Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Lengkap Perusahaan yang Blokir Layanan di Rusia, Gara-gara Perang Ukraina vs Rusia

Berikut daftar perusahaan dan lembaga yang blokir Rusia sebagai kecaman atas invasi ke Ukraina
Netflix Inc/solopos
Netflix Inc/solopos

Netflix

Netflix menghentikan produksi dan akuisisi empat proyek Rusia, Deadline and Variety melaporkan Rabu, mengutip sumber anonim, dan mengatakan kepada Variety Sunday bahwa mereka menangguhkan layanan streaming di Rusia.

TikTok

TikTok mengumumkan di Twitter pada hari Minggu bahwa mereka menangguhkan streaming langsung dan konten baru ke layanan videonya di Rusia sambil meninjau "implikasi keamanan" dari undang-undang Rusia, yang mulai berlaku Jumat dan melarang konten apa pun yang dianggap pemerintah Rusia sebagai "berita palsu" tentang militernya—dengan penerbitan konten semacam itu dapat dihukum hingga 15 tahun penjara.

American Express

American Express menangguhkan semua operasi di Rusia sebagai tanggapan atas "serangan yang tidak dapat dibenarkan di negara itu terhadap rakyat Ukraina," perusahaan kartu kredit itu mengumumkan hari Minggu dalam siaran pers, menambahkan bahwa mereka mengakhiri semua operasi bisnis di Belarus.

Mastercard dan Visa

Mastercard dan Visa masing-masing mengumumkan pada hari Sabtu bahwa kartu mereka tidak akan lagi berfungsi di merchant atau ATM Rusia, dan bahwa kartu yang dikeluarkan di Rusia oleh bank Rusia tidak akan lagi berfungsi secara internasional, menyusul pemblokiran sebelumnya terhadap sejumlah lembaga keuangan Rusia yang menjadi sasaran sanksi dari jaringan mereka. , sesuai dengan sanksi Barat.

EA

EA menangguhkan penjualan game dan konten lainnya, termasuk bundel mata uang virtual, di Rusia dan Belarusia Jumat, setelah mengeluarkan tim nasional Rusia dari FIFA dan tim Rusia dan Belarusia dari game NHL awal pekan ini.

Herms

Herms menjadi merek mewah pertama yang menangguhkan operasi di Rusia, mengumumkan pada hari Jumat bahwa mereka akan menutup sementara tokonya di negara itu, dengan mengatakan "sangat prihatin dengan situasi di Eropa," lapor Wall Street Journal, diikuti segera oleh pengumuman serupa dari Chanel, yang menambahkan pihaknya juga akan menangguhkan pengiriman ke Rusia.

Microsoft

Microsoft mengatakan pada hari Jumat bahwa pihaknya menangguhkan penjualan baru produk dan layanannya di Rusia, dan "secara proaktif" bekerja "untuk membantu pejabat keamanan siber di Ukraina bertahan dari serangan Rusia."

Samsung

Samsung menghentikan pengiriman ke Rusia pada hari Jumat, kata perusahaan itu kepada Reuters dan Bloomberg, mengikuti langkah serupa oleh Apple.

Airbnb

Airbnb “menangguhkan semua operasi di Rusia dan Belarusia,” CEO Brian Chesky tweeted Kamis, beberapa hari setelah perusahaan berbagi apartemen mengatakan akan menawarkan perumahan gratis jangka pendek untuk 100.000 pengungsi yang melarikan diri dari Ukraina.

Google

Google mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka tidak akan lagi menjual iklan online di Rusia melalui mesin pencarinya, YouTube atau mitra penerbitan luar, menurut Reuters, dan aplikasi untuk outlet media pemerintah Rusia RT dan Sputnik telah dihapus dari Google Play store pada hari Rabu.

Volkswagen

Volkswagen menangguhkan produksi kendaraannya di kota-kota Rusia Kaluga dan Nizhny Novgorod dan menghentikan ekspor ke negara itu. Sebuah pernyataan dari perusahaan yang bertanggung jawab atas toko dan pasokan IKEA, yang dilaporkan oleh Reuters, mengatakan "dampak manusia yang besar" dari perang, serta gangguan rantai pasokan, mendorong perusahaan untuk menutup tokonya di Rusia.

Mercedes-Benz

Mercedes-Benz mengatakan pada hari Rabu bahwa pihaknya menangguhkan ekspor mobil penumpang dan van ke Rusia dan menghentikan produksi lokal di negara itu.

SAP

Perusahaan perangkat lunak SAP mengumumkan pada hari Rabu bahwa mereka "menghentikan bisnis di Rusia selaras dengan sanksi" dan menangguhkan penjualan produk dan layanan di negara itu, meskipun wakil perdana menteri Ukraina Ukraina Mykhailo Fedorov tweeted itu tidak cukup jauh, dan meminta organisasi untuk "menghentikan dukungan produk SAP, selama tank dan rudal Rusia menyerang Ukraina!”

Spotify

Spotify menutup kantornya di Rusia tanpa batas waktu dan mengikutinya dengan sesama pemimpin teknologi Google dan Apple dengan menghapus semua konten dari RT dan Sputnik dari platformnya sebagai tanggapan atas "serangan tak beralasan di Ukraina," meskipun perusahaan mengatakan tidak menonaktifkan layanannya di Rusia seperti yang diyakini sangat penting untuk mempertahankan “aliran informasi global,” Variety melaporkan Rabu.

Oracle

Perusahaan teknologi Oracle tweeted Rabu bahwa mereka telah "sudah menangguhkan semua operasi di Federasi Rusia," setelah wakil perdana menteri Ukraina Mykhailo Fedorov secara terbuka mendesak perusahaan untuk berhenti melakukan bisnis di Rusia "sampai konflik diselesaikan."

H&M

Pengecer pakaian H&M mengatakan pada hari Rabu bahwa tokonya di Ukraina telah ditutup sementara untuk alasan keamanan, dan perusahaan tersebut untuk sementara menghentikan penjualannya di Rusia.

EA Sports

Menyusul keputusan pada hari Senin oleh FIFA dan Persatuan Asosiasi Sepak Bola Eropa untuk melarang tim Rusia berkompetisi, EA Sports mengumumkan pada hari Rabu bahwa mereka telah mulai menghapus tim nasional Rusia dan klub Rusia dari video game FIFA "dalam solidaritas dengan rakyat Ukraina." Honda menangguhkan ekspor mobil dan sepeda motornya ke Rusia, dengan juru bicara perusahaan mengatakan kepada Reuters pada hari Rabu itu karena kesulitan pengiriman dan pembayaran.

Dell

Dell menghentikan penjualan produknya di Rusia pada hari Selasa, Wall Street Journal melaporkan.

ExxonMobil

ExxonMobil mengumumkan pada hari Selasa bahwa mereka akan keluar dari usaha patungan di Pulau Sakhalin di Timur Jauh Rusia, dan tidak akan berinvestasi dalam pembangunan lain di negara itu setelah invasinya ke Ukraina, yang menurut perusahaan itu "melanggar integritas teritorial Ukraina dan membahayakan rakyatnya."

Boeing

Boeing mengatakan Selasa bahwa mereka telah menangguhkan operasi besar di Moskow bersama dengan pemeliharaan, suku cadang dan layanan dukungan teknis untuk maskapai Rusia, menambahkan bahwa mereka menutup kantor Kyiv, menurut Politico.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper