Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Grab Gelar Bazar Daring Khusus UMKM di 14 Kota

Neneng menjelaskan bazar daring yang digelar pihaknya akan melibatkan 52.000 mitra merchant UMKM GrabFood, GrabMart, GrabExpress dan GrabKios di 14 kota Indonesia.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 26 Oktober 2020  |  15:26 WIB
Peluncuran program Grab TerusUsaha untuk UMKM di Kota Palembang. istimewa
Peluncuran program Grab TerusUsaha untuk UMKM di Kota Palembang. istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Grab menggelar bazar daring yang akan memberikan promosi khusus bagi 52.000 mitra usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) GrabFood, GrabMart, GrabExpress dan GrabKios di 14 kota.

Adapun, beberapa kota tersebut antara lain di Jakarta, Surabaya, Bali, Bandung, dan Makassar. Acara ini digelar mulai 26-28 Oktober 2020.

Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi kembali menekankan komitmen Grab untuk UMKM Indonesia bazar daring yang sejalan dengan misi GrabForGood untuk memastikan lebih banyak orang dapat menikmati manfaat dari ekonomi digital.

Sejauh ini, Grab telah menghadirkan puluhan solusi digitalisasi di Tanah Air yang bekerja sama dengan 30 pemerintah pusat dan daerah yang mendapat respon positif dari berbagai pihak.

"Hari ini kami bangga bisa meluncurkan 3 solusi baru untuk terus membantu UMKM beradaptasi dan dapat memasarkan produk mereka dengan lebih efektif dan mudah. Saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia saling dukung agar kita semua bisa #TerusUsaha dalam berbagai situasi,” katanya melalui keterangan resmi yang diterima oleh Bisnis pada Senin (26/10/2020).

Neneng menjelaskan bazar daring yang digelar pihaknya akan melibatkan 52.000 mitra merchant UMKM GrabFood, GrabMart, GrabExpress dan GrabKios di 14 kota Indonesia.

Grab menyediakan laman khusus #TerusUsaha dengan banner digital pada aplikasi Grab dan portal www.grabforgood.id yang dapat diklik untuk melihat puluhan ribu produk UMKM, berbelanja dan menikmati promo, paket, dan beragam penawaran khusus mulai 26 hingga 28 Oktober 2020.

Daftar UMKM dalam aplikasi Grab pelanggan akan disesuaikan berdasarkan lokasi. Dengan menggunakan kode promo “TERUSUSAHA”, pelanggan dapat menikmati potongan harga pada mitra UMKM.

Untuk GrabFood, potongan mencapai 50 persen, potongan 20 persen untuk GrabMart, dan potongan harga pengiriman hingga 90 persen menggunakan GrabExpress.

Selain menggelar bazar daring, Neneng mengungkapkan pihaknya juga menawarkan pembuatan iklan mandiri untuk Mitra Merchant GrabFood: GrabAds Ad Manager membantu mitra mengelola iklan untuk ditampilkan di dalam aplikasi Grab hanya dalam waktu tiga menit.

Melalui aplikasi GrabMerchant, mitra merchant dapat membuat iklan tanpa harus menyewa desainer dengan menggunakan serangkaian fitur yang tersedia.

"Dengan 3 langkah mudah yakni memilih tipe iklan, memilih target pengguna, dan mengatur anggaran dan periode pemasangan iklan, mitra merchant juga dapat memilih tipe iklan yang diinginkan yakni Banner Ad yang dapat digunakan untuk meningkatkan visibilitas toko virtual melalui penempatan banner di bagian atas halaman muka layanan GrabFood atau Search Ad untuk menjangkau pelanggan yang mencari makanan dalam daftar menu dengan menempatkan toko virtual mitra merchant tersebut pada urutan teratas halaman pencarian," tuturnya.

Neneng menambahkan dengan harga terjangkau mulai Rp57.000 per hari, iklan yang dikelola mitra penjual hanya ditampilkan dalam radius pengantaran.

Mitra merchant hanya akan ditagihkan biaya iklan apabila pelanggan Grab mengklik iklan tersebut untuk mengakses menu. Selain itu, mitra merchant dapat memonitor performa iklan lewat laporan yang mudah dimengerti.

Grab juga menyiapkan Klub Juragan GrabExpress untuk para mitra berkomunikasi, mengikuti kelas pelatihan atau seminar, dan mendapatkan informasi terkait layanan kurir instan GrabExpress. Juga tersedia banyak promo menarik bagi peserta klub ini melalui akun Instagram @KlubJuraganGrabExpress

"Akun Instagram @GrabMerchantID khusus untuk mitra dan calon mitra merchant GrabFood dan GrabMart mendapatkan informasi terkait digitalisasi bisnis bersama Grab. Terdapat banyak tips dan informasi menarik yang bisa membantu merchant UMKM mengembangkan bisnis.

1001 Tips #TerusUsaha yang memberikan berbagai tips bermanfaat bagi UMKM, termasuk pengelolaan media sosial, fotografi, kemasan, dan masih banyak lagi! Hadir tiap minggu di Instagram dan YouTube channel Grab Indonesia," tutup Neneng.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm grab indonesia
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top