Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Membuat Resume Keren Saat Perekrutan Kerja Online

Setiap pekerjaan memiliki tuntutan dan persyaratan yang berbeda. Jadi, menyesuaikannya peran pekerjaan yang berbeda adalah hal penting untuk dilakukan.
Ilustrasi/Popsugar
Ilustrasi/Popsugar

Bisnis.com, JAKARTA - Membuat daftar riwayat hidup atau resume untuk melamar pekerjaan saat ini terbilang menantang. Banyak perusahaan maupun industri mencari kandidat yang memiliki resume dan profil pencalonan yang mengesankan.

Resume yang mengesankan adalah penggabungan nilai, kualitas, pengalaman kerja, dan keterampilan yang diperlukan secara kreatif dan dibangun dengan cermat. Untuk mengatasi situasi saat ini dan menjadi produktif dalam pekerjaan jarak jauh, perusahaan menginginkan kandidat yang cocok untuk pekerjaan itu.

Tak perlu khawatir, melansir Times of India, Jumat (27/11/2020), berikut adalah beberapa cara untuk membuat resume selama perekrutan kerja jarak jauh:

1. Tingkatkan koneksi

Meskipun Anda tidak memiliki akses ke perusahaan untuk memulai, selalu ada cara lain. Percakapan santai selama 15-20 menit dengan seseorang dalam pekerjaan yang Anda minati, bisa sangat informatif dan Anda bisa mendapatkan pengetahuan dari data yang baru saja Anda dapatkan.

2. Ikuti kursus

Ikuti kursus sebanyak mungkin. Platform digital memberi Anda banyak kesempatan untuk belajar secara teoritis dan praktis. Memperluas basis pengetahuan Anda melalui kursus adalah cara yang bagus untuk meningkatkan pengalaman resume Anda.

Ini juga akan menunjukkan Anda sebagai pelajar yang bersemangat, yang mencari peluang dan meraihnya dengan segala cara yang memungkinkan.

3. Terbuka untuk pekerja lepas

Ketika seseorang bertanya kepada Anda apakah Anda memanfaatkan waktu Anda saat menganggur, Anda dapat dengan bangga mengatakan bahwa Anda memutuskan untuk bekerja lepas, daripada duduk diam. Pasar saat ini sangat membutuhkan freelancer untuk meningkatkan produktivitas, jadi menemukan pekerjaan serupa tidaklah sulit. Ini juga akan menambah kolom pengalaman Anda.

4. Bekerja untuk LSM

Organisasi nirlaba atau LSM adalah tambahan yang bagus untuk resume. Terkadang pewawancara ingin tahu apa yang Anda lakukan selain pekerjaan resmi Anda. Kegiatan sosial yang memberikan kontribusi kepada masyarakat menunjukkan kekuatan karakter yang besar. Selain itu, memperoleh pengetahuan di bidang tersebut juga akan membantu Anda untuk berbagi ide kreatif.

5. Kerjakan keterampilan umum

Lakukan penelitian secara menyeluruh sebelum mencantumkan kualitas dan keterampilan Anda di resume. Cari dan pelajari untuk mempraktikkan keterampilan umum yang kurang lebih dibutuhkan setiap perusahaan untuk peran pekerjaan masing-masing.

Jika Anda entah bagaimana menulis suatu keterampilan tetapi tidak dapat menyampaikan hal yang sama ketika diminta, itu dapat menciptakan kesan buruk pada pewawancara.

6. Sesuaikan resume

Setiap peran pekerjaan memiliki tuntutan dan persyaratan yang berbeda. Jadi, menyesuaikannya dengan peran pekerjaan yang berbeda adalah hal yang akurat untuk dilakukan.

Jika Anda memilih untuk mengirimkan resume yang sama di mana-mana, itu tidak akan memberi Anda hasil yang diinginkan, atau peluang apa pun. Jadi, teliti dengan hati-hati persyaratan dan sampel yang tersedia di internet agar terlihat cocok untuk pekerjaan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper