Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ewindo Curi Peluang di Tengah Tren Berkebun

Salah satu hal positif yang sedang menjadi tren di masyarakat adalah berkebun dengan menanam sayuran di pekarangan rumah, balkon, maupun di rooftop, bahkan tidak sedikit dari mereka yang berlomba-lomba memamerkan tanaman miliknya di media sosial.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 21 Oktober 2020  |  16:39 WIB
Ewindo Curi Peluang di Tengah Tren Berkebun
Peluncuran produk Ewindo
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Aturan pembatasan sosial dan Work From Home (WFH) yang diberlakukan di masa pandemi membuat masyarakat terbiasa menghabiskan waktunya dengan mengerjakan hal-hal positif dari rumah.

Salah satu hal positif yang sedang menjadi tren di masyarakat adalah berkebun dengan menanam sayuran di pekarangan rumah, balkon, maupun di rooftop, bahkan tidak sedikit dari mereka yang berlomba-lomba memamerkan tanaman miliknya di media sosial.

Merespon tingginya antusiasme masyarakat dalam berkebun di pekarangan rumah, PT East West Seed Indonesia (EWINDO) sebagai produsen benih sayuran Cap Panah Merah meluncurkan produk Microgreens Kit “Sayursupermini” yang sangat memudahkan masyarakat menanam sayuran di pekarangan rumah.

Managing Director EWINDO, Glenn Pardede, mengatakan, peluncuran Microgreens Kit “Sayursupermini” sebagai bentuk dukungan EWINDO terhadap tren bercocok tanam yang sedang berkembang di masyarakat di tengah pandemi sekaligus memperkenalkan budidaya microgreens yang salah satu kelebihannya adalah waktu panen sayuran yang sangat singkat. Prakteknya pun sangat mudah sehingga bisa dilakukan oleh para new experiencers yang gemar mencoba hal baru terkait kegiatan berkebun.

“Dengan adanya produk ini, diharapkan dapat membantu masyarakat mendapatkan sumber pangan berkualitas dengan kandungan nutrisi yang tinggi sehingga mampu mendorong peningkatan konsumsi sayuran dan mendukung ketahanan pangan nasional,” ujar Glenn Pardede dalam webinar peluncuran produk terbarunya itu.

Microgreens Kit “Sayursupermini” terdiri dari lima varietas pilihan yakni MG-Bayam Hijau, MG-Bayam Merah, MG-Timun, MG-Kangkung dan MG-Sawi. Untuk penjualan di tahun pertamanya, EWINDO menargetkan mampu menjual sebanyak 20.000 Microgreens Kit di tahun 2021 dengan target wilayah pemasaran ke seluruh Indonesia memanfaatkan penjualan secara offline di beberapa toko retail modern dan penjualan online di official store Cap Panah Merah di Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada dan Blibli.

Dia menjelaskan budidaya microgreens sangat mudah dan memiliki kelebihan antara lain tidak memerlukan ruangan yang luas, peralatan yang digunakan pun sangat sederhana terlebih dengan adanya Microgreens Kit “Sayursupermini” yang isinya dilengkapi dengan benih berkualitas, media tanam berupa cocopeat yang sudah disterilkan, alat bantu siram (sprayer), wadah untuk menanam, informasi penting dan menarik mengenai microgreens dan panduan penanaman.

Selain itu, teknik budidaya ini juga tidak membutuhkan suplai nutrisi tambahan dari luar seperti pupuk kimia dan pestisida, hanya dengan memanfaatkan kandungan nutrisi alami pada benih dan media tanam. Untuk menikmati hasil panen dari microgreens ini tidak membutuhkan waktu lama yakni hanya butuh 9 -14 hari saja dengan tinggi sekitar 3-5 cm. Microgreens juga mempunyai kandungan nutrisi 9 kali lebih tinggi dari sayuran dewasa.

“Kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi makanan bergizi di tengah pandemi terus meningkat untuk menjaga sistem imunitas tubuh agar terhindar dari paparan Covid-19. Untuk terus memenuhi kebutuhan tersebut, EWINDO kedepannya akan terus meningkatkan produksi dan menambah jenis varietas microgreens yang sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia, baik dari segi cita rasa maupun budidaya,” tutup Glenn Pardede.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perkebunan bibit
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top