Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Untuk Pak Bos, Ini Tips Meredakan Stres dan Rileks Sejenak

Tubuh tidak diciptakan untuk bekerja terus menerus. Istirahat dan liburan merupakan cara yang tepat untuk melepas stres.
Pria stres karena bekerja dari rumah selama pandemi./Antara
Pria stres karena bekerja dari rumah selama pandemi./Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Pentingnya relaksasi bagi semua orang yang bekerja terbukti mengurangi stres.

Namun, ada sektor yang karena kewajiban yang diimplikasikan oleh pekerjaan mereka, mengesampingkan keistimewaan waktu senggang, mereka adalah pengusaha.

Ketika Anda bekerja sebagai karyawan Anda tahu bahwa setiap bulan Anda akan menerima gaji Anda. Anda juga punya hari libur yang akan tiba pada waktu tertentu. Namun, bagi orang yang membangun bisnis sendiri situasinya berbeda.

Mereka selalu sibuk dan tidak bisa mengesampingkan kewajibannya, karena sebagian besar fungsi operasional bergantung padanya.

Yang tidak diketahui banyak orang adalah bahwa selain istirahat, liburan merupakan periode di mana kreativitas paling berkembang. Sebaliknya, tanpa waktu istirahat untuk relaksasi, Anda dapat membuat keputusan yang buruk, kreativitas terhalang dan produktivitas turun.

Dilansir melalui Entrepreneur, Senin (18/1/2021), berikut beberapa aktivitas yang tidak memakan banyak ruang dan waktu, apalagi dengan situasi di tengah pandemi, tanpa meninggalkan bisnis.

1. Baca buku bagus

Bukan buku tentang pemasaran atau kepemimpinan, tapi fiksi yang membawa Anda keluar dari dunia ini. Ada banyak buku menarik dari penulis seperti Ken Follet atau Stieg Larsson misalnya atau salah satu dari saga Harry Potter atau The Lord of the Rings, jika Anda adalah penggemarnya. Apa pun yang memotivasi imajinasi Anda dan membuat Anda bersenang-senang.

2. Menonton film lewat layanan OTT

Kegiatan ini dapat Anda lakukan kapan saja dan di mana saja. Platform OTT yang tersedia di Indonesia juga makin beragam dengan koleksi film masing-masing yang menawarkan berbagai genre. Anda juga bisa menyewa film secara digital melalui Google Play atau Apple TV.

3. Nikmati hobi

Mainkan alat musik, golf, tenis, atau belajar berkebun, apa pun yang Anda suka. Anda juga dapat memainkan permainan papan atau otak, atau mengerjakan teka-teki.

4. Bersantailah di spa

Nikmati layanan pijat dan refleksi sepanjang sore. Beri diri Anda satu jam hanya untuk Anda dan manjakan diri Anda, itu akan membantu Anda meningkatkan kinerja dan membuat Anda tetap termotivasi.

5. Berbicara dengan teman

Manfaatkan pertemuan, yang disarankan dilakukan secara virtual, ini untuk membicarakan sesuatu selain bisnis. Anda juga dapat memilih permainan online yang menyenangkan, idenya adalah untuk tertawa dan melupakan waktu kerja.

6. Habiskan waktu bersama keluarga

Jika Anda memiliki anak, luangkan waktu untuk bermain dan bersenang-senang dengan mereka. Buatlah janji dengan pasangan Anda dan pastikan bahwa, selama Anda bersama keluarga, Anda tidak perlu menjawab telepon dari kantor atau memeriksa email. Memberi mereka waktu berkualitas juga akan memberikan manfaat untuk Anda.

7. Olahraga

Sisihkan setidaknya setengah jam sehari untuk berolahraga. Bisa lari di taman atau mungkin ke gym, intinya agar tetap sehat dan bugar. Ini akan membantu Anda tidak hanya meningkatkan kesehatan Anda, tetapi juga suasana hati Anda, harga diri Anda dan juga untuk menyingkirkan energi negatif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper