Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ingin Sukses? Tirulah 5 Sikap Para Tokoh Inspiratif Ini

Beberapa dari yang paling penting dapat diidentifikasi melalui orang-orang berprestasi tinggi yang benar-benar berhasil mencapai puncak, menjadi orang yang tidak hanya memiliki kekayaan berlimpah tetapi juga dikagumi.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 26 November 2020  |  12:02 WIB
Pendiri dan CEO Amazon.com Inc. Jeff Bezos - Bloomberg
Pendiri dan CEO Amazon.com Inc. Jeff Bezos - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Apa yang dibutuhkan agar tidak hanya kaya tetapi juga sangat dikagumi oleh publik?

Sebagai permulaan, ada beberapa ciri dan karakteristik unik yang perlu Anda kuasai.

Beberapa dari yang paling penting dapat diidentifikasi melalui orang-orang berprestasi tinggi yang benar-benar berhasil mencapai puncak, menjadi orang yang tidak hanya memiliki kekayaan berlimpah tetapi juga dikagumi.

Dilansir melalui CNBC, berikut ini hanya beberapa dari pengusaha di atas rata-rata dan kepribadian unik mereka, mulai dari pendiri Amazon Jeff Bezos, maestro media Oprah Winfrey hingga CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett.

1. Jangan pernah berhenti meningkatkan ekspektasi

Untuk mencapai puncak, Anda harus terus berkembang dan berinovasi. Katakanlah Anda telah mencapai semua tujuan Anda tahun ini. Apakah Anda akan mempertahankan tujuan tersebut untuk tahun depan? Tidak.

Begitulah cara pikiran Bezos bekerja. Dia selalu memikirkan hal besar berikutnya. Misalnya, bagaimana model layanan pelanggan yang sukses bisa menjadi lebih sukses? Lagi pula, pelanggan tidak akan pernah merasa puas.

"Itu sifat manusia. Kami tidak begitu saja sukses dengan merasa puas," tulis Bezos dalam surat pemegang saham tahunan Amazon 2017.

“Orang-orang memiliki keinginan besar untuk mendapatkan cara yang lebih baik, dan apa yang menakjubkan kemarin dengan cepat menjadi hal biasa hari ini. [..] Anda tidak bisa berpuas diri di dunia ini.”

2. Jangan biarkan penentang menahan Anda

Setiap orang memiliki ide jutaan dolar. Tapi butuh keberanian untuk maju dengan ide-ide itu, terutama ketika ada orang yang menghadang jalan Anda. Itulah yang terjadi pada pendiri Spanx Sara Blakely, ketika dia memiliki ide untuk menciptakan footless pantyhose.

“Mereka mengatakan hal-hal seperti, 'Jika itu ide yang bagus, mengapa tidak ada orang lain yang memikirkannya?" tulis Blakely dalam postingan LinkedIn tahun 2019.

Meskipun Blakely tidak pernah mengambil kelas desain bisnis atau pakaian dalam hidupnya, dia percaya pada idenya. Dia tahu kegagalan adalah sebuah kemungkinan, tetapi itu adalah hal yang baik dia tidak membiarkan orang-orang yang tidak setuju itu mematahkan semangatnya. Spanx, yang didirikan pada 2000, sekarang menjadi bisnis bernilai miliaran dolar.

3. Tingkatkan keterampilan berbicara di depan umum

Tidak ada orang yang terlahir dengan keterampilan komunikasi yang baik. Sama seperti belajar mengendarai mobil, kemampuan berbicara dengan percaya diri dan jelas di depan umum membutuhkan latihan.

Setelah lulus, Warren Buffett mendaftar untuk kursus berbicara di depan umum di Dale Carnegie. Tumbuh dengan ketakutan berbicara di depan umum, dia tahu bahwa dia perlu mengatasi ketakutannya untuk menjadi sukses.

“Kursus US$100 itu memberi saya gelar paling penting yang saya miliki,” tambahnya. “Ini jelas memiliki dampak terbesar dalam hal kesuksesan saya selanjutnya.”

4. Tetap fokus dan jangan menunda-nunda pekerjaan

Kita hidup di dunia yang penuh distraksi. Dan meskipun penting untuk memprioritaskan keseimbangan kehidupan kerja, orang terkaya pun tidak menjadi kaya dengan bersikap santai dan menunda pekerjaan

Selama wawancara dengan saudaranya Mark di Summit Series di Los Angeles, Bezos mengungkapkan bagaimana dia mempertahankan fokusnya dengan hanya menangani satu hal pada satu waktu.

“Saya tidak suka melakukan banyak hal. Jika saya membaca email saya, saya tidak akan melakukannya bersamaan dengan hal lain," ujar Bezos.

Elon Musk termasuk dalam kategori fokus yang sama. Seorang teman kuliah Musk, Navaid Farooq, menyebut CEO Tesla itu sebagai orang yang "intens" dan "ngotot."

“Ketika Elon terlibat dalam sesuatu, dia mengembangkan tingkat minat yang berbeda ini daripada orang lain,” kata Farooq, menurut buku “Elon Musk: Tesla, SpaceX, dan Quest for a Fantastic Future,” oleh Ashlee Vance.

"Inilah yang membedakan Elon dari umat manusia lainnya."

5. Terobsesi dengan membaca buku

Apa yang Anda lakukan dengan waktu luang Anda berdampak besar pada kesuksesan Anda, dan salah satu cara terbaik untuk menghabiskan waktu di luar jam kerja Anda adalah dengan menyerap pengetahuan - bahkan tentang topik di luar karier Anda - melalui buku.

“Tidak ada, tidak satu pun benda atau aktivitas, yang dapat menggantikan pengalaman membaca yang baik - dibawa ke negeri lain, alam lain, melalui kata-kata dan bahasa,” tulis Oprah Winfrey dalam sebuah artikel di situsnya.

Sang maestro media juga membagikan kebiasaan membacanya kepada dunia melalui klub bukunya yang populer.

Beberapa pengusaha juga memuji keberhasilan mereka berkat membaca.

Buffett menghabiskan lima hingga enam jam sehari untuk membaca koran dan laporan perusahaan. Bill Gates membaca 50 buku per tahun. Dan Mark Cuban mengatakan dia membaca lebih dari tiga jam hampir setiap hari.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

warren buffett jeff bezos tokoh bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top