Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Manfaatkan Media Sosial agar Bisnis Makin Sukses

Data dari tahun 2021 memperkirakan 4,3 miliar orang menggunakan jejaring sosial, yang mewakili lebih dari setengah populasi global yakni diperkirakan 7,9 miliar orang.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 25 April 2022  |  09:58 WIB
Ilustrasi media sosial - Freepik.com
Ilustrasi media sosial - Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA - Jejaring sosial menjadi alat yang ampuh untuk perusahaan dan pengusaha, dalam mencapai visibilitas yang luas.

Dilansir dari Entrepreneur, Data dari tahun 2021 memperkirakan 4,3 miliar orang menggunakan jejaring sosial, yang mewakili lebih dari setengah populasi global yakni diperkirakan 7,9 miliar orang.

Untuk itu, maka langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengidentifikasi jaringan sosial mana yang menjadi target Anda saat ini.

Hal ini penting untuk Anda ketahui karena terdapat berbagai platform seperti TikTok, Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya. Niche Anda dapat sangat bervariasi.

Untuk itu, berikut beberapa tips yang dapat Anda ingat, yang dilansir dari Entrepreneur.

1. Buatlah konten dengan mempertimbangkan audiens Anda

Tidak ada gunanya untuk membuat konten yang tidak selaras dengan audiens Anda. Untuk itu, penting untuk mengenal klien Anda, selera dan aspek apa yang dapat menarik perhatian mereka.

Hal ini memungkinkan untuk merancang konten yang ditunjukan, dengan bahasa dan nada yang ideal agar dapat terhubung dan membuat ikatan dengan audiens Anda.

2. Apa yang Anda akan posting

Penting untuk memperjelas maksud setiap publikasi. Anda tidak hanya harus tahu apa yang diinginkan audiens, tetapi juga apa tujuan saat memposting sesuatu.

Contohnya, reaksi apa yang Anda ingin hasilkan, interaksi apa dan mengapa saya membagikan informasi ini?

3. Jangan selalu menunjukkan apa yang Anda jual

Tidak semua produk atau layanan yang Anda jual harus selalu terkait. Hal ini bahkan tidak akan membantu Anda mempertahankan pelanggan Anda dan kehilangan pengikut.
Contohnya, Anda dapat menyertakan konten yang terkait dengan komitmen sosial. Dengan ini maka koneksi yang lebih baik akan lebih tercipta.

4. Dengarkan pelanggan Anda

Komunikasi adalah bagian mendasar dari koneksi apa pun di jejaring sosial. Untuk itu, Anda dapat bersikap dengan perhatian baik sebelum dan sesudah melakukan penjualan.

Hal ini dapat membantu memberikan dukungan dan keamanan untuk membeli kembali, dan berdampak positif agar pendapat pihak ketiga dapat menularkan kepercayaan dan ketenangan kepada orang lain.

5. Lacak dampak apa yang Anda posting

Untuk mengetahui apakah Anda telah melakukan hal yang benar adalah dengan mengukur dampak publikasi Anda.

Sebagian besar jejaring sosial menawarkan metrik mendalam tentang bagaimana orang bereaksi terhadap posting Anda, yang dapat menjadi tinjauan Anda.

Contohnya Anda dapapt mengetahui hal apa yang paling disukai oleh pengikut Anda, siapa orang-orang yang paling mereka tanggapi dan apa yang disukai oleh pengikut Anda.

Bahkan, Anda juga bisa mengetahui kapan waktu terbaik untuk memposting.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

media sosial tips bisnis kiat bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top