Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ALTA Tawarkan Upgrade Karir IT Profesional

Program baru ini bertujuan membantu alumni untuk mendapatkan karir IT yang lebih baik dengan garansi penempatan kerja. 
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 15 April 2021  |  16:51 WIB
Pengajaran di ALTA
Pengajaran di ALTA

Bisnis.com, JAKARTA - platform akselerasi karir di bidang IT Alterra Academy (ALTA) kini memperluas dampak lewat program baru yang dikhususkan bagi profesional di bidang IT yang telah berpengalaman namun merasa karirnya stagnan.

Program baru ini bertujuan membantu alumni untuk mendapatkan karir IT yang lebih baik dengan garansi penempatan kerja. 

"Alterra Academy ingin memberikan dampak tidak hanya bagi para fresh graduates atau para career switcher yang ingin memulai karir pertama mereka di bidang IT akan tetapi bagi seluruh professional serta praktisi di bidang IT yang ingin membangun karir dari entry level hingga top management," ujar David Boy, Chief of Alterra Academy dalam keterangan tertulisnya.

"Kami melihat bahwa permasalahan talent di bidang IT tidak lalu berhenti sampai di situ. Banyak teman-teman IT profesional yang sudah berpengalaman tapi karirnya stagnan, di situ kami melihat kami bisa berkontribusi.” tambahnya.

Problem dan tantangan ini ditemukan di lapangan oleh team Alterra Academy lewat proses observasi dan interaksi dengan perusahaan serta para talent IT.

“Saya sering melihat banyak lowongan IT diiklankan berulang-ulang karena perusahaan tidak mendapatkan kandidat yang tepat, sedangkan di satu sisi saya melihat tidak sedikit dari para IT professional tersebut khususnya software engineers yang menyampaikan ketidakpuasan atas karir mereka.” ujar Bram Djaafara, Lead of Business Development Alterra Academy.

Walaupun lowongan IT banyak dibuka (khususnya untuk software engineers) dan banyak recruiter masih mendapatkan kesulitan mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan mereka, hal ini tidak menjamin mereka yang sudah berpengalaman dan menginginkan karir yang lebih baik untuk bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan yang mereka idamkan.

“Pangkal masalah adalah pada ketidaksesuaian antara kriteria yang dibutuhkan oleh recruiter (industri) dengan skills yang dimiliki oleh banyak talent IT professional”.

Oleh karena itu, Alterra Academy meluncurkan program ACP (Advancing Career Program) yang dikhususkan untuk membantu para IT professional dengan pengalaman kerja minimal 1 tahun. Program ini difokuskan untuk upskilling sekaligus membantu mereka mendapatkan karir yang lebih baik, karena program ini di garansi untuk mendapatkan penempatan kerja. 

Dalam waktu kurang lebih satu bulan, di dalam program ACP peserta akan digembleng oleh para mentor yang telah berpengalaman agar skills mereka di sisi teknikal bisa menjadi jauh lebih baik dan memenuhi standar perusahaan-perusahaan teknologi atau startup yang ada saat ini.

Kurikulum yang diterapkan dalam program ini merupakan hasil dari observasi dan diskusi dengan para rekruter maupun PIC dari perusahaan teknologi dan startup yang berstandar tinggi di Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

karir teknologi informasi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top