Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Tips Menjalankan Usaha dengan Sistem Kemitraan

Berikut sejumlah tips dan hal yang harus diperhatikan saat Anda memutuskan menggunakan sistem kemitraan untuk memajukan usaha.
Ilustrasi/Pexels.com
Ilustrasi/Pexels.com

Bisnis.com, JAKARTA - Sistem kemitraan memang dapat membantu dalam mempercepat kemajuan perusahaan Anda. Namun, ia juga tetap memiliki risiko.

Oleh karena itu, pertama-tama penting untuk mengetahui beberapa jenis atau tipe dalam kemitraan.

Dilansir dari Inc, Kamis (3/2/2022), tipe kemitraan yang pertama ialah kemitraan “tenda”. Tipe ini umumnya berjalan dalam jangka panjang karena pihak-pihak yang terlibat akan merintis usahanya dari bawah.

Lalu, tipe yang kedua adalah kolaborasi. Kemitraan ini terdiri dari dua atau lebih merek yang berbeda bidang. Contohnya adalah Uber dan Spotify yang bermitra untuk mengembangkan “soundtrack untuk perjalanan mereka”.

Terakhir, yakni kampanye. Kemitraan tersebut adalah proyek jangka pendek yang mana biasanya dilkukan khusus pada momen tertentu.

Nah, selanjutnya, berikut beberapa tips alias hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan kemitraan.

1. Pastikan waktunya tepat

Pastikan bahwa waktu dan kemitraan tersebut dilakukan pada saat yang tepat dan relevan. Jika belum memiliki cukup uang misalnya, tidak ada salahnya untuk menunda kemitraan.

2. Pilih mitra yang sesuai dengan produk/jasa Anda

Pastikan jika mitra pilihan telah sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan, tak terkecuali dalam hal audiens. Jika perlu, cari tahu pula visi dan nilai mereka.

3. Berkomunikasi secara terbuka

Dalam sebuah kemitraan, munculnya konflik kadang kala memang tak terhindarkan. Untuk itu, pastikan Anda selalu mengkomunikasikannya secara terbuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper