Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tokopedia Bagikan 5 Tips UMKM Berjualan Daring Selama Ramadan

Pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) dituntut untuk selalu meningkatkan pelayanan, khususnya menjelang momen Ramadan yang berlangsung di tengah pandemi saat ini.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 12 April 2021  |  12:40 WIB
Pengguna Tokopedia bertransaksi melalui gawai di Jakarta, Senin (4/5/2020). - ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Pengguna Tokopedia bertransaksi melalui gawai di Jakarta, Senin (4/5/2020). - ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA – Tokopedia membagikan 5 tips bagi pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) yang berjualan secara daring via e-commerce selama Ramadan 1442 Hijriah yang berlangsung di tengah pandemi.

Tips ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan UMKM yang sudah tergabung dalam ekosistem digital.

“Selain memanfaatkan kanal digital, berkolaborasi dan berinovasi juga menjadi kunci menghadapi pandemi,” kata External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya, dikutip dari tempo.co, Senin (12/4/2021).

Pertama, pelaku UMKM harus mencari tahu produk-produk apa saja yang tengah laris di pasaran. Pedagang yang telah bergabung di Tokopedia, kata Ekhel, bisa memanfaatkan fitur Wawasan Pasar.

Fitur ini memberikan petunjuk bagi penjualm dengan melihat kata kunci yang paling sering digunakan pembeli, produk terlaris, rekomendasi terfavorit, kategori sampai inspirasi tren produk.

Kedua, pedagang harus memperbarui tampilan tokonya. Ekhel menyatakan semakin sering toko melakukan pembaruan, semakin banyak juga fitur yang bisa dipakai penjual untuk meningkatkan penjualan dan kepercayaan pembelinya.

Pedagang di Tokopedia, tutur dia, bisa memanfaatkan fitur Dekorasi Toko. Fitur ini dapat dipakai untuk memoles tampilan toko agar lebih menarik.

Ketiga, mitra pedagang yang bergabung di marketplace tersebut disarankan mengaktifkan promo bebas ongkos kirim atau ongkir. Layanan ini bakal meningkatkan penjualan bahkan menjangkau lebih banyak pembeli di luar pulau, khususnya selama Ramadan di tengah permintaan masyarakat terhadap berbagai kebutuhan yang meningkat.

Keempat, pelaku UMKM bisa membuat produk parsel Ramadan. Pada Ramadan 2020, transaksi parsel makanan di Tokopedia melonjak hampir 4 kali lipat dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Kemudian kelima, pelaku UMKM diminat untuk memanfaatkan promosi melalui media sosial. Pedagang bisa membuat variasi promo, seperti gratis ongkos kirim atau cashback, dengan mekanisme pemberian voucer.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm Ramadan tokopedia

Sumber : Tempo.co

Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top