Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Strategi Nyonya Piyama Jualan hingga 20.000 Piyama Perbulan

Dengan berbagai jenis piyama yang dihadirkan dan banyaknya pelanggan setia dari Nyonya Piyama, tak heran bila saat ini secara rata-rata mereka mampu memproduksi sekitar 15.000 hingga 20.000 pcs piyama setiap bulannya dengan penjualan yang secara rata-rata hampir sama.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 13 November 2021  |  17:02 WIB
Nyonya Piyama -
Nyonya Piyama -

Bisnis.com, JAKARTA - Piyama dulunya hanya dikenakan sebagai atribut untuk tidur saja, tetapi kini piyama seolah telah menjadi tren fesyen baru bagi para wanita. Apalagi di masa pandemi ini ketika berbagai aktivitas masyarakat lebih banyak dilakukan dari rumah, tak sedikit brand fesyen mulai merancang piyama sebagai pakaian yang tak hanya nyaman tetapi juga modis sehingga bisa dikenakan untuk berbagai aktivitas.

Seperti halnya Nyonya Piyama yang menghadirkan koleksi terbaru piyama berdesain klasik yang dipadukan dengan sentuhan fesyen yang minimalis modern.

Piyama premium ini sengaja di desain dengan tampilan yang fashionable sehingga bukan hanya dapat digunakan untuk tidur saja tetapi juga di segala suasana mulai dari meeting online, hingga untuk hangout dan berpergian.

Nyonya Piyama sendiri merupakan brand fesyen lokal yang didirikan sejak 2017 oleh Lusy Gunawan dan sang suami. Mulanya, Lusy memulai perjalanan bisnisnya sebagai reseller baju tidur. Saat itu dia menjual berbagai piyama yang dia pilih sendiri dari beberapa toko.

Ternyata, saat itu ada beberapa hal yang sebetulnya diinginkan konsumen tetapi tidak disediakan oleh sejumlah brand piyama tempat dirinya menjadi reseller. “Saat menjadi reseller saya melihat ada hal yang kurang dan bisa diperbaiki. Selain itu, saya juga bisa mengetahui pola kebiasaan masyarakat dalam menggunakan pakaian tidur, seperti piyama,” tuturnya.

Berangkat dari pengalamannya tersebut, Lusy dan suami memutuskan untuk memproduksi sendiri sendiri piyama sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan konsumen mulai dari ukuran, pola yang nyaman, hingga kurasi bahan-bahan berkualitas.

Salah satu kebutuhan konsumen yang kurang diakomodasi oleh para produsen baju tidur pada umumnya adalah piyama berukuran besar dengan size yang real dan pola yang nyaman. Inilah yang kemudian disediakan oleh Nyonya Piyama dengan menghadirkan baju tidur berukuran mulai dari S hingga XXXL untuk ukuran berat badan dari 50 sampai 140kg.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan piyama bagi para pria dengan pola khusus yang menyesuaikan ukuran badan laki-laki hingga muat untuk berat badan 140kg. Bahkan, Nyonya Piyama telah menjadi pelopor piyama untuk ukuran besar dan trend setter piyama polos dengan banyak pilihan warna.

Sejak awal Nyonya Piyama mengutamakan piyama yang nyaman dengan ukuran yang real dan mengutamakan interaksi langsung via chat dengan customer. Bahkan saat awal menjadi reseller pun saya kurasi sendiri piyama dari beberapa toko, saya pilih yang terbaik untuk saya jual kembali.

“Kami memiliki berbagai koleksi piyama yang bergaya dan fashionable dengan berbagai ukuran,  variasi model, motif, dan warna mulai dari piyama polos hingga belasan pilihan warna. Keunikan Nyonya Piyama juga di setiap model yang berbeda kami menerapkan pola dasar ukuran yang sama dengan ukuran real sehingga nyaman dipakai,” ujar wanita yang berpengalaman di bidang konveksi ini.

Sebagai brand sleepwear berkualitas premium, Nyonya Piyama  dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp50.000 hingga Rp300.000. Adapun produk yang paling diminati adalah piyama polosan dan berbahan rayon. Meski demikian, bahan katun tetap primadona di Nyonya Piyama.

Diakui olehnya selama masa pandemi ini, sleepwear atau loungewear telah menjadi produk primadona yang banyak diminati masyarakat. Terlebih saat ini banyak yang menginginkan pakaian rumah atau homewear yang nyaman tetapi tetap fashionable.

“Saat ini tren piyama lebih condong ke piyama serbaguna.  Selain nyaman untuk tidur, piyama juga nyaman dipakai untuk bersantai menemani WFH, tetap terkesan rapi, sopan, dan tetap cantik saat digunakan untuk meeting online,” ujarnya.

Dalam membangun brand Nyonya Piyama, Lusy benar-benar mengutamakan interaksi langsung dengan para customer baik melalui chat maupun media sosial seperti instagram sehingga bisa lebih dekat dengan konsumen.

Tak heran bila Nyonya Piyama memiliki para pelanggan setia yang ikut membantu mempromosikan Nyonya Piyama dari mulut ke mulut bahkan membuat tagar team # nyopiselemari. “Ada customer setia yang baru saya kenal beberapa bulan tapi sudah punya 135 pasang piyama Nyonya Piyama. Saat itu saya sampai nangis karena terharu,” tuturnya.

Untuk penjualannya sendiri, Nyonya Piyama memanfaatkan website dan sejumlah marketplace mulai dari Shopee, Tokopedia, Lazada, hingga Blibli. Dia pun terbilang cukup aktif mengikuti berbagai program promo yang disediakan oleh marketplace tersebut.

Selain itu, Nyonya Piyama juga terus melakukan berbagai inovasi dengan meluncurkan berbagai koleksi terbaru seperti ‘Classic Signature’ yang diklaim dapat membantu meningkatkan kualitas tidur karena dirancang sesuai dengan ukuran dan bentuk tubuh sehingga akan memberikan kenyamanan saat beristirahat.

Koleksi ini menggunakan  bahan mixed cotton dan CVC yang membuat piyama lembut dan dapat menyerap keringat dengan baik, sehingga piyama ini nyaman digunakan di segala kondisi cuaca. Koleksi ini juga hadir dengan 9 pilihan warna yang cocok dengan berbagai warna kulit, yaitu mauve, jazzberry, fuchsia, crimson, butter, leather, dolcelatte, caviar, dan hazel.

“Kami terus berkomitmen untuk menghadirkan pakaian tidur yang nyaman pada setiap produk yang dikeluarkan,” ujarnya

Dengan berbagai jenis piyama yang dihadirkan dan banyaknya pelanggan setia dari Nyonya Piyama, tak heran bila saat ini secara rata-rata mereka mampu memproduksi sekitar 15.000 hingga 20.000 pcs piyama setiap bulannya dengan penjualan yang secara rata-rata hampir sama.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

entrepreneur fashion
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top