Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Menjual Karya Seni Lewat NFT

Dalam menjual NFT, Anda dapat menjual melalui OpenSea, Rarible, dan SuperRare.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 09 Januari 2022  |  09:08 WIB
Ilustrasi NFT - istimewa
Ilustrasi NFT - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kini banyak seniman yang telah menggunakan metode koleksi seni digital yang dapat menghasilkan uang.

Kemudian dilansir dari Nonfungible.com, dalam tiga tahun terakhir sebesar US$400 juta NFT telah bertukar pasar NFT secara langsung.

Jika Anda tertarik, berikut cara untuk menjual karya seni melalui NFT dan dapat Anda ikuti.

Dalam menjual NFT, Anda dapat menjual melalui OpenSea, Rarible, dan SuperRare.

OpenSea merupakan pasar NFT yang paling besar. Anda dapat menemukan berbagai seni, materi dunia maya, kartu perdagangan, nama domain, barang koleksi, olahraga, dan token utilitas. Semua item juga dijual dalam ETH.

Pengajuan sendiri memerlukan pemeriksaan oleh tim sebelum disetujui untuk perdagangan di publik di platform. Para seniman juga dapat menentukan parameter royalti untuk karya mereka.

Kemudian yang kedua adalah Rarible. Dalam platform ini semua item juga dijual dalam ETH. Namun agar Anda mendapatkan hasil maksimal dari Rarible sebagai artis, maka Anda perlu mendaftar dan mendapatkan lencana terverifikasi dari tim.

Untuk proses persetujuannya memerlukan waktu kurang dari seminggu dan mengharuskan Anda untuk menyerahkan bukti bahwa karya Anda asli. Selain itu, Anda juga perlu membagikan tautan ke saluran media sosial mereka.

Selain itu, Rarible menawarkan integrasi OpenSea. Hal ini memungkinkan seniman untuk menggunakan OpenSea untuk melihat dan mengelola aset yang mereka buat di Rarible.

Ketiga adalah SuperRare. Di dalam SuperRare, maka para seniman dapat mencantumkan karya mereka di bawah tag yang berbeda seperti 3D, animasi, dan lain-lainnya. Di platform ini, pencipta dapat menerima 85 persen dari jumlah yang mereka jual per item dan mendapatkan komisi royalti 10 persen, jika kolektor menjual kembali karya mereka.

Kemudian, berikut cara untuk menjual NFT Anda yang dilansir dari nftcalendar.

1. Membuat dompet Web3

Karena token (NFT) merupakan aset berbasis blockchain, maka Anda memerlukan dompet untuk membuat, mengirim dan menerima. Anda juga perlu mendanai dompet Anda sehingga dapat membayar biaya transaksi yang terkait dengan transaksi Anda.

Dikarenakan sebagian besar platform NFT dibangun di atas Ethereum, maka Anda perlu dompet Ethereum dengan didanai mata uang ETH juga.

Sebagian besar ahli juga merekomendasikan untuk menggunakan ekstensi dompet Metamask di Chrome atau browser lain yang Anda gunakan. Ekstensi memungkinkan Anda terhubung dengan pasar NFT dan menggunakan layanan terkait langsung dari browser komputer Anda.

2. Membeli ETH dan kirimkan ke dompet Anda

Belilah ETH dari bursa atau broker cryptocurrency dan mengirimkannya ke alamat dompet ETH Metamask Anda. Sebagian besar platform memungkinkan Anda menyelesaikan pembelian menggunakan kartu kredit/debit atau bank Anda.

3. Siapkan karya seni Anda

Lakukanlah riset atau observasi untuk mendapatkan inspirasi untuk membuat seni NFT yang terlaris. Anda dapat menyiapkan karya berupa video, audio, gambar dan model 3D dengan ukuran maksimum 100MB.

4. Kirimkan karya Anda di marketplace

Berikut merupakan tutorial dengan menggunakan OpenSea.io, yang paling banyak digunakan.

- Masuk ke OpenSea melalui dompet Metamask Anda, setujui transaksi, lengkapi profil Anda dan beberapa ketentuan lainnya
- Kembali ke OpenSea, pilih ‘Create’ dan submit NFT dari menu dropdown. Selanjutnya klik ‘Create’ dibawah ‘Create New Collection.’
- Berikan nama untuk koleksi deskripsi, klik simpan dan tunggu pesan konfirmasi
- Untuk membuat NFT, Anda dapat mengklik ‘Add New Item’ di bawah ‘Collections’
- Kemudian Anda dapat mengunggah karya seni Anda dan lengkapi informasi lainnya
- Klik ‘Create’ dan setujui transaksi melalui Metamask
- Selanjutnya, kembali ke Edit dari tab Koleksi dan alihkan opsi untuk mengirimkan koleksi Anda untuk ditinjau dan disetujui dari OpenSea
- Jika telah disetujui, NFT Anda akan memiliki tag Koleksi yang disetujui saat muncul di daftar OpenSea
- Klik tautan untuk salah satu item seni Anda dan kemudian pilihlah jual. Tetapkanlah harga yang Anda ingin jual dan ikuti beberapa intruksi
- Jika sudah, maka NFT Anda akan tersedia di domain publik setelah transaksi disetujui

5. Promosikan konten Anda

Salah satu kriteria yang digunakan OpenSea dan pasar lainnya untuk menyetujui pembuat konten merupakan bukti sosial. OpenSea secara khusus mengharuskan Anda menyertakan jumlah saluran media sosial yang Anda kelola secara aktif dan membagikan koleksi NFT Anda kepada publik setidaknya sekali.

Untuk itu, buatlah promosi dan berikan informasi kepada audiens Anda bahwa Anda telah masuk ke NFT. Para ahli juga merekomendasikan untuk merilis NFT edisi gratis untuk membangun pengikut dan rekor penjualan Anda di OpenSea.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Karya seni NFT
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top