Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Profil Zhong Shanshan, Orang Terkaya Baru di Asia

Nama Zhong Shanshan mungkin belum banyak dikenal di jajaran taipan dunia. Namun kekayaannya saat ini menjadi yang tertinggi di Asia.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 01 Januari 2021  |  00:16 WIB
Zhong Shanshan.  - Bloomberg
Zhong Shanshan. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Nama Zhong Shanshan mungkin tak seterkenal Jack Ma, Pony Ma ataupun Mukesh Ambani di jajaran taipan Asia. Namun demikian, Zhong rupanya berhasil menjadi orang terkaya peringkat satu di Asia.

Seperti dikutip dari Bloomberg, Jumat (1/1/2021) Zhong Shanshan adalah miliarder yang jarang disorot oleh pers. Namun, Zhong tercatat merupakan taipan yang menguasai berbagai lini bisnis mulai dari media massa, pertanian hingga kesehatan.

Kekayaan bersih Zhong melonjak US$70,9 miliar tahun ini menjadi US$77,8 miliar. Hal itu menjadikannya orang terkaya ke-11 di planet ini dan pertama di Asia, menurut Bloomberg Billionaire Index.

Dengan demikian, kekayaan Zhong berhasil melampaui Mukesh Ambani dari India dan sekelompok taipan dari sektor teknologi China seperti Jack Ma.

Kenaikan kekayaannya tersebut terbilang menjadi yang tercepat sepanjang sejarah di dunia. Zhong seolah melawan arus global, di mana banyak taipan harus gigit jari karena kekayaannya harus terkoreksi akibat pandemi Covid-19.

Zhong yang saat ini berusia 66 tahun tidak terlibat dalam politik di China dan kepentingan bisnisnya tidak terkait dengan keluarga kaya lainnya. Fakta itu membuatnya dikenal dengan julukan  "Lone Wolf".

Bloomberg melaporkan, kesuksesan pria asal China ini dalam mengumpulkan kekayaan berasal dari dua bisnis yang saling tidak berkaitan. Pertama dia memiliki bisnis pembuatan vaksin Covid-19 yakni Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise Co.

Selain itu, dia juga memiliki lini bisnis yang menguntungkan dari sektor pembuatan air kemasan yakni Nongfu Spring Co.

Sepanjang tahun ini saham Nongfu telah melonjak 155 persen sejak debut mereka, dan Wantai naik lebih dari 2.000 persen.

Sejumlah pengamat menilai, naiknya Zhong ke peringkat satu orang terkaya dunia tak lepas dari fenomena konflik antara Jack Ma dan pemerintnah China.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

orang terkaya china TAIPAN

Sumber : Bloomberg

Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top