Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Miliarder yang Kena Sanksi Imbas Perang Rusia-Ukraina, Kekayaannya Gak Main-main

Pemerintahan Inggris sendiri juga mengeluarkan sanksi terutama kepada miliarder yang berupa sanksi ekonomi.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 07 Maret 2022  |  14:00 WIB
Alisher Usmanov
Alisher Usmanov

Bisnis.com, JAKARTA - Dikarenakan invasi dengan Ukraina, maka pemerintahan Amerika dan Inggris memberikan sanksi kepada para elit dan miliarder.

Diketahui bahwa sanksi yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat dijatuhkan kepada pihak yang mendukung presiden Vladimir Putin. Hal ini dilakukan untuk pendekatan efektif untuk menekan Rusia atas invasi di Ukraina.

Pemerintahan Inggris sendiri juga mengeluarkan sanksi terutama kepada miliarder yang berupa sanksi ekonomi.

Untuk itu, berikut beberapa miliarder yang terkena sanksi dari perang Rusia-Ukraina.

1. Alisher Usmanov

Usmanov adalah sekutu yang memiliki kedekatan dengan Putin. Dirinya mendapatkan sanksi oleh Uni Eropa. Diketahui bahwa Usmanov memiliki kepemilikan yang besar dalam ekonomi Rusia yakni logam dan pertambangan, teknologi informasi dan telekomunikasi.

Perlu diketahui bahwa Usmanov merupakan pemilik superyacht terbesar di Dunia, yakni di Dilbar, yang mencakup dua helipad dan salah satu kolam renang indoor terbesar di dunia di atas kapal.

Selain itu, Usmanov juga merupakan pendukung keuangan klub Liga Premier Everton bersama dengan oligarki terkemuka, Igor Shuvalov.

Igor Shuvalov sendiri memiliki hubungan dengan kremlin, yang juga terkena sanksi Inggris.

2. Vladimir Kiriyenko

Vladimir Kiriyenko merupakan CEO dari VK Grup, yakni perusahaan media sosial dan internet terbesar di Rusia.

VK Group mengelola Vkontakte, platform media sosial paling populer di Rusia, serta beberapa aplikasi perpesanan instan dan email. Dilansir dari Forbes, dirinya memiliki pendapatan bersih sebesar US$1,2 miliar (07/03/2022). Dirinya juga masuk dalam daftar Forbes billionaires 2021.

Sanksi yang diperoleh dari Kiriyenko sendiri adalah memutus akses keluarganya ke pasar internasional melalui perusahaan miliknya.

3. Boris Rotenberg

Diketahui bahwa Boris Rotenberg merupakan pemilik bersama dari grup SGM, bersama dengan saudaranya yakni Arkady. SGM sendiri adalah perusahaan konstruksi untuk perusahaan besar.

Menurut Forbes, Rotenberg memiliki kekayaan bersih sebesar US$1,2 miliar. Selama pemerintahan Putin di Rusia, saudara-saudaranya telah mengumpulkan kekayaan yang signifikan selama pemerintahannya dan menerima US$7 miliar kontrak untuk olimpiade Sochi, berdasarkan Departemen Keuangan AS.

4. Igor Rotenberg

Putra dari Arkady Rotenberg, pemilik bersama grup SGM yang juga dekat dengan Putin. Dirinya mengendalikan Gazprom Bureniye, perusahaan pengeboran dan memiliki kekayaan sebesar US$1,1 miliar menurut Forbes.

Selain itu, Menurut Yahoo Finance, Igor Rotenberg diketahui sebagai ketua dewan direksi Sistem Telematika Nasional.

5. Gennady Timchenko

Gennady Timchenko mendapatkan sanksi pada hari Selasa, tepatnya setelah Putin mengerahkan pasukan ke dua wilayah di Ukraina timur.

Menurut US News and World Report, berdasarkan pemerintahan Inggris, Timchenko diketahui sebagai pemegang saham utama di Bank Rossiya yang mendukung destabilisasi Ukraina setelah aneksasi Krimea oleh Rusia pada 2014.

Timchenko juga mengendalikan Volga Group, perusahaan investasi terbesar di Rusia yang berfokus dalam energi, transportasi dan konstruksi.

Dirinya juga dipandang sebagai sekutu yang dekat dengan Putin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia kekayaan daftar miliarder Perang Rusia Ukraina
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top