Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Membuat Resume Keren Saat Perekrutan Kerja Online

Setiap pekerjaan memiliki tuntutan dan persyaratan yang berbeda. Jadi, menyesuaikannya peran pekerjaan yang berbeda adalah hal penting untuk dilakukan.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 27 November 2020  |  10:50 WIB
Ilustrasi - Popsugar
Ilustrasi - Popsugar

Bisnis.com, JAKARTA - Membuat daftar riwayat hidup atau resume untuk melamar pekerjaan saat ini terbilang menantang. Banyak perusahaan maupun industri mencari kandidat yang memiliki resume dan profil pencalonan yang mengesankan.

Resume yang mengesankan adalah penggabungan nilai, kualitas, pengalaman kerja, dan keterampilan yang diperlukan secara kreatif dan dibangun dengan cermat. Untuk mengatasi situasi saat ini dan menjadi produktif dalam pekerjaan jarak jauh, perusahaan menginginkan kandidat yang cocok untuk pekerjaan itu.

Tak perlu khawatir, melansir Times of India, Jumat (27/11/2020), berikut adalah beberapa cara untuk membuat resume selama perekrutan kerja jarak jauh:

1. Tingkatkan koneksi

Meskipun Anda tidak memiliki akses ke perusahaan untuk memulai, selalu ada cara lain. Percakapan santai selama 15-20 menit dengan seseorang dalam pekerjaan yang Anda minati, bisa sangat informatif dan Anda bisa mendapatkan pengetahuan dari data yang baru saja Anda dapatkan.

2. Ikuti kursus

Ikuti kursus sebanyak mungkin. Platform digital memberi Anda banyak kesempatan untuk belajar secara teoritis dan praktis. Memperluas basis pengetahuan Anda melalui kursus adalah cara yang bagus untuk meningkatkan pengalaman resume Anda.

Ini juga akan menunjukkan Anda sebagai pelajar yang bersemangat, yang mencari peluang dan meraihnya dengan segala cara yang memungkinkan.

3. Terbuka untuk pekerja lepas

Ketika seseorang bertanya kepada Anda apakah Anda memanfaatkan waktu Anda saat menganggur, Anda dapat dengan bangga mengatakan bahwa Anda memutuskan untuk bekerja lepas, daripada duduk diam. Pasar saat ini sangat membutuhkan freelancer untuk meningkatkan produktivitas, jadi menemukan pekerjaan serupa tidaklah sulit. Ini juga akan menambah kolom pengalaman Anda.

4. Bekerja untuk LSM

Organisasi nirlaba atau LSM adalah tambahan yang bagus untuk resume. Terkadang pewawancara ingin tahu apa yang Anda lakukan selain pekerjaan resmi Anda. Kegiatan sosial yang memberikan kontribusi kepada masyarakat menunjukkan kekuatan karakter yang besar. Selain itu, memperoleh pengetahuan di bidang tersebut juga akan membantu Anda untuk berbagi ide kreatif.

5. Kerjakan keterampilan umum

Lakukan penelitian secara menyeluruh sebelum mencantumkan kualitas dan keterampilan Anda di resume. Cari dan pelajari untuk mempraktikkan keterampilan umum yang kurang lebih dibutuhkan setiap perusahaan untuk peran pekerjaan masing-masing.

Jika Anda entah bagaimana menulis suatu keterampilan tetapi tidak dapat menyampaikan hal yang sama ketika diminta, itu dapat menciptakan kesan buruk pada pewawancara.

6. Sesuaikan resume

Setiap peran pekerjaan memiliki tuntutan dan persyaratan yang berbeda. Jadi, menyesuaikannya dengan peran pekerjaan yang berbeda adalah hal yang akurat untuk dilakukan.

Jika Anda memilih untuk mengirimkan resume yang sama di mana-mana, itu tidak akan memberi Anda hasil yang diinginkan, atau peluang apa pun. Jadi, teliti dengan hati-hati persyaratan dan sampel yang tersedia di internet agar terlihat cocok untuk pekerjaan itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pencari kerja Lowongan Kerja Tips Kerja
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top