Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak 5 Tips Mengatasi Rasa Takut Terhadap Kesuksesan

Kebanyakan orang justru mendambakan kesuksesan pada aspek kehidupan mereka, namun tidak sedikit pula yang merasa itu sebagai ancaman.
Ilustrasi kesuksesan
Ilustrasi kesuksesan

Bisnis.com, JAKARTA -- Mungkin salah satu sikap paling kontradiktif yang dapat dialami manusia adalah ketakutan akan kesuksesan.

Kebanyakan orang justru mendambakan kesuksesan pada aspek kehidupan mereka, namun tidak sedikit pula yang merasa itu sebagai ancaman.

Dilansir melalui Entrepreneur, ini adalah mekanisme bawah sadar yang menjadikan seseorang seperti menginginkan, menyatakan, dan menentukan bahwa dia ingin sukses.

Namun satu hal pada dirinya justru menarik diri dan menghambat proses pengambilan keputusan serta aksi.

Jika Anda menghindari atau melewatkan peluang, Anda mungkin telah melepas kesempatan penting hanya karena Anda merasa keberhasilan dari sana akan menimbulkan perasaan iri pada orang lain.

Atau apakah Anda berpikir bahwa jika sukses Anda takut akan berhenti bersikap rendah hati… sangat mungkin bahwa, sebenarnya, yang Anda derita adalah ketakutan akan kesuksesan.

Ada setidaknya 5 alasan kenapa orang takut sukses dan bagaimana cara menghadapinya:

1. Takut gagal.

Sikap ini dibsebut sebagai akar ketakutan, kegagalan adalah salah satu faktor penghambat terbesar. Seseorang akan selalu berpikir negatif, dan umumnya orang tersebut lalai mempertimbangkan semua aspek bermanfaat yang bisa diperoleh dengan mencapai kesuksesan yang mereka inginkan.

Solusi: Evaluasi apa hal terburuk yang bisa terjadi. Rencanakan tindakan menjadi daftar kecil dan terapkan. Pertahankan visi Anda pada tujuan akhir Anda dan bersikaplah fleksibel untuk memperbaiki arah dan memulai kembali sebanyak yang diperlukan.

2. Takut merasa tidak pantas untuk sukses.

Banyak orang tumbuh dalam lingkungan yang menindas, dan ini menentukan bahwa pemikiran dan emosi positif mereka dibatasi oleh paradigma yang, meskipun dari di masa lalu, memiliki dampak di masa kini.

Solusi: Bangun harga diri dan pengakuan terhadap kemampuan. Anda perlu menghubungkan tujuan kesuksesan Anda dengan perasaan layak. Komitmen 100% Anda pada diri sendiri akan menjadi kuncinya, terlepas dari apa pun yang memengaruhi Anda di masa lalu. Gunakan kekuatan batin Anda sebagai panduan.

3. Takut akan perkataan orang lain.

Walaupun kelihatannya tidak biasa, kebanyakan orang hidup mencari validasi, terutama karena bagi mereka ini adalah jaminan perasaan diterima dan dicintai. Sehingga mereka ketakutan akan pendapat orang lain. Orang-orang sukses tahu bahwa akan ada banyak orang yang akan mendukung mereka, dan orang lain yang akan iri pada mereka dan akan melakukan yang terbaik untuk tidak menghiraukannya.

Solusi: Singkirkan prasangka, apalagi yang asalnya dari orang lain. Bekerjalah secara internal untuk mengembangkan kemampuansehingga Anda tidak peduli dengan pendapat orang lain. Pasti akan ada banyaklebih kasih sayang yang tulus yang dapat membantu Anda saat keadaan menjadi sulit.

4. Takut tidak bisa menangani kesuksesan.

Membaca cerita sukses orang lain ternyata dapat menularkan energi positif maupun negatif. Di antara orang-orang yang terinspirasi, ada mereka yang ragu apakah mereka dapat mengalami kesempatan yang sama. Ketakutan akan penularan ini sering muncul pada mereka yang tidak menerima kondisi mereka atau percaya mereka dapat mencapainya.

Solusi: Rasa takut melekat pada manusia, namun itu justru bisa menjadi kekuatan yang besar untuk maju, daripada menghentikan Anda. Yakinlah bahwa Anda akan menemukan cara untuk menangani kesuksesan yang pantas Anda terima dengan cara yang baik.

5. Takut merasa sendirian dan kesepian.

Orang yang kurang percaya diri takut untuk jadi berbeda dari orang-orang di lingkungannyaa. Aspek lain yang terkait dengan orang-orang sukses adalah bahwa mereka akan diliputi oleh kesepian, dan mereka akan menarik diri dari lingkungan penuh kasih sayang.

Solusi: Dengan atau tanpa keberhasilan, Anda kadang-kadang akan merasa kesepian.

Anda dapat memanfaatkan kemampuan Anda untuk memperkuatnya diri dan mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang benar-benar mencintai Anda dan menerima evolusi Anda dengan gembira.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nirmala Aninda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper