Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Hal Penting Sebelum Mendirikan PT (Perseroan Terbatas)

Simak 5 hal penting yang harus diperhatikan sebelum mendirikan perseroan terbatas (PT).
Ilustrasi perempuan yang mengelola bisnis rumahan/Freepik
Ilustrasi perempuan yang mengelola bisnis rumahan/Freepik

Bisnis.com, Jakarta - Bagi para pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnis miliknya, tentu perlu memahami cara dan prosedur untuk membuat PT atau perseroan terbatas.

PT merupakan suatu bentuk badan hukum berfungsi untuk menjalankan sebuah usaha yang terdiri atas modal dasar berupa saham. PT disebut sebagai harta dan aset pribadi lebih aman, karena kepemilikan sahamnya mudah dialihkan dengan jangka waktu tidak terbatas.

Selain itu, pelaku usaha akan lebih mudah mendapat pendanaan dan tentunya meningkatkan kredibilitas ketika bisnisnya sudah berbentuk PT.

Melansir dari channel YouTube Notarissen pada Selasa (25/1/2022), berikut ini 5 hal penting yang harus diperhatikan ketika akan membangun sebuah PT atau penanaman modal dalam negeri (PMDN).

1. Perhatikan Nama PT

Nama PT harus terdiri dari minimal 3 suku kata dan wajib berbahasa Indonesia, peraturan tersebut tertuang di dalam peraturan pemerintah nomor 43 tahun 2011 tentang Tata Cara Pengajuan Dan Pemakaian Nama Perseroan Terbatas.

2. Perhatikan Kedudukan

Kedudukan PT tidak bisa berdiri di sembarang tempat, dan harus berada di kota atau kabupaten. Salah satu contohnya kedudukan PT nantinya akan berdiri di kota Bekasi, kabupaten Bekasi, kota Jakarta Timur, kota Bandung dan lain sebagainya.

3. Tentukan Pemegang Saham

Hal yang harus Anda perhatikan selanjutnya, yaitu menentukan pemegang saham, pemegang saham ini adalah orang yang menyertakan modal kedalam perusahaan.

Pemegang saham minimal terdiri dari 2 orang, nah pemegang saham ini tidak boleh terdiri dari suami istri. Hal ini tidak berlaku apabila suami istri tersebut ada perjanjian kawin pisah harta sebelumnya atau perjanjian pranikah.

Jika Anda ingin kerjasama adanya suami dan istri di dalam PT, maka harus melibatkan orang ketiga atau orang lain seperti orangtua, anak yang sudah dewasa dan semacamnya.

Apabila pemegang saham sudah terdiri dari dua orang atau lebih, selanjutnya pemegang saham harus menentukan Komposisi saham mereka. Misalnya, ada dua orang pemegang saham komposisi sahamnya masing-masing 50 persen dan sebagainya.

4. Pengurus

Pengurus merupakan orang yang menjalankan kepengurusan PT yang terdiri dari direktur dan komisaris. Selain itu, nantinya direktur dan komisaris yang akan bertanggung jawab penuh terhadap seluruh pemenang saham.

Sebagai informasi, Direktur bertindak untuk menjalankan kepengurusan dari PT, sedangkan komisaris yakni orang yang mengawasi jalannya kepengurusan.

5. Pahami Maksud dan Tujuan Usaha

Maksud dan tujuan usaha nantinya harus sesuai dengan aturan KBLI 2020 ( klasifikasi baku lapangan usaha) di Indonesia. Pasalnya, setiap jenis usaha sudah memiliki kode-kode nya tersendiri.

Adapun beberapa hal maksud dan tujuan usaha/PT yang perlu diperhatikan, sebagai berikut :

a. Dapat membangun bidang usaha apapun, kecuali yang dilarang oleh peraturan.

b. Bidang usaha yang didirikan harus sesuai dan tertulis didalam akta pendirian PT.

c. Memiliki izin usaha pada bidang usaha yang dijalankan, Misalnya apabila bisnis Anda berupa restoran, maka Anda wajib memiliki izin restoran.

Untuk pengecekan dan informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi website resmi berikut https://oss.go.id/informasi/kbli-berbasis-risiko

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper