Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kiat Sukses Bisnis dari Modal Utang

Dilansir dari berbagai sumber, berikut merupakan beberapa tips yang dapat Anda coba terapkan agar terhindar dari resiko yang lebih besa
Ilustrasi utang/Freepik
Ilustrasi utang/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak kasus terjadi di kalangan masyarakat dengan berinvestasi menggunakan hutang.

Hal ini lantaran dapat menjadi beban yang besar, terutama jika dana tersebut kemudian semakin berkurang.

Hal tersebut terjadi dikarenakan berbagai faktor seperti tidak menganalisa terlebih dahulu, mengikuti orang, tidak memikirkan resiko dan lainnya.

Namun, terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan juga jika ingin berinvestasi dengan menggunakan modal hutang.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut merupakan beberapa tips yang dapat Anda coba terapkan agar terhindar dari resiko yang lebih besar.

1. Kenalilah investasi Anda

Hal yang perlu Anda ketahui adalah mengenali instrumen investasi Anda. Anda perlu melakukan riset lebih dalam mengenai keuntungannya, resikonya dan lain-lainnya.

Dengan mengenali investasi Anda, maka Anda akan lebih memahami strategi untuk kedepannya. Hal ini untuk memperkirakan apakah Anda dapat memanajemen dana hutang dengan baik, sehingga dananya dapat Anda kembalikan.

2. Cobalah hitung skema keuntungannya

Kemudian Anda dapat mencoba untuk membuat skema yang dapat membantu Anda mendapatkan gambaran untuk kedepannya.

Pastikan Anda dapat menghitung mengenai gambaran keuntungannya, bersama dengan perhitungan cicilan atau bunga hutang Anda. Pastikan agar Anda dapat membayar sesuai ketentuan dan tidak menambah beban hutang lainnya.

3. Tentukan sesuai dengan kebutuhan ataupun kemampuan

Perhatikanlah arus dana kas Anda, dan pastikan Anda dapat menentukan biaya modal sesuai dengan kebutuhan saja. Dengan ini, maka beban Anda tidak akan terlalu berat dan membuat perencanaan keuangan Anda menjadi lebih terkontrol.

4. Persiapkanlah antisipasi lainnya jika tidak sesuai dengan rencana

Dengan mempersiapkan antisipasi, maka Anda akan bergerak dengan baik dan dapat mengurangi kekhawatiran. Contohnya jika investasi Anda tidak berjalan dengan baik hingga mengalami penurunan, Anda dapat mencoba untuk menetapkan di angka tertentu untuk mengambil tindakan.

Pastikan Anda juga dapat mengontrol emosi Anda. Pastikan agar Anda dapat berinvestasi dengan emosi yang stabil dan tenang
Namun, perlu diketahui bahwa dalam berinvestasi sebaiknya menggunakan dana uang dingin. Hal ini lantaran untuk menghindari resiko yang lebih besar dan dapat berinvestasi dengan lebih tenang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler