Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Alasan Bisnis Franchise Menjadi Lebih Penting Saat Ini

Bisnis waralaba memiliki keuntungan dalam menyediakan sistem perusahaan yang sukses dan tidak dibiarkan sendiri.
Ilustrasi/Stansburylegal
Ilustrasi/Stansburylegal

Bisnis.com, JAKARTA - Pertumbuhan usaha waralaba di Indonesia diperkirakan mencapai 20 persen pada 2020 jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Sejumlah kebijakan baru yang memudahkan pelaksanaan bisnis waralaba juga diperkirakan dapat mendorong pertumbuhan. Meskipun Covid-19 mungkin telah mengubah prediksi itu, ada berita bagus tentang waralaba, bahkan di tengah kondisi krisis ekonomi atau kesehatan.

Banyak merek waralaba yang bahkan berkembang pesat, bergantung pada industrinya.

Dilansir melalui Forbes, ada banyak alasan mengapa waralaba menjadi lebih penting di tahun 2021 dibandingkan sebelumnya bagi penerima waralaba (franchisee) kepada pemberi waralaba (franchisor).

1. Merek waralaba yang sukses menciptakan lapangan kerja

Sementara beberapa pewaralaba harus mengurangi tenaga kerja mereka, banyak yang dianggap bisnis penting, dan mampu tetap terbuka, tetap menguntungkan, dan bahkan memperluas dan mempekerjakan lebih banyak pekerja. Dan, karena waralaba memiliki sistem bisnis yang stabil serta produk atau layanan yang konsisten, kemungkinan besar akan terus menarik pelanggan.

2. Pemilik bisnis waralaba menjalankan bisnis untuk diri mereka sendiri, tetapi tidak sendiri

Bisnis waralaba memiliki keuntungan dalam menyediakan pewaralaba sistem perusahaan yang sukses dan tidak dibiarkan sendiri untuk mencari tahu apa yang harus dilakukan atas dasar coba-coba. Mereka memiliki struktur dan sistem pendukung yang terbukti berhasil, membuat waralaba jauh lebih tidak berisiko daripada usaha do-it-yourself.

3. Selama krisis keuangan atau krisis lainnya, penerima waralaba tidak sendirian

Menjadi bagian dari merek waralaba memberi pewaralaba tim yang solid yang dapat mereka andalkan, berbagi praktik terbaik dan teknik bisnis untuk lebih sering menghadapi perubahan ekonomi atau sosial yang tidak terduga dengan lebih baik daripada pemilik bisnis independen. Inilah kekuatan jaringan kewirausahaan yang sukses.

4. Penerima waralaba mendapatkan keuntungan dari biaya yang lebih rendah melalui pembelian jumlah besar

Kekuatan membeli inventaris melalui jaringan yang lebih besar membantu pewaralaba dengan lebih banyak peluang untuk menekan biaya. Dan, selama krisis apapun, hal ini dapat membuat perbedaan besar dalam kemampuan untuk tetap kompetitif. Penerima waralaba seringkali juga mendapatkan keuntungan dari teknologi dan perangkat lunak baru yang disediakan oleh merek waralaba untuk melacak pembelian dan pemesanan mereka dengan lebih efektif.

5. Menjadi bagian dari merek waralaba nasional yang mendatangkan pengakuan

Bahkan di masa-masa sulit, merek terkenal memiliki keunggulan dalam menarik pelanggan. Merek waralaba dikenal karena konsistensi dan kualitasnya, dan itu menghasilkan kepercayaan nasional dan lokal terhadap produk atau layanan.

Penerima waralaba yang sukses tahu bahwa meskipun mereka mendapat dukungan dari merek nasional, memiliki bisnis adalah kerja keras dan menuntut semangat kewirausahaan.

Bahkan dengan masalah dan perjuangan yang terkait dengan Covid-19, dan pasang surut yang kita semua hadapi memasuki tahun 2021, waralaba mungkin masih merupakan bisnis yang bagus untuk dikejar, menawarkan lebih banyak manfaat bagi pemilik bisnis baru selama masa-masa sulit daripada pilihan wirausaha lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper