Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Alasan Facebook Ads Cocok untuk Iklan Produk Individu dan UMKM

Inventure menilai Facebook Ads cocok dalam membantu mengembangkan bisnis individu dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 08 April 2022  |  11:10 WIB
Tampilan aplikasi Facebook di smartphone - Bloomberg
Tampilan aplikasi Facebook di smartphone - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Kehadiran platform Facebook Advertising saat ini dinilai sangat cocok dalam membantu mengembangkan bisnis individu dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) lantaran memungkinkan penjual mengatur sendiri target iklannya sehingga bisa lebih efektif dan tepat sasaran.

Managing Director Inventure Yuswohady Siwo mengatakan kehadiran platform digital atau media sosial saat ini turut mengubah cara beriklan atau mempromosikan sebuah produk. Dengan Facebook Ads, misalnya, biaya iklan jauh lebih murah, tetapi tetap menjangkau masyarakat luas.

"Kalau sebelumnya iklan di media massa seperti TV kan mahal, bisa miliaran. Sementara jasa SEO atau media sosial seperti Facebook Ads ini sebenarnya size-nya kan kecil dari segi biaya dan bisnis dan bisa dilakukan oleh perorangan. Menariknya, [iklan] itu bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja," katanya, Kamis (7/4/2022).

Menurutnya, bicara marketing atau strategi pemasaran, saat ini mau tidak mau memang harus menggunakan teknologi digital terutama memanfaatkan platform seperti e-commerce, pencarian Google, atau media sosial.

Lebih lanjut dia menyebut, keunggulan menggunakan Facebook Ads untuk mengiklankan sebuah produk adalah pengaturannya bisa disesuaikan dengan target pasar yang ingin dibidik.

"Jadi kita bisa menyasar orang dengan pendapatan sekian, perilaku atau pola pembeliannya bagaimana, di daerah mana, itu bisa kita atur iklan kita itu mau bagaimana sehingga otomatis akan lebih menyesuaikan target," terang Yuswohady.

Namun begitu, dia menilai penggunaan Facebook Ads atau platform iklan digital lainnya membutuhkan proses yang cukup panjang dan keahlian agar iklan yang ditayangkan tepat sasaran.

Bukan itu saja, Yuswohady melihat saat ini masih banyak perusahaan atau pemilik usaha yang tidak mengandalkan data analitik. Kemampuan menganalisis data juga masih belum mumpuni sehingga sulit menemukan target iklan yang tepat.

"Bagaimana mengarahkan Ads kita itu sesuai dengan target market yang kita tuju itu kan butuh proses dan keahlian. Menurut saya butuh agensi untuk bisa mengarahkan itu," imbuhnya.

Terpisah, Founder of Belajarlagi.id Faiz Ghifari mengatakan Facebook Ads sangat efektif untuk meningkatkan awareness pengguna media sosial, bahkan yang tidak dikenal sekalipun mengenai produk yang akan dijual.

Namun Faiz tidak menampik bila mempromosikan produk dengan Facebook Ads ini tidak bisa menjanjikan hasil atau keuntungan yang instan. Pasalnya, hasilnya akan bergantung pada bagaimana si penjual mengatur target pembeli, dan seberapa kreatif dia menawarkan produk tersebut.

"Namun bila dibandingkan dengan platform iklan lainnya seperti Google atau YouTube, penggunaan Facebook Ads termasuk yang lebih cepat lantaran skemanya adalah mendorong iklan ke pengguna. Jadi nggak perlu nunggu dulu orang mencari-cari nama produk atau jenisnya, sehingga bisa relatif lebih cepat," tutur Faiz.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm facebook
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top