Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Bisnis dengan Modal Kecil untuk Pengusaha yang Baru Merintis

Berikut beberapa ide bisnis yang dapat dimulai dengan modal kecil terutama untuk pengusaha.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 29 Oktober 2021  |  21:04 WIB
Fotografer - shadowness.com
Fotografer - shadowness.com

Bisnis.com, JAKARTA - Terkadang mengharapkan untuk membuka bisnis lain dengan modal yang sedikit terasa cukup sulit.

Namun pada nyatanya, terdapat beberapa bisnis yang dapat Anda mulai dengan modal yang cukup sedikit terutama jika berkaitan dengan hobi Anda, kemampuan Anda, ataupun memanfaatkan dari barang yang Anda telah punya sebelumnya.

Dengan memulai dari hal yang kecil dan konsisten, maka bisnis Anda akan berkembang seiring waktu dan semakin besar.

Untuk itu, berikut beberapa ide bisnis yang dapat dimulai dengan modal kecil terutama untuk pengusaha, yang dilansir dari beberapa sumber dan dirangkum oleh Bisnis.com

1. Desain grafis

Anda dapat memulai sebuah bisnis kecil yang menyediakan jasa desain. Dalam bisnis ini, Anda akan membantu para klien untuk berkomunikasi melalui visual komunikasi.

Untuk biayanya, Anda perlu mengeluarkan modal pada komputer dan program desain. Anda dapat mempersiapkan program seperti Adobe Photoshop, Illustrator dan InDesign.

2. Coding

Dalam membangun bisnis ini, Anda memerlukan biaya pada komputer dan biaya pelatihan. Anda dapat belajar melalui kelas yang tersedia secara online dan menawarkan sertifikasi.

3. Ritel Online

Sama seperti desain grafis dan coding, Anda dapat menjual barang-barang yang tidak pernah terpakai sebelumnya dan menjualnya di e-commerce. Jika Anda telah mendapatkan uang, maka Anda dapat memanfaatkan untuk menjual barang lainnya dan memanfaatkan reputasi yang telah Anda bangun sebelumnya.

4. Jasa konsultan instagram

Jika Anda cukup ahli dalam marketing media instagram, maka Anda dapat mencoba bisnis ini. Anda dapat memulai dari handphone dan memiliki kamera yang baik. Anda dapat monetisasi skill Anda dan promosikan jasa yang Anda tawarkan di media sosial.

5. Copywriter

Anda tidak perlu menjadi seseorang yang sangat ahli dalam bidang ini. Anda dapat mengikuti kursus online untuk mengetahui lebih dalam dan promosikan jasa Anda. Jika Anda ingin menjalankan bisnis ini, yang Anda butuhkan adalah komputer atau tambahannya adalah biaya kursus online.

6. Fotografer

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar, jika sebelumnya Anda cukup memiliki hobi fotografi dan memiliki kamera digital yang cukup baik. Dalam masa ini, bisnis fotografer juga sering dicari, terutama untuk pernikahan, ulang tahun, perusahaan, dan lain-lainnya.

7. Konsultasi bisnis dan hidup

Jika Anda adalah orang yang baik dalam mendengar orang lain dan dapat berempati, maka bisnis ini dapat menjadi pilihan Anda. Anda dapat membantu untuk mengarahkan orang lain, dan akan lebih baik jika Anda memahami di bidang ini.

Masih banyak bisnis lain yang dapat Anda lakukan dengan modal yang minimum sehingga Anda tidak perlu terpatok dari tujuh ide tersebut.

Anda dapat memulai dari bidang yang Anda sukai atau anda kuasai. Selain itu, hal yang paling penting adalah berani memulai.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top