Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apa Itu Bisnis Afiliasi? Cek Kelebihan dan Sistem Kerjanya

Afiliasi sendiri termasuk kedalam sistem pemasaran, dimana para perusahaan memberikan kompensasi kepada pihak ketiga untuk menghasilkan “lalu lintas” ke suatu produk atau layanan.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 25 Januari 2022  |  17:36 WIB
Ilustrasi afiliasi - talkbussiness.co.uk
Ilustrasi afiliasi - talkbussiness.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA - Sistem bisnis afiliasi kini tengah ramai diperbincangkan di media sosial.

Dirangkum dari berbagai sumber, afiliasi sendiri termasuk kedalam sistem pemasaran, dimana para perusahaan memberikan kompensasi kepada pihak ketiga untuk menghasilkan “lalu lintas” ke suatu produk atau layanan.

Pihak ketiga sendiri merupakan afiliasi, dan mereka akan mendapatkan komisi jika memenuhi perjanjian yang disepakati.

Keuntungan dan kelebihan sistem afilisiasi

Dalam kelebihannya, dalam beberapa aplikasi tertentu biasanya biaya awal yang diberikan cenderung murah atau rendah. Tidak seperti sistem dropship, tentunya bisnis ini tidak perlu memikirkan mengenai stock, pengiriman, lama pengiriman dan lain-lainnya.

Anda juga dapat bekerja di mana saja, dan pada waktu kapan saja. Kemudian, bisnis ini juga dapat menjadi pendapatan pasif Anda.

Namun dibalik kemudahan yang ditawarkan, bisnis ini juga tentunya memiliki kelemahan. Anda harus mampu menarik para calon pelanggan untuk mengikuti program Anda. Anda perlu sering memberikan konten, informasi, dan melihat tipe audiens Anda.

Tentunya hal ini membutuhkan waktu, dan terkadang terdapat perjanjian tertentu sehingga Anda dapat memperoleh komisi jika telah memenuhi sesuai perjanjian tertentu.

Sistem kerja Afiliasi

Umumnya, dalam sistem ini Anda akan mendapatkan kode referral Anda. Untuk mendapatkannya, Anda dapat mendaftarkan diri atau terkadang Anda telah mendapat kode referral Anda secara langsung.

Jika sudah, kemudian Anda dapat mempromosikan produk dengan kode referal yang telah Anda miliki. Jika calon pelanggan yang Anda tawarkan kemudian tertarik dan menggunakan kode Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi.

Dalam beberapa jenis, terdapat beberapa regulasi dalam penggunaan kode referral. Terdapat kode referral yang tidak memiliki batas waktu dan ada juga yang memiliki batas waktu. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan lebih lanjut.

Jika Anda tertarik, pastikan Anda memperhatikan perusahaan yang menawarkan program tersebut. Pastikan bahwa perusahaan memiliki nama yang baik, track record yang baik, pelayanan yang juga baik, sehingga Anda juga tidak perlu lagu untuk mempromosikan produk tersebut.

Selain itu, Anda sendiri juga perlu mempelajari tips marketing, tipe market Anda, konten yang baik, dan lain-lainnya agar banyak orang yang juga tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

media sosial tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top