Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Subronto Laras: Ibu Juliah Sukamdani Sosok yang Tegas dan Disiplin

Juliah Sukamdani merupakan sosok pendamping yang sangat setia kepada sang suami, almarhum Sukamdani.
Sukamdani Sahid dan Juliah Sukamdani/Jibiphoto
Sukamdani Sahid dan Juliah Sukamdani/Jibiphoto

Bisnis.com, JAKARTA – Kepergian Kanjeng Raden Ayu (K.Ray) Hj Juliah Sukamdani yang merupakan istri dari mendiang Sukamdani Sahid Gitosardjono meninggalkan duka bagi kolega bisnis maupun teman dekatnya.

Salah satunya adalah Subronto Laras yang sama-sama menjabat sebagai komisaris di kelompok usaha media Bisnis Indonesia Group, PT Jurnalindo Aksara Grafika.

“Tadi pagi saya kaget pas dengar kabar [meninggalnya Hj Juliah Sukamdani] dan habis subuh langsung pergi ke rumah beliau tapi ternyata rumahnya kosong karena telah dibawa ke Bogor untuk dimakamkan,” ujarnya ketika dihubungi Bisnis, Rabu (2/12/2020).

Bagi pria yang akrab disapa Bronto ini, Juliah Sukamdani merupakan sosok pendamping yang sangat setia kepada sang suami, almarhum Sukamdani. Keduanya bersama-sama membangun kerajaan bisnis dari nol hingga mencapai puncak kesuksesan.

“Bapak dan Ibu itu kemana-mana selalu berdua. Dari awal saya alami saat sama-sama mendirikan Bisnis Indonesia, setiap rapat pasti ada Ibu. Ikuti sejarah keduanya, ibu selalu dilibatkan dalam setiap bisnis yang dijalankan. Menurut saya pasangan Bapak Sukamdani dan Ibu sangat luar biasa,” tuturnya.

Sebagai rekan bisnis, Subronto memandang Juliah Sukamdani sebagai sosok yang sangat pruden, tegas, dan disiplin. Misalnya ketika ada persoalan yang terjadi di perusahaan, Juliah Sukamdani yang ketika itu menjabat sebagai Direktur Keuangan langsung mengambil satu tindakan tegas sehingga persoalan yang ada segera teratasi.

“Ibu itu pemimpin yang tegas. Beliau juga dalam pekerjaan sangat disiplin bahkan lebih disiplin dari yang lainnya. Saya pribadi juga ketika bekerja dalam tim manajemen, melihat ada karakter Ibu yang seperti orang tua sendiri, dan kalau ada masalah itu enak untuk diajak bertukar pikiran,” kenangnya.

Hj Juliah Sukamdani meninggal dunia dalam usia 86 tahun pada Rabu (2/12/2020) sekitar pukul 02.37 WIB. Jenazah Juliah Sukamdani rencananya akan dimakamkan di Pondok Pesantren Modern Sahid, Jl Dasuki Bakri Km 6, Kecamatan Pamijahan, Bogor. Sukamdani Sahid Gitosardjono juga dimakamkan di lokasi yang sama pada 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler