Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Axton Salim, Putra Mahkota Salim Group yang Selalu Tampil Beda

Beberapa waktu lalu, video Axton menyantap produk baru Pop Mie dengan nasi menjadi viral di sosial media. Konten sederhana dengan ide pemasaran yang tidak biasa itu ternyata berhasil menyita perhatian netizen dan tentunya menjaga brand tetap relevan.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 06 November 2020  |  16:07 WIB
Axton Salim
Axton Salim

Bisnis.com, JAKARTA - Sebelumnya mungkin belum banyak orang yang kenal dengan figur Axton Salim. Dia merupakan generasi ketiga pewaris tahta Indofood yang sekarang menjabat sebagai direktur di PT Indofood Sukses Makmur Tbk.

Beberapa waktu lalu, video Axton menyantap produk baru Pop Mie dengan nasi menjadi viral di sosial media. Konten sederhana dengan ide pemasaran yang tidak biasa itu ternyata berhasil menyita perhatian netizen dan tentunya menjaga brand tetap relevan.

Di balik latar belakang keluarga dan status konglomerat, gaya eksperimental dan kepemimpinannya Axton yang santai membuat banyak orang menaruh perhatian terhadap dirinya.

Personanya yang kadang 'receh' dan kocak di sosial media disambut baik oleh netizen, apalagi sekarang publik lebih tertarik dan bersimpati dengan image seseorang yang down to earth dan tidak menjadikan status tinggi sebagai identitas.

Dilansir melalui berbagai sumber, berikut sejumlah fakta tentang Axton Salim.

1. Generasi Penerus Kerajaan Indofood

Putra dari Anthony Salim, dan cucu Liem Sioe Liong atau yang dikenal dengan nama Sudono Salim, ini menjadi Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) sejak 2009.

Lulusan University of Colorado, Amerika Serikat, ini memang sudah disiapkan untuk menggantikan posisi sang Ayah, namun prosesnya tidak instan. Setelah lulus dari jurusan Science Business Administration, Axton pergi ke Singapura untuk bekerja di Credit Suisse.

Baru pada 2004 dia bergabung dengan Salim Group. Karirnya di perusahaan keluarga ini dimulai dari PT Indofood Fritolay Makmur sebagai Marketing Manager. Tidak lama kemudian, dia dipromosikan menjadi asisten CEO di PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.

Pada 2009, Axton Salim naik jabatan dan resmi jadi direktur di PT Indofood CBP Sukses Makmur. Di usianya yang ke-30, Axton juga tercatat menjabat direktur di beberapa anak perusahaan lain Salim Group.

Dia juga tercatat sebagai direktur non-eksekutif di Indofood Agri Resources sejak tahun 2007 dan komisaris di PT Salim Ivomas Pratama Tbk pada periode yang sama dan sederet posisi direksi di anak perusahaan di antaranya PT Indolakto and Pascari Pte Ltd, dan PT Indofood Asahi Sukses Beverage.

Axton juga merupakan komisaris di PT Salim Ivomas Pratama Tbk, PT Perusahaan Perkebunan London Sumatra Indonesia Tbk dan PT Nestlé Indofood Citarasa Indonesia.

Adapun, jabatan lain yang pernah dia emban sebelum menguasai Salim Group adalah direktur non-eksekutif Gallant Venture Ltd., eksekutif di Scaling Up Nutrition (SUN) Business Advisory Group dan Art Photography Centre Ltd.

2. Investasi di Sektor Digital

Selain meneruskan dinasti perusahaan keluarga, Axton merambah peluangnya di sektor digital dengan membuka bisnis startup.

Sejak 2017, Axton adalah inisiator untuk startup Block71, sebuah fasilitas inkubator dari kerja sama antara Salim Group dengan National University of Singapore (NUS) Enterprise, yang menghubungkan pelaku startup Indonesia dan Singapura.

Wadah ini juga bertujuan untuk membawa pasar Indonesia ke mancanegara. Apalagi sekarang Block71 juga sudah membuka kantor di San Fransisco, AS.

Investasi Salim Group di sektor digital dilanjutkan dengan startup Popbox Asia Services di Singapura yang menyediakan jasa sewa loker serta layana pengiriman, penerima dan pengembalian barang.

3. Berkepribadian Santai

Dibandingkan dengan eksekutif atau konglomerat lain di Indonesia, Axton menunjukkan sikap santai dan kocak di hadapan publik.

Ditambah lagi dengan social presence yang sederhana, dia tampilkan melalui akun instagramnya membuat banyak orang merasa lebih relate dengan Axton, bukan hanya sebagai bos Indomie, netizen menyebutnya.

Axton paham dengan apa yang sedang menjadi tren dikalangan pengguna sosial media sehingga konten yang dia bagikan, baik itu yang bersifat iklan maupun pendapat pribadinya, sering kali disambut dengan engagement yang tinggi.

Dari beberapa postingannya juga memperlihatkan gaya kepemimpinan Axton yang santai ketika sedang di kantor. Sesekali dia bahkan membuat video TikTok bersama dengan beberapa karyawan di perusahaannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

konglomerat indofood grup salim tokoh bisnis Axton Salim
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top