Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

David Gunawan, Sosok Dibalik Eden Farm yang Baru dapat Suntikan Dana

Eden Farm sendiri merupakan perusahaan yang berfokus dalam Business to Business (B2B) yang berperan dalam merevolusi ekosistem pangan.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 15 November 2021  |  19:35 WIB
David Gunawan, Sosok Dibalik Eden Farm yang Baru dapat Suntikan Dana
David Gunawan - techasia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan dalam bidang agritech yakni Eden Farm baru-baru ini mengumumkan penggalangan dana senilai US$19 juta dalam Seri A.

Eden Farm sendiri merupakan perusahaan yang berfokus dalam Business to Business (B2B) yang berperan dalam merevolusi ekosistem pangan.

Pendanaan yang diperoleh sendiri dipimpin oleh AppWorks dan AC Ventures, dengan adanya partisipasi dari Trihill Capital, OCBC Ventures, Investible, Corin Capital dan existing investor, Global Founders Capital.

Namun sebelum itu, Eden Farm sendiri didirikan oleh David Gunawan, selaku Founder dan CEO dari Eden Farm bersama dengan Ramavito Mountaino (CFO), dan Febrianto Gamal (COO).

Awalnya, David menempuh pendidikan dalam teknik arsitektur di Universitas Katolik Parahyangan hingga 2011. Kemudian pada tahun 2013 dirinya berkuliah kembali dalam bidang Bisnis hingga 2014.

Sebelum membangun Eden Farm, dari tahun 2012 dirinya telah memiliki pengalaman dalam berkarir. Dirinya juga membangun Read All Day Bookstore yakni berfokus pada penjualan buku fiksi bahasa inggris untuk pelanggan ritel secara online.

Kemudian, dirinya membangun Nusantara Clothing hingga 2014 sebagai Founder dan CEO. Tidak berhenti sampai situ, David pada tahun 2015 juga mendirikan SAFE Logistics yakni sebagai Founder / Director, yakni mengantarkan makanan dari satu titik ke banyak titik dalam waktu 3 jam.

Kemudian, pada tahun 2017, David membangun Eden Farm. Dilansir dari Youtube GenPI co (15/06/21) Hal ini diawali dengan dorongan untuk meningkatkan pendapatan dari para petani, dimana selama ini pendapatan yang diperoleh tertekan oleh tengkulak dan tidak ada transparansi harga. Selain itu, terdapat hasil produksi yang tidak terlalu konsisten.

Memulai dari Jakarta, David bersama dengan partner bisnisnya kemudian bertani hidroponik dan menjual ke berbagai cafe dengan mudah. Setelah ditanya, alasan mengapa produknya mau dibeli oleh pihak cafe atau restoran adalah kualitas dan harga yang konsisten.

Kemudian Adrian Li, Founder & Managing Partner AC Ventures, juga berinvestasi dengan Eden Farm karena telah melihat pencapaian dalam meningkatkan demand channels dan membangun hubungan yang kuat dengan petani di lapangan.

Eden Farm sendiri akan berfokus dalam merevolusi rantai pasok produk segar dan menciptakan pertahanan di bidang teknologi pertanian hulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertanian tokoh bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top