Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Aplikasi QuickQris Bantu UMKM Atur Pembukuan Secara Digital

QucikQRIS menjadi satu-satunya 'asisten' pemantau laporan transaksi non-tunai yang selalu dalam genggaman tangan.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 22 Desember 2020  |  18:17 WIB
ASN di Kantor Pemerintah Kota Palembang melakukan pembayaran melalui QRIS Bank Sumsel Babel saat Festival Kuliner QRIS beberapa waktu lalu. Bisnis - Dinda Wulandari.
ASN di Kantor Pemerintah Kota Palembang melakukan pembayaran melalui QRIS Bank Sumsel Babel saat Festival Kuliner QRIS beberapa waktu lalu. Bisnis - Dinda Wulandari.

Bisnis.com, JAKARTA – Selama masa pandemi Covid-19, banyak pelaku usaha yang beralih ke bisnis digital. Kondisi ini juga ikut mendorong semakin banyaknya masyarakat yang beralih ke pembayaran secara digital atau non tunai.

Untuk membantu para pedagang, termasuk pelaku UMKM memantau laporan transaksi non tunai antara kasir dan konsumen dengan Standar Kode Cepat tersebut, PT IDE DEF GHI meluncurkan aplikasi mobile QuickQRIS.

Direktur QuickQRIS Indonesia Rafik Ahmad mengatakan semua pelaku usaha dapat mengunduh QuickQRIS melalui Google PlayStore tanpa biaya sama sekali. Cara penggunaannya pun juga terbilang cukup sederhana.

Hanya menggunakan e-Mail yang yang didaftarkan pada PJSP (Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran), para pelaku usaha bisa memantau transaksi dan mengatur pembukuan dengan sangat mudah.

“Kami hadir untuk membantu di kala jumlah pelaku usaha yang bermigrasi ke QRIS terus meningkat. Di sisi lain, QuickQRIS memiliki keselarasan dengan berkembangnya budaya non-tunai atau cashless, terlebih di masa pandemi seperti saat ini,” jelasnya melalui siaran persnya yang diterima Bisnis, Selasa (22/12/2020).

Lebih lanjut Rafik memaparkan bahwa QucikQRIS menyajikan laporan rekapitulasi transaksi harian maupun bulanan kepada pedagang. Selain laporan periodik, informasi rincian transaksi dapat disaring berdasarkan cabang yang dikelola oleh pedagang.  

“QuickQRIS menyajikan laporan transaksi real time, juga memiliki fitur yang membantu pedagang yang memiliki banyak cabang atau gerai. Fitur tersebut merinci laporan transaksi dari setiap cabang atau gerai," ungkapnya.

Bagi para pedagang, QucikQRIS menjadi satu-satunya "asisten" pemantau laporan transaksi non-tunai yang selalu dalam genggaman tangan. Rincian pemasukan melalui dompet digital dapat termonitor setiap saat.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebutkan pandemi Covid-19 mendorong para pelaku UMKM untuk terus berinovasi. Beradaptasi terhadap perubahan perilaku konsumen, merupakan salah satu bentuk pembaruan agar para pelaku UMKM ini dapat bertahan di masa pagebluk ini.

"Mereka masuk ke dalam ekosistem digital, satu diantaranya adalah dengan memanfaatkan transaksi digital," katanya.

Pada gelaran bincang-bincang bertajuk "Peluang dan Tantangan Bisnis UMKM dalam Menghadapi Era Pembayaran Digital" tersebut, Teten juga mengapresiasi kehadiran QuickQRIS, yang menurutnya mampu menyokong ekosistem digital serta mendukung program BI melalui fitur rekapitulasi transaksi bagi para pelaku UMKM.

"Pembayaran digital adalah gerbang ke inklusi keuangan. Dan melalui aplikasi QuickQRIS ini bukan hanya memudahkan dari sisi transaksi tapi hingga pembukuan," ujarnya.

Sejak akhir November 2020, QuickQRIS telah diunduh oleh belasan ribu pengguna pvia Google PlayStore tanpa biaya alias gratis. Tingginya minat para pelaku usaha terhadap QuickQRIS diharapkan dapat membantu BI dalam mendorong penggunaan QRIS sebagai alat bayar non-tunai.

“Tujuan dari digitalisasi adalah memudahkan. Semakin mudah, semakin pula banyak manfaat yang didapat. Oleh karenanya, di era pembayaran digital ini kami berkomitmen membantu memudahkan para pelaku usaha pengguna QRIS dalam merekap transaksi secara real time melalui QuickQRIS,” tutur Rafik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia umkm QRIS
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top