Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Simak Tip Investasi Mark Cuban yang Sempurna untuk Pengusaha

Untuk mengadopsi elemen strategi investasi ala miliarder bagi diri sendiri, inilah saatnya menerapkan keuntungan pengetahuan, seperti yang disebut Mark Cuban.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 28 Oktober 2020  |  11:38 WIB
Mark Cuban memiliki pengetahuan yang dapat dimanfaatkan untuk membantu mengembangkan bisnis. - Fox
Mark Cuban memiliki pengetahuan yang dapat dimanfaatkan untuk membantu mengembangkan bisnis. - Fox

Bisnis.com, JAKARTA -- Tidak yakin bagaimana cara menginvestasikan uang Anda saat ini? Miliarder Mark Cuban memiliki nasihat yang akan mendorong Anda ke arah yang benar.

Pengusaha dan pemilik Dallas Mavericks ini telah berinvestasi di lebih dari 80 perusahaan melalui acara televisi yang disiarkan ABC, Shark Tank, dan memiliki kekayaan bersih US$4,3 miliar. Cuban telah mencapai sebagian besar kekayaannya tanpa bergantung pada pasang surut pasar saham.

Seperti yang dicerminkan Cuban dalam blog pribadinya dari tahun 2007, dia bangkrut pada usia 24 tahun dan berhasil menjadi multijutawan pada usia 32 tahun dari penjualan perusahaan pertamanya. Pada usia 37, dia adalah seorang miliarder. Apa yang menyebabkan kekayaannya meningkat pesat dan terus sukses?

Untuk mengadopsi elemen strategi investasi ala miliarder untuk diri Anda sendiri, inilah saatnya menerapkan apa yang disebut Cuban sebagai "keuntungan pengetahuan".

Dilansir melalui Entrepreneur, Rabu (28/10/2020), bidang keahlian dan minat Mark Cuban termasuk teknologi, media, dan olahraga; sebelum aktif di Shark Tank, tiga akuisisinya yang paling terkenal semuanya terkait dengan membangun bisnis di satu atau lebih bidang ini.

Setelah dipecat dari pekerjaannya sebagai penjual komputer, Cuban memulai MicroSolutions, sebuah perusahaan yang berfokus pada penjualan kembali perangkat lunak dan integrasi sistem.

Keterampilan menjual teknologinya membawa perusahaan itu memperoleh pendapatan US$30 juta per tahun selama tujuh tahun sebelum diakuisisi, menjadikan Cuban seorang jutawan pada usia 32 tahun.

Cuban kemudian mengawinkan pengetahuannya tentang teknologi dan media dengan kecintaannya pada olahraga, mendirikan jaringan radio olahraga yang kemudian berkembang menjadi Broadcast.com.

Pada tahun 1999, perusahaan dengan 330 karyawan itu diakuisisi senilai US$5,7 miliar, sekitar 57 kali pendapatan tahunan perusahaan pada saat itu.

Kemudian pada tahun 2000, Cuban melakukan pembelian saham mayoritas di Dallas Mavericks seharga US$285 juta.

Karena Cuban tahu olahraga, dia mengantisipasi tim itu diremehkan. Di bawah kepemilikan dan keahlian Cuban, waralaba tersebut sekarang bernilai lebih dari US$2,3 miliar.

Apa benang merah di seluruh akuisisi ini? Sederhana: Cuban memiliki keuntungan pengetahuan yang dapat dia manfaatkan untuk membantu mengembangkan bisnis.

Peluang untuk memulai atau berinvestasi di perusahaan tidak pernah sebesar ini.

Baik Anda berencana melakukan bisnis sampingan, membeli model waralaba unggul, atau melakukan investasi kecil untuk meningkatkan bakat melalui platform crowdfunding, ciptakan keunggulan kompetitif dengan mengambil apa yang sudah Anda ketahui dan sukai, serta manfaatkan jaminan intelektual ini.

Belum memiliki pengalaman puluhan tahun di industri tertentu? Anda tetap bisa bergerak di sebuah industri dengan memprioritaskan asimilasi informasi baru secara teratur. Berikut adalah beberapa tip untuk memulai upaya belajar Anda yang menguntungkan.

- Membaca dan menyerap informasi dengan lahap. Anda tidak tahu apa yang tidak Anda ketahui, dan seperti yang ditunjukkan Cuban, hanya perlu satu fokus wawasan untuk membawa diri Anda dan bisnis Anda ke tingkat yang benar-benar baru. Prioritaskan untuk menyerap informasi baru secara teratur.

- Pilih materi yang menantang otak Anda. Sebuah studi Universitas Ghent menemukan bahwa mempelajari informasi baru yang kompleks, seperti bahasa asing, memperlambat timbulnya penyakit Alzheimer secara signifikan lebih dari kelompok kontrol. Pemecahan masalah yang kompleks baik untuk dilakukan karena akan membangun ketahanan mental, yang pada akhirnya Anda perlukan sebagai seorang pengusaha.

- Tetap up-to-date tentang tren industri. Saat pasar berkembang dan bergeser, peluang baru untuk solusi bisnis muncul setiap hari. Ini bukan hanya tentang apa yang Anda ketahui – tetapi kapan Anda mengetahuinya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis daftar miliarder tokoh bisnis
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top