Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips dan Peluang Bisnis Setelah Lebaran yang Bisa Anda Coba

Gadget merupakan produk yang akrab bagi generasi muda. Tak jarang banyak yang membeli gadget barunya menggunakan uang THR. Anda bisa menjual kabel charger, case dan lainnya.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 26 April 2022  |  16:25 WIB
Cara mengubah pivot bisnis. - ilustrasi
Cara mengubah pivot bisnis. - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak ada momen yang terlambat untuk membangun bisnis. Bahkan pada kenyataannya, masih banyak peluang bisnis yang bisa Anda coba seusai masa lebaran.

Terdapat beberapa produk yang bahkan permintaannya naik seusai lebaran. Kemudian jika mendapatkan dana THR, hal ini juga bisa menjadi momen yang tepat untuk memulai bisnis dengan adanya modal tambahan.

Apa saja tahapan untuk memulai bisnis setelah lebaran?

Pertama buatlah perencanaan bisnis dengan konsep yang jelas dan sesuaikan dengan modal Anda. Hal ini meliputi penggunaan modal secara rinci, apa kelebihan bisnis Anda dibandingkan para kompetitor, tren dan kebutuhan masyarakat dan lainnya.

Kemudian, Anda dapat mengevaluasi target market Anda. Jika sudah, maka akan lebih mudah untuk Anda dalam menyusun strategi hingga penjualan dan promosinya nanti.

Selanjutnya, jangan lupa untuk selalu memperhatikan arus keuangan Anda. Perbedakanlah pengeluaran pribadi dan juga kebutuhan perusahaan.

Lantas, bisnis apa saja yang bisa Anda mulai setelah lebaran?

1. Gadget

Gadget merupakan produk yang akrab bagi generasi muda. Tak jarang banyak yang membeli gadget barunya menggunakan uang THR. Anda bisa menjual kabel charger, case dan lainnya.

2. Mainan atau Koleksi

Barang ini biasanya juga ditunggu-tunggu atau menjadi wishlist jika para generasi muda telah mendapatkan uang THR. Anda dapat mencoba mencari tahu apa yang menjadi trend di masa kini dan dapat memulainya menjadi reseller.

3. Oleh-oleh

Bisnis oleh-oleh masih berpotensi ramai seusai lebaran. Hal ini lantaran masih dicari terutama jika belum diberikan kepada teman, kerabat ataupun partner bisnis yang masih belum sempat dikirimkan atau dikunjungi.

4. Catering

Biasanya sehabis lebaran banyak yang sibuk sehingga tidak sempat memasak. Bahkan, Anda juga bisa membuka catering sehat untuk kembali ke pola makan yang lebih sehat.

5. Laundry

Selain itu, banyak masyarakat juga yang telah pulang dari mudik. Biasanya banyak yang tidak sempat mencuci bajunya dan menumpuk. Untuk itu laundry dapat menjadi salah satu potensi bisnis.

6. Kurban

Setelah momen Idul Fitri, momen selanjutnya adalah Idul Adha. Anda bisa saja mencoba berbisnis ini dikarenakan nanti hewan kurban akan memiliki banyak permintaan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis tips bisnis kiat bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top