintis, kemungkinan besar ada banyak peran yang harus diemban dalam satu waktu tanpa bantuan profesional. Tugas sebagai manajer penjualan, pemasar, manajer operasi, hubungan pelanggan hingga manajer keuangan termasuk dalam peran tersebut.

Berinvestasi dalam keterampilan ini sekarang tidak hanya akan membuahkan hasil pada saat yang sama tetapi juga akan membawa bisnis Anda ke tahap pertumbuhan.

Bahkan nanti ketika Anda mampu menyewa bantuan keuangan, Anda tetap perlu selalu perlu terlibat dalam keuangan dan pengambilan keputusan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper