Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Persiapan UMKM Sambut Era Baru Pasca Pandemi, Apa Saja?

Genap setahun, pandemi Covid-19 masih berlangsung di Indonesia dengan total kasus positif mencapai lebih dari 1,4 juta orang. Salah satu upaya percepatan dalam menekan penyebaran ialah dengan vaksinasi Covid-19 yang diharapkan menjadi titik balik ke kehidupan normal.
UMKM go online. Digitalisasi yang sudah mulai menggeliat setahun belakangan ini. /IM2
UMKM go online. Digitalisasi yang sudah mulai menggeliat setahun belakangan ini. /IM2

Bisnis.com, JAKARTA - Genap setahun, pandemi Covid-19 masih berlangsung di Indonesia dengan total kasus positif mencapai lebih dari 1,4 juta orang. Salah satu upaya percepatan dalam menekan penyebaran ialah dengan vaksinasi Covid-19 yang diharapkan menjadi titik balik ke kehidupan normal.

Menjelang akhir Maret 2021, vaksinasi tahap II sudah mulai diberikan kepada petugas pelayanan publik, lansia, dan pedagang dengan akumulasi penerima vaksin mencapai 5,53 juta orang. Kementerian Kesehatan juga menargetkan vaksinasi ke 115 pasar di Jabodetabek, sebagai golongan profesi yang cukup sering berinteraksi dengan konsumen.

Michael Williem, CEO Qasir--pengembang aplikasi kasir, melihat implementasi vaksinasi merupakan sinyal baik bagi pemulihan bisnis. Dalam kondisi ini, pelaku usaha juga harus mempersiapkan diri menyambut era baru bisnis pascapandemi. Terlebih, baru-baru ini Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki juga telah menggaungkan langkah transformasi agar UMKM sigap menghadapi transisi bisnis pascapandemi.

Guna meningkatkan daya saing, pemerintah mendukung dengan tiga pilar utama, antara lain kemudahan perizinan bagi usaha mikro, transformasi digital untuk pemasaran, dan membangun teknologi produksi yang sesuai dengan standarisasi global.

“Digitalisasi yang sudah mulai menggeliat setahun belakangan ini jangan sampai ditinggalkan, justru harus lebih dioptimalkan penggunaannya,” tuturnya.

Michael mengatakan untuk mendorong penjualan produk ataupun jasa yang sempat tersendat belakangan ini tentu memerlukan promosi yang gencar dan masif, baik secara konvensional maupun digital. Namun, karena masih berada dalam masa transisi, porsi penggunaan teknologi lebih bisa diandalkan.

Dari sisi penyedia aplikasi, salah satu kontribusi Qasir untuk mendukung pelaku UMKM di masa transisi ini ialah dengan menyediakan layanan website usaha yang dibuat semacam landing page atau format toko online untuk lini usaha.

Di dalamnya terdapat katalog yang memungkinkan pelanggan melakukan pemesanan langsung ke penjual, juga ada bio link yang bisa menampung semua link yang berhubungan dengan promosi produk dan pemasaran.

“Seperti link media sosial dan link akun di marketplace. Dengan biayanya yang sangat terjangkau, kami berharap pelaku UMKM di level apa pun itu, bahkan yang baru mulai, bisa langsung familiar dengan berbagai inovasi digital,” paparnya.

Ke depannya, Qasir akan terus berinovasi menyesuaikan tuntutan zaman agar pelaku UMKM bisa merasakan pengalaman berbisnis dengan bantuan teknologi namun tidak membebankan biaya operasionalnya sama sekali. Bahkan dalam waktu dekat ini website usaha Qasir dapat menerima pembayaran online, seperti transfer melalui virtual account dan mobile payment dengan kartu kredit dan debit.

“Semoga langkah ini semakin mempermudah pelaku usaha online maupun pelaku usaha konvensional yang tetap ingin meminimalisir kontak fisik,” tuturnya.

Michael juga terus mengingatkan meski vaksin sudah mulai dijalankan, protokol kesehatan yakni memakai masker selama melakukan kegiatan fisik, mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer secara berkala ketika melakukan transaksi, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilisasi tetaplah harus diterapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper