Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Kiat Bisnis Tetap Untung Saat Dihantam Pandemi

Media sosial dan pemasaran digital dapat menjadi pendorong utama dalam membangun merek, promosi, dan kesuksesan.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 02 Agustus 2021  |  09:36 WIB
Tips Bisnis - ilustrasi
Tips Bisnis - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA —  Jika Anda bermimpi berhenti dari pekerjaan untuk menjadi bos sendiri, tentu saja ada banyak ruang dan kesempatan untuk mewujudkannya.

Namun, terlepas dari bidang dan jenis bisnis yang di pilih, perlu strategi jitu agar bisnis bisa mendulang untung di era pendemi.

Dilansir dari womensweekly, Senin (2/8/2021) berikut cara bangun bisnis menguntungkan di era pandemi :

1. Berorientasi pada tujuan

Hal pertama yang pertama, ketika menulis rencana bisnis atau menilai kebutuhan bisnis yang sedang dimulai, penting untuk mengidentifikasi tujuan Anda baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Jika tidak yakin apa tujuan strategis bisnis Anda dan tidak tahu bagaimana cara mengidentifikasinya, lihat misi Anda saat awal memutuskan memulainya.

Ajukan pertanyaan ini kepada diri sendiri :

-Seperti apa bisnis Anda dalam satu tahun lima tahun?
- Apakah Anda akan menginvestasikan uang Anda sendiri?
- Apakah Anda akan menjadi manajer langsung atau mempekerjakannya?

- Apakah ada rencana melebarkan ceruk bisnis secara mengglobal dan menawarkan berbagai macam produk dan layanan lainnya?

2. Sesuai dengan diri sendiri

Membangun bisnis adalah kerja keras, jadi pastikan Anda bersemangat tentang ide, produk, atau layanan bisnis yang dibangun. Jika Anda percaya pada diri sendiri dan bisnis Anda, antusiasme itu akan sampai ke pelanggan.

Penting untuk menetapkan batasan yang jelas untuk kehidupan pribadi dan pekerjaan. Ini agar Anda tetap fokus pada bisnis namun juga tidak mengenyampingkan kebutuhan pribadi. Sehingga keduanya berjalan seimbang.

3. Terhubung dengan jaringan

Kolaborasi adalah kuncinya. Dalam bisnis, peran jaringan sangat penting. Mereka dapat memberikan dukungan dan menyebarkan iklan bisnis tanpa biaya.

Mereka adalah kunci kesuksesan Anda, pelihara hubungan dengan pebisnis lain dan mereka akan menjadi sumber dukungan dan saran yang tak ternilai. Belum lagi, mereka dapat memberi Anda akses ke peluang jaringan dan pelanggan baru.

4. Kelilingi diri Anda dengan orang yang berpikiran sama

Biarkan diri Anda dikelilingi dengan pengusaha lain dan perluas lingkaran Anda. Maka, Anda tidak hanya mendapatkan lebih banyak pengetahuan, tetapi juga menjalin pertemanan dan mungkin mendapatkan beberapa peluang bisnis di masa depan.

Yang terpenting, bagaimanapun, Anda dapat memperkuat kepercayaan diri bahwa segala sesuatunya akan berjalan seperti yang mereka miliki.

5. Pakai teknologi

Tidak ada alasan untuk tidak ikut-ikutan menggunakan technologi. Media sosial dan pemasaran digital dapat menjadi pendorong utama dalam membangun merek, promosi, dan kesuksesan.

20 tahun penelitian menunjukkan perusahaan yang berinvestasi dalam teknologi meningkatkan pangsa pasar, angka keuangan, dan memiliki keunggulan kompetitif.

Jadi, dalam menguntungkan bisnis harus mempertimbangkan mengembangkan situs web yang cerdas, kehadiran yang kuat di media sosial, dan strategi digital yang menggabungkan pengoptimalan mesin pencari (SEO), bayar per klik (PPC), blogging, forum, dan iklan aplikasi ponsel cerdas.

Jika Anda tidak mumpuni, pertimbangkan untuk menyewa konsultan digital untuk membantu mengembangkan dan menjalankan strategi digital Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

strategi bisnis pekerjaan tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top