Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mau Menjual di NFT, Perhatikan Dulu Hal Ini Agar Tidak Ditipu!

Mencari informasi dari anggota bisa menjadi tempat yang bagus untuk mendapatkan bantuan, baik dari anggota staf atau pengguna lain. Namun, beberapa scammer akan memanfaatkan lingkungan ini.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 07 Januari 2022  |  17:14 WIB
Mau Menjual di NFT, Perhatikan Dulu Hal Ini Agar Tidak Ditipu!
Ilustrasi NFT - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak ada salahnya untuk mencoba berbisnis NFT. Namun, pastikan sebelum memulai Anda juga mengetahui cara memproteksi barang yang Anda jual.

Di pasar NFT, terdapat juga pihak yang ingin melakukan penipuan dalam memanfaatkan teknologi yang masih belum matang, kurangnya regulasi, dan banyaknya uang yang bertransaksi di pasar tersebut.

Untuk mengetahui hal apa saja yang perlu Anda perhatikan, dilansir dari Data Driven Investor, terdapat tiga komponen penting di dalam pasar NFT. Hal ini termasuk dompet, marketplace (OpenSea) dan saluran komunikasi terutama Discord.

1. Keamanan dompet

Dalam menjaga dompet Anda, pastikan Anda menjaga kunci pribadi Anda. Jika Anda mengunjungi situs web NFT dan banyak bermunculan sebagai dompet MetaMask dan meminta Anda memasukkan kunci pribadi, maka Anda perlu menghindari hal tersebut.

Selain itu, jika seseorang yang mengaku sebagai anggota staf pendukung MetaMask meminta Anda untuk membagikan kunci pribadi Anda, Anda juga tidak boleh memberikannya.

Intinya, janganlah memberikan kunci pribadi Anda, termasuk data pemulihan, ataupun jenis informasi pribadi. Janganlah Anda menyimpan di komputer atau perangkat lain yang dapat diakses oleh scammer atau peretas.

2. Hindari penipuan 

Hati-hati penipuan yang  memudahkan scammer untuk membuat koleksi palsu dan mencoba mencuri uang Anda. Untuk itu, berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan.

- Belilah dari koleksi yang terverifikasi

Cara teraman untuk menghindari penipuan adalah dengan membeli NFT dari koleksi yang telah diverifikasi sebagai otentik dan dapat dipercaya oleh OpenSea sendiri.

- Beli dari kreator yang terverifikasi

Koleksi Encryptas oleh CypherCHK memberikan contoh koleksi yang belum diverifikasi yang dimungkinkan karena volume penjualan yang kurang, namun kreatornya memiliki.

- Ikuti tautan secara langsung dari sumber terpercaya

Anda dapat mengikuti tautan yang disediakan oleh kreatornya sendiri.

Anda biasanya dapat menemukan tautan ini di situs web proyek, tetapi tempat yang lebih baik adalah di server Discord mereka, dimana sebagian besar proyek akan memiliki saluran yang disebut sebagai ‘tautan resmi’.

Koleksi NFT palsu sebenarnya akan sangat mudah dikenali. Mereka semua memiliki satu atau lebih dari ciri-ciri yakni sebagai berikut.

- Ukuran koleksi kecil (koleksi scam sering kali memiliki jumlah NFT yang jauh lebih rendah daripada aslinya)
- Harga yang murah (Koleksi penipuan sering kali mencoba memikat orang dengan menawarkan penawaran yang tampaknya sangat bagus untuk NFT tersebut)
- Tidak ada volume penjualan atau rendah
- Mata uang yang berbeda
- Tidak ada deskripsi atau properti NFT

Pastikan Anda juga tidak menyentuh apapun yang dikirimkan kepada gratis secara Anda. Jangan jual NFT tersebut, mengirimnya ke tempat lain, atau melakukan apapun.

3. Jaga Discord dan kotak masuk email Anda tetap aman

Discord adalah tempat semua proyek NFT, jaringan, grup, dan bahkan pasar berkomunikasi dengan komunitas mereka, dan para komunitas juga berkomunikasi. Namun lakukanlah beberapa proteksi agar dapat melindungi diri Anda sendiri.

- Matikan pesan langsung di discord

Anda dapat dibombardir oleh berbagai pesan dari orang asing secara acak, ketika Anda bergabung di dalam discord. Sebagian besar dari mereka mengundang Anda ke server Discord proyek NFT baru untuk menyebarkan penipuan

Anda bisa mengabaikan pesan langsung Anda atau setidaknya menghindari mengklik tautan apa pun di dalamnya, namun cara paling aman adalah mematikan pesan langsung di pengaturan Discord Anda.

- Ikuti panduan keamanan tentang Discord

Mencari informasi dari anggota bisa menjadi tempat yang bagus untuk mendapatkan bantuan, baik dari anggota staf atau pengguna lain. Namun, beberapa scammer akan memanfaatkan lingkungan ini.

Oleh karena itu, sebaiknya ikuti panduan yang dapat Anda temukan di saluran 'kepercayaan dan keamanan' di Discord.

Umumnya, pastikan Anda berhati-hati pada tautan di Discord dan waspada dengan orang-orang di Discord. Hal ini perlu Anda perhatikan untuk menghindari dari Discord.

- Jangan klik tautan di email 

Setelah Anda mulai menggunakan platform dan membeli beberapa NFT pertama Anda, kemungkinan Anda akan mulai menerima penawaran dari kolektor lain di platform. 

Meskipun mungkin sepenuhnya sah ketika Anda mendapatkan email seperti ini, pendekatan yang aman adalah dengan membuka OpenSea secara manual dan memeriksa tawaran yang Anda terima.

Ingatlah untuk umumnya sangat skeptis terhadap email yang tampaknya berasal dari OpenSea, MetaMask, dan alat penting serupa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

metaverse NFT
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top