Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Tips Bisnis Fashion yang Bisa Dipelajari dari Mendiang Virgil Abloh

Berikut merupakan 6 tips yang bisa Anda pelajari dari Virgil Abloh yang dilansir dari Dazed.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 29 November 2021  |  18:31 WIB
Virgil Abloh - variety
Virgil Abloh - variety

Bisnis.com, JAKARTA - Virgil Abloh menjadi sosok yang dikenal terutama di dalam dunia fashion.

Dirinya merupakan pendiri dari merek Off-White dan merupakan direktur artistik pakaian pria Louis Vuitton. Dirinya meninggal di usia 41 tahun setelah berjuang melawan kanker yang didiagnosis pada tahun 2019.

Abloh telah mencapai kesuksesan terutama dengan produk-produk yang ia hasilkan. Dirinya juga telah berkolaborasi dan produknya dipakai oleh orang ternama di dunia.

Kemudian, apa yang bisa dipelajari dari Abloh terutama dalam bisnis fashionnya? Berikut merupakan 6 tips yang bisa Anda pelajari, yang dilansir dari Dazed.

1. Identifikasi visi Anda

Abloh mengatakan bahwa Anda harus memiliki konsep dan ide yang orisinal. Anda sebaiknya dapat menemukan titik fokus yang menjadi sumber inspirasi Anda. Abloh sendiri mengatakan bahwa karyanya merupakan campuran dari dirinya yang berusia 17 tahun, yakni skate, hip-hop dan musik rock, dan referensi yang ia ambil selama bertahun-tahun.

2. Temukan kru Anda

Abloh dikenal dengan kelompok dan kolaborasi seperti dari Heron Preston dan Kanye West. Dirinya percaya bahwa kreativitas tidak terjadi begitu saja. Abloh mengatakan bahwa dirinya mengelilingi dirinya dengan orang-orang yang kreatif dan memiliki selera yang tinggi.

“Saya pikir penting bagi anak-anak untuk memahami bahwa mereka perlu menjadi bagian dari jaringan kreatif yang mendorong pekerjaan Anda lebih jauh.” Ucapnya yang dilansir dari Dazed. Jika Anda tinggal di lokasi yang jauh, Anda juga bisa memanfaatkan teknologi digital.

3. Jangan terlepas di Instagram

Pada saat ini, menguasai media sosial menjadi hal yang penting. Namun, merek sendiri juga harus memiliki sesuatu yang berkualitas di balik umpan Instagram yang dikuratori dengan sempurna.

“Anda dapat memiliki merek yang berbasis logo dan menjualnya sebagai daya tarik utamanya, atau Anda dapat memiliki estetika, tidak memiliki logo – dan itulah logonya.”

4. Jangan mengharapkan kesuksesan datang dengan cepat

Di era digital kini, dengan berbagi secara instan maka merek dapat menjadi terkenal atau meledak dalam semalam. Namun penting untuk mengetahui bahwa hal ini tidak akan selalu terjadi.

Abloh mengatakan bahwa kesuksesan akan datang dalam kecepatan waktu tertentu. Namun kesuksesan juga tidak bisa terjadi dengan waktu yang cepat. Lebih baik untuk menundukan kepala, dan kembali melanjutkan pekerjaan Anda.

5. Perhatikan apa yang terjadi di luar sana, namun tetap menjadi orisinal

Di era internet, tentu Anda akan melihat persaingan yang terjadi. Namun, orisinal tetaplah menjadi kunci namun tidak menutup kemungkinan untuk mengetahui apa yang sedang dikerjakan oleh seluruh dunia tidak selalu merupakan hal yang buruk.

"Dengan begitu Anda dapat melihat secara kritis apa yang Anda lakukan dan memastikan bahwa itu berbeda dari apa yang dilakukan orang lain."

6. Tetap fokus untuk kedepannya

Penting untuk Anda agar tidak menghabiskan waktu terlalu lama dalam kesuksesan atau kegagalan Anda. Abloh sendiri mengatakan bahwa dirinya cepat beralih ke sesuatu yang lain.

“Pandangan saya tentang berkreasi adalah bahwa itu adalah bagian dari sebuah proses, dan Anda harus selalu dapat melanjutkan ke ide berikutnya, tidak peduli apakah itu sukses atau gagal.”

Hal ini Abloh lakukan agar dia tidak menyesal. Dirinya selalu melakukan hal yang berbeda dan terus menciptakan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis tips bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top