Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Taco Bell Jadi Waralaba Terbaik Versi Entrepreneur Franchise 500

Perusahaan waralaba makanan harus melakukan adaptasi dan menemukan cara baru untuk melayani pelanggan selama pandemi virus corona (Covid-19).
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 20 Januari 2021  |  20:22 WIB
Taco Bell adalah perusahaan cepat saja yang menyediakan makanan meksiko, dengan konsep waralaba. - ilustrasi
Taco Bell adalah perusahaan cepat saja yang menyediakan makanan meksiko, dengan konsep waralaba. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Entrepreneur baru saja merilis daftar bisnis waralaba terbaik untuk tahun 2021 yang mencakup 500 brand internasional, Entrepreneur Franchise 500.

Waralaba makanan masih menjadi bagian terbesar dari daftar ini, bisnis waralaba di sektor makanan menempati lebih dari seperempat posisi dari daftar 100 teratas.

Covid-19 telah menyebabkan disrupsi signifikan dalam industri restoran pada umumnya, tetapi banyak waralaba makanan berhasil beradaptasi dan menemukan cara baru untuk melayani pelanggan.

Namun, hanya 93 waralaba makanan yang masuk daftar, dibandingkan dengan 103 waralaba tahun lalu. Dari sektor restoran cepat saji, yang merupakan kategori makanan terbesar, hanya 80 brand yang menempati peringkat dibandingkan dengan 86 brand tahun lalu.

Salah satu yang terbaik dan menduduki peringkat pertama adalah Taco Bell. Selama beberapa dekade, waralaba makanan cepat saji telah menyebarkan kampanye pemasaran luar biasa untuk menarik pelanggan.

Dengan kekuatan ini, Taco Bell mengembangkan basis penggemar berkomitmen yang cenderung lebih muda, hip, dan lebih kreatif. Taco Bell tampil sebagai brand makanan meksiko yang tidak hanya murah namun juga menawarkan cita rasa yang khas.

Pendiri Taco Bell, Greg Bell, memasuki bisnis makanan di San Bernardino, California, pada tahun 1948. Seperti yang lainnya, ia memulai dengan kedai hot dog dan hamburger.

Tetapi ketika Bell memperhatikan antrean panjang di sebuah restoran Meksiko kecil dan independen di seberang jalan, dia penasaran dan melahap sebanyak mungkin taco yang dijual, merekayasa ulang resepnya, dan membuka Taco Tia pada tahun 1954.

Pada tahun 1964, Bell menjual waralaba pertamanya. Saat itu dia telah memelopori kulit taco yang membuat produknya tetap kompetitif dengan rantai makanan cepat saji lainnya dan mengganti nama restorannya menjadi Taco Bell.

Dalam tiga tahun, waralabanya telah berkembang menjadi 100 lokasi. Taco Bell memiliki setidaknya satu hal yang tidak dimiliki waralaba lain.

taco bell makanan

Produk makanan dari Taco Bell.

Tidak ada persaingan besar seperti yang dilakukan KFC dengan Chick-fil-A atau Popeyes, atau Pizza Hut dengan Domino's dan Papa John's.

“Taco Bell unik dalam arti bahwa sebenarnya tidak ada pesaing utama di bidang itu,” kata Benjamin Lawrence, profesor kewirausahaan waralaba di Georgia State University.

Pandemi virus corona (Covid-19) adalah jenis tantangan baru, tetapi Taco Bell sudah tahu cara menghadapi berbagai kesulitan. Perusahaan juga memahami bahwa kesuksesan jangka panjang bergantung pada inisiatif cerdas dan komitmen teguh pada apa yang Anda perjuangkan.

“Kami memiliki makanan yang luar biasa, makanan yang bisa didambakan, merek ikoni, dan operasi toko yang hebat yang dijalankan oleh pemegang waralaba,” kata CEO Taco Bell Corporation, Mark King.

Berikuti daftar Entrepreneur Franchise 500 tahun 2021 peringkat 1-10:

1. Taco Bell

Kategori: Makanan meksiko

Investasi Awal: US$571.000 - US$3 juta

2. Dunkin'

Kategori: Kopi, donat, bake goods

Investasi Awal: US$200.000 - US$1,7 juta

3. The UPS Store

Kategori: Postal & Business Centers

Investasi Awal: US$138.000 - US$567.000

4. Popeyes Lousiana Kitchen

Kategori: Fried chicken

Investasi Awal: US$384.000 - US$2,6 juta

5. Culver's

Kategori: Frozen custard

Investasi Awal: US$2,3 juta - US$5,4 juta

6. Kumon Math & Reading Centers

Kategori: Pendidikan tambahan

Investasi Awal: US$74.000 - US$157.000

7. Jersey Mike's Subs

Kategori: Submarine sandwich

Investasi Awal: US$169.000 - US$804.000

8. Planet Fitness

Kategori: Pusat kebugaran

Investasi Awal: US$968.000 - US$4,1 juta

9. 7-Eleven Inc.

Kategori: Toko serba-ada

Investasi Awal: US$70.000 - US$1,2 juta

10. Servpro

Kategori: Layanan perbaikan

Investasi Awal: US$168.000 - US$221.000

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

entrepreneur makanan peluang usaha
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top